15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |   13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |   12:00 . Laka Karambol, Pemotor di Bojonegoro Meninggal Tergencet Truk Box   |   09:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Peringkat Kategori Laporan LPPD Tingkat Nasional   |   15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |  
Sat, 27 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Mahasiswa Ekonomi Wajib Tahu 4 Mekanisme dalam Pasar

blokbojonegoro.com | Thursday, 13 July 2023 08:00

Mahasiswa Ekonomi Wajib Tahu 4 Mekanisme dalam Pasar

Kontributor: Aulia Isti Zahrin Nadhifah

blokBojonegoro.com - Ilmu ekonomi mengartikan pasar sebagai suatu pertemuan antara permintaan dan penawaran, yang bersifat interaktif. Proses interaksi antara permintaan dan penawaran yang mewujud dalam suatu tingkat harga disebut dengan mekanisme pasar.

Dalam pengertian yang sederhana pasar diartikan sebagai tempat bertemunya antara pembeli dan penjual untuk melakukan aktivitas perdagangan (jual-beli).

Di ambil dari buku ekonomi syariah bagi perguruan tinggi hukum strata 1 karya Jaih Mubarok , Khotibul Umam , Destri Budi Nugraheni , Veri Antoni , Kesumawati Syafei , dan Shandy Primandasetio menyebutkan bahwa mekanisme dalam pasar dibagi menjadi 4 yaitu :

1. Pasar Persaingan Sempurna 

Pasar Persaingan sempurna merupakan struktur pasar yang ideal karena sistem pasar ini adalah struktur pasar yang akan menjamin terwujudnya kegiatan memproduksi barang dan jasa yang sangat tinggi efisiensinya.

Mekanisme Pasar bisa dikatakan pasar persaingan sempurna apabila memenuhi beberapa syarat diantaranya: terdapat homogenitas produk, identik atau sama, terdapat banyak penjual dan pembeli, sehingga penjual akan bertindak sebagai price taker dan bukan sebagai price maker, penjual dan pembeli memiliki informasi yang sama mengenai ekonomi dan teknologi, tidak terdapat kendala dalam hal mobilitas sumber daya, harus yang dengan mudah dapat ditransformasikan untuk penggunaan yang lain, produsen tidak memiliki hambatan untuk masuk dan keluar pasar (entry and exit), harga adalah ketika marginal cost sama dengan marginal revenue (biaya marginal sama dengan pendapatanmarginal) dan produsen bertindak independen dalam upaya mencapai keuntungan maksimum, demikian juga konsumen bertindak sama dalam upaya memenuhi kebutuhannya.

2. Pasar Monopoli

Pasar monopoli merupakan pasar yang berstruktur dimana hanya terdapat satu penjual yang berhadapan dengan banyak pembeli tanpa pesaing langsung maupun tidak langsung.

Struktur pasar monopoli merupakan kondisi yang merugikan karena mengakibatkan beban bagi masyarakat melalui alokasi sumber daya yang tidak efisien dan merugikan secara sosial karena tidak terpenuhinya permintaan, pilihan, dan kebutuhan.

3.Pasar Monopoli Persaingan

Struktur pasar ini menggambarkan banyak penjual(sebagaimana dalam persaingan sempurna) tetapi terdapat perbedaan dalam produk, dengan kata lain produknya tidak sama (tidak homogen).

Struktur pasar ini memiliki beberapa kriteria antara lain terdapat banyak penjual dalam produk yang sama (substitusi mudah didapat) dalam satu grup, jumlah produsen cukup banyak sehingga tindakannya diharapkan tidak akan menarik perhatian pesaing dan juga tidak terpengaruh oleh tindakan balasan pesaingnya dan entry atau masuk pasar relatif mudah, tidak terdapat kolusi seperti penetapan harga atau pembagian pasar di antara produsen dalam satu kelompok tersebut.

Perbedaan antara bentuk pasar persaingan sempurna, monopoli serta monopolistic competition terlihat dari berbagai faktor. Dalam pasar monopoli produsen cenderung untuk mengurangi produksi dan mengenakan harga lebih tinggi dibandingkan dengan pasar persaingan sempurna.

4.Pasar Oligopoli

Struktur pasar terakhir disebut dengan pasar oligopoli, yaitu bentuk pasar menunjukkan bahwa terdapat hanya beberapa penjual. Karakter umum oligopoli adalah di antara produsen terdapat independensi-nya nyata maupun tidak langsung.

Setiap produsen dalam pasar oligopoli selalu memantau gerakan pesaingnya karena setiap perubahan sekecil apa pun dalam output dan harga akan mengakibatkan perubahan dalam strategi pesaing.

Di samping itu, karena hanya terdapat beberapa pesaing, maka mudah untuk memonitoring perubahan.

 

Tag : Ekonomi, mekanisme pasar, pasar dalam ilmu ekonomi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat