19:00 . Akademi Bisnis Praktis Bongkar Rahasia Tambah Pemasukan Bulan Ramadan   |   17:00 . Pebalap Liar di Bojonegoro Sembunyi di Makam Saat Dikejar Polisi   |   16:00 . Berita Duka, Ibunda Mayjend (TNI) Purn. Wardiyono Tutup Usia   |   14:00 . Belasan Pemotor Hendak Balap Liar di Bojonegoro Diringkus Polisi   |   13:00 . Pulang Usai Pemakaman Kakek, Bocah di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Embung   |   08:00 . Wujudkan Kampus WCU, Pengurus IKA Unugiri Tingkat Fakultas Dilantik   |   07:00 . Perayaan Imlek dan Cap Go Meh, Wujud Kebersamaan dalam Akulturasi Budaya Budaya   |   18:00 . Berikut Amalan untuk Perempuan Haid saat Nisfu Sya'ban   |   17:00 . Ratusan Siswa Antusias Tambah Wawasan Baru Tentang Energi   |   15:00 . Tata Cara Baca Surat Yasin 3 Kali Malam Nisfu Sya'ban   |   11:00 . Bongkar Rahasia Tambah Pemasukan di Ramadan   |   16:00 . Kades di Bojonegoro Tak Netral Saat Pemilu, Bawaslu Serahkan Perkara ke Pj Bupati   |   15:00 . Mutasi Pejabat di Bojonegoro Batal Mendadak, Benarkah Ada Intervensi Politik?   |   14:00 . Mutasi Pejabat Pemkab Bojonegoro Mendadak Dibatalkan, Ada Apa?   |   13:00 . Malam yang Ditunggu, Ini Keutamaan dan Amalan Nisfu Sya'ban   |  
Mon, 26 February 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Angka Pernikahan Anak di Bojonegoro Tinggi, KPI Dorong Pendidikan Nikah Masuk Kurikulum Sekolah

blokbojonegoro.com | Monday, 17 July 2023 18:00

Angka Pernikahan Anak di Bojonegoro Tinggi, KPI Dorong Pendidikan Nikah Masuk Kurikulum Sekolah Presidium Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) Jawa Timur, Nafidatul Himah (Foto: blokBojonegoro.com/Rizki)

Reporter : Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Ratusan anak di Kabupaten Bojonegoro melangsungkan pernikahan dini. Mirisnya, rata-rata mereka hanya lulus dari bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) bahkan Sekolah Dasar (SD). Oleh sebab itu Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) mendorong pendidikan nikah dimasukkan ke kurikulum sekolah.

Berdasarkan data yang dihimpun di Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Bojonegoro, sejak Januari hingga Juni 2023 terdapat 259 anak dibawah umur yang mengajukan Dispensasi Nikah (Diska) untuk melangsungkan pernikahannya.

Panitera PA Kabupaten Bojonegoro, Solikin Jamik mengungkapkan, jika faktor pendidikan dan kemiskinan disebut menjadi pemicu terjadinya pernikahan dini. Karena rata-rata anak yang mengajukan diska hanya lulusan sekolah tingkat SD dan SMP.

“Pendidikan dan kemiskinan masih menjadi faktor dalam tingginya jumlah perkara ini,” ungkap Solikin Jamik.

Sementara itu, Presidium KPI Jawa Timur, Nafidatul Himah mengatakan, pihaknya mendorong agar pendidikan pernikahan dimasukan dalam kurikulum sekolah, terutama terkait dampak-dampak jika melangsungkan pernikahan dibawah umur.

“Karena saya miris melihat masih diusia anak namun sudah memiliki anak,” kata perempuan yang akrab disapa Hima.

Hal tersebut, lanjut Hima, untuk menekan jumlah anak yang melansungkan pernikahan di bawah umur. Hima mengaku jika dorongan tersebut telah disampaikan ke sejumlah pihak terkait, diantaranya Dinas Pendidikan dan Kemenag, maupun ke Lembaga Legislatif Kabupaten Bojonegoro.

“Menurut saya selama ini pemerintah daerah belum serius menangani perkara ini. Meski ada program insentif untuk para calon pengantin yang cakap nikah, tetapi hal tersebut mestinya harus dievaluasi lagi,” jelasnya.

Lebih lanjut, Koordinator Aliansi Perlindungan Perempuan dan Anak (APPA) itu menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan hearing ke Dinas Pendidikan, Kementerian Agama dan Pengadilan Agama Kabupaten Bojonegoro untuk menindaklanjuti hal tersebut. [riz/ito]

Tag : angka nikah, sekolah, kurikulum, pengadilan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat