19:00 . Taklukan Tri Brata Raflesia FC, Persibo Kembali Raih 3 Poin   |   17:00 . 592 Orang Daftar PPK Pilkada Bojonegoro 2024, Kebutuhan Hanya 140 Petugas   |   15:00 . Diperebutkan Ratusan Warga, Segini Gaji PPK Pilkada Bojonegoro 2024!   |   10:00 . Belajar, Pesan Penting Hardiknas Kini   |   20:00 . PKS Kantongi 3 Nama Bakal Calon Bupati, Satu Diantaranya Mantan Bupati Bojonegoro   |   18:00 . May Day, AJI Bojonegoro: Buruh Media Harus Berserikat   |   14:00 . EMCL Gandeng Ademos Kembangkan BUMDesMart di Desa Gayam   |   20:00 . Persibo Bojonegoro Taklukan QDR Makassar 2-0 di Laga Perdana   |   16:00 . Pj Bupati Bojonegoro Luncurkan Layanan Primer (ILP) dan Lansia Sembada   |   14:00 . Terlanjur Hamil, Remaja di Bojonegoro Terpaksa Ajukan Diska.   |   12:00 . Begini Cerita Mahasiswa Unigoro Olah Pisang Ulin Lolos Pemuda Pelopor   |   11:00 . Proyek Trotoar Rp23,4 M Segera Dilelang   |   09:00 . Teka-Teki Perpanjang Jabatan Kades Belum Bisa Dipastikan   |   07:00 . Tak Puas di Ranjang Berujung Selingkuh Penyebab ASN di Bojonegoro Cerai   |   21:00 . Keseruan Polisi di Bojonegoro Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan   |  
Fri, 03 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

KKN Kelompok 8 STAI Attanwir Inisiasi Susu Jagung Jadi Produk Khas Semawot

blokbojonegoro.com | Friday, 25 August 2023 21:00

KKN Kelompok 8 STAI Attanwir Inisiasi Susu Jagung Jadi Produk Khas Semawot

Reporter: Nidlomatum MR

blokbojonegoro.com - Sebagai upaya meningkatkan taraf ekonomi masyarakat, kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 8, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Attanwir, Talun, Sumberrejo, Bojonegoro menginisiasi pembuatan susu jagung jadi produk kuliner khas Desa Semawot.

Untuk mengimplementasikannya diawali dengan pelaksanaan kegiatan Pelatihan Pembuatan Susu Jagung di Balai Desa Semawot, Kecamatan Sukosewu, Kabupaten Bojonegoro, Senin (21/8/2023) dengan peserta ibu-ibu PKK Desa Semawot. Selanjutnya akan dilakukan pendampingan hingga pada strategi pemasarannya. 

Hana Safitri, Koordinator KKN Kelompok 8 Desa Semawot mengungkapkan, kegiatan ini digelar dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola jagung menjadi susu jagung yang dapat dijual dengan keuntungan lebih tinggi secara ekonomi.

"Alhamdulillah acara berjalan sesuai dengan harapan. Dengan adanya pelatihan susu jagung ini, sebagian masyarakat yang ingin mengembangkan hasil pelatihan pembuatan susu jagung ini," ujarnya.

Kegiatan yang berlangsung mulai pukul 14.00 hingga 16.00 tersebut berjalan lancar dan mendapat antusiasme tinggi dari peserta, terutama dari 20 ibu-ibu PKK yang hadir.

Tidak hanya sekadar menginisiasi acara, para mahasiswa anggota KKN kali ini juga bertindak sebagai Narasumber dari kegiatan. Yakni, Nurul Jannah dibantu oleh Siti Mar’atus Sholikhah.

Sebagai Narasumber, Nurul Jannah mengaku gembira dengan antusias para peserta yang hadir. "Alhamdulillah, ibu-ibu PKK sangat antusias ketika praktik pembuatan susu jagung. Semangat gotong royong dan kerja sama dari ibu-ibu PKK sangat tinggi," jelasnya. 

Kegiatan ini juga didukung penuh oleh Kepala Desa Semawot yang berniat menjadikan produk kuliner susu jagung ini menjadi minuman khas Desa Semawot.

"Dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat membantu perekonomian desa dan menjadi label mengenalkan desa lewat produk susu jagung khas Semawot. Ketika ditekuni dan ditelateni oleh warga harapannya bisa menjadi sumber ekonomi mereka," harapnya. [lis]

Tag : Susu, jagung, KKN, semawot



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat