18:00 . 11 Remaja Diringkus Polisi, Diduga Terlibat atas Kematian Remaja di Bojonegoro   |   17:00 . Golkar Bojonegoro Manuver ke Wahono-Nurul, Batal Usung Anna Muawanah   |   15:00 . DPP PBB Turut Berikan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   07:00 . Kehadiran Agen BRILink Permudah Transaksi Keuangan Masyarakat di Desa   |   14:00 . 120.687 Ton Alokasi Pupuk Subsidi untuk Bojonegoro, Sebagian Belum Tersalurkan   |   13:00 . Ketika Bakso Pangkalan Makin Modern Bayarnya Bisa Pakai QRIS   |   09:00 . Dikenal Ulet, Pedagang Kelontong New Pasar.id Banjarejo Dapat Reward dari BRI   |   08:00 . Pelaku Usaha Terbantu Berkat KUR BRI, Kini Punya 5 Cabang Laundry di Bojonegoro   |   22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   13:00 . Keren Masyarakat Bisa Bayar Mudah Pakai QRIS di Pekan Bojonegoro Thengul Internasional Folklore Festival 2024   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   19:00 . Opening Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |  
Tue, 23 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Mahasiswa KKN di Desa Pilanggede Sosialisasikan Perdes Lingkungan Hidup

blokbojonegoro.com | Tuesday, 25 July 2023 18:00

Mahasiswa KKN di Desa Pilanggede Sosialisasikan Perdes Lingkungan Hidup

Pengirim: Iwan Zuhdi

blokBojonegoro.com - Sejumlah Mahasiswa yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKD) di Desa Pilanggede, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro, telah melaksanakan program sosialisasi peraturan desa tentang lingkungan hidup. Program ini dihadiri oleh masyarakat desa Pilanggede, termasuk perangkat desa serta kepala desa dengan tujuan untuk memberikan penambahan wawasan mengenai pengaturan lingkungan di Pilanggede.

Program ini merupakan program mahasiswa Universitas Brawijaya dalam MMD atau Mahasiswa Membangun 1000 Desa. Terdapat dua produk peraturan lingkungan hidup, yakni Peraturan Desa Nomor 4 Tahun 2016 dan Peraturan Desa Nomor 10 Tahun 2014. Acara ini dilaksanakan pada hari Senin pada malam hari, (17/7/2023)

Kegiatan sosialisasi peraturan desa tentang lingkungan hidup tersebut bertujuan untuk memberikan penambahan wawasan mengenai pengaturan lingkungan di Pilanggede. Dalam program ini, masyarakat desa Pilanggede diberikan pemahaman mengenai pentingnya menjaga lingkungan hidup dan bagaimana cara menjaga lingkungan hidup yang baik.

Peraturan Desa Nomor 4 Tahun 2016 mengatur tentang tata lingkungan dan pencegahan polusi desa, dan Peraturan Desa Nomor 10 Tahun 2014 berisi tentang pengaturan lingkungan hidup di Desa Pilanggede. 

Peraturan tersebut mencakup berbagai hal, seperti pengelolaan sampah, pengelolaan air, pengelolaan lahan, dan pengelolaan hutan.Dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat desa Pilanggede memiliki pengetahuan yang lebih baik mengenai pengaturan lingkungan di desa mereka. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan hidup di Pilanggede.

Muhammad Rahman Adam, koordinator desa dari kelompok MMD yang tengah mengabdi di desa Pilanggede menerangkan bahwasannya warga desa harus melek atau sadar produk hukum, maka mereka dapat membawa kesejahteraan di desa tersebut, dengan tingginya tingkat partisipasi masyarakat dalam kegiatan sosialisasi peraturan desa ini. "Dengan bukti pretest dan postest yang membuahkan hasil manis bahwa masyarakat desa Pilanggede memiliki tambahan wawasan terkait peraturan desa tentang lingkungan hidup dan mengetahui betapa pentingnya setiap insan untuk melek hukum," kata Adam usai kegiatan.

Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Lingkungan Hidup telah memberikan dukungan dalam pengelolaan lingkungan hidup di Desa Pilanggede. Selain itu, Desa Pilanggede juga telah meraih penghargaan Kampung Iklim Tingkat Nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup.Program sosialisasi peraturan desa tentang lingkungan hidup di Desa Pilanggede merupakan langkah yang positif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan hidup. Dukungan dari pemerintah dan penghargaan yang telah diraih oleh Desa Pilanggede menunjukkan komitmen yang kuat dalam menjaga lingkungan hidup di Kabupaten Bojonegoro.

Tag : Mmd, Pilanggede, balen, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat