18:00 . Berbaur dengan Warga, Pekerja Lapangan Banyu Urip Menjadi Relawan Kurban   |   11:00 . Jemaah Haji KBIHU ATTANWIR Tuntas Lontar Jumrah   |   10:00 . Cerita Jagal Kurban, Sehari Bisa 4 Tempat Hingga Sapi Pernah Kabur   |   08:00 . Idul Adha, Pengepul Kulit Hewan Kurban di Bojonegoro Kebanjiran   |   20:00 . Cuaca Ekstrim, Jemaah Lontar Jumrah Sore Hari Saja   |   17:00 . Hari Kedua di Mina, Jemaah Lontar Jumrah Ula, Wustha, dan Aqabah   |   15:00 . Idul Adha, Jasa Bakar Kepala Sapi dan Kambing Diserbu Pelanggan   |   12:00 . Persibo Bojonegoro Bakal Lawan Persebaya ???   |   11:00 . DPC PDI Perjuangan Bojonegoro Serahkan Hewan Qurban di 2 Masjid   |   10:00 . Dahului Pemerintah, Ratusan Warga Bojonegoro Ini Sudah Laksanakan Sholat Idul Adha   |   09:00 . Terapkan Peternakan dan kehutanan Sistem Agroforestri, Sulistyo Raih Juara Pertama Pemuda Pelopor Jawa Timur Bidang Pangan   |   07:00 . Ketua BPC HIPMI Bojonegoro Terpilih, Siap Perkuat Peran, Kolaborasi dan Pengembangan Ekraf Wirausaha Muda   |   20:00 . Muhammadiyah Gelar Salat Idul Adha Senin 17 Juni   |   19:00 . Hujan Deras di Bojonegoro Sebabkan Atap Rumah dan Pepohonan Roboh   |   17:00 . Lancar, Mobilisasi Jemaah di Muzdalifah Selesai   |  
Wed, 19 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

B-TIFF 2023

Ada Rajut Wayang Thengul Hingga Bumbu Pecel di Lapak UMKM

blokbojonegoro.com | Sunday, 23 July 2023 15:00

Ada Rajut Wayang Thengul Hingga Bumbu Pecel di Lapak UMKM

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Kabupaten Bojonegoro siap menggelar event lokal bertaraf internasional, yaitu Thengul Internasional Folklore Festival (B-TIFF) yang digelar selama 5 hari sejak tanggal 22 hingga 26 Juli 2023.

Pada festival kali ini ditampilkan parade Internasional antar Negara, seperti Mexico, Slovenia, Uzbekistan dan India. Selain itu juga ada kesenian lokal berupa Tari Thengul, Oklik, Barongsai, Terbang Jedor, Sandur dan Reog Jaranan. 

Stand UMKM turut mewarnai B-TIFF 2023. Tampak beberapa lapak UMKM menjajakan sajian kuliner dan produk craft asal Bojonegoro seperti balung kuwuk, pecel, produk rajut, aneka minuman herbal hingga lainnya. 

Salah satu pegiat UMKM yang turut memeriahkan adalah Lilis Sri Hindarti perajut asal Sukosewu. Dirinya turut berpartisipasi pada event B-TIFF dengan produk unggulannya berupa tas, dompet rajut lewat motif ikon khas Bojonegoro yaitu Wayang Thengul. 

"Temanya Thengul dan disarankan setiap pelaku usaha menampilkan produk berbau Thengul. Namun juga boleh membawa produk selain Thengul, ada juga rajutan yang lain," ucapnya. 

Menurut Lilis sapaan karibnya, proses memulai rajutan dengan motif Wayang Thengul, merupakan hal baru baginya. Bahkan ia harus membuat pola rajut dengan sistem tapestry atau silang. 

Meski awalnya sempat pesimis akan inovasi motif rajut Wayang Thengul, rupanya pihak Dinas terkait menyambut baik karyanya. 

"Perlahan dan yakin setiap jualan pasti ada pembelinya, tadi siang ada Bule yang mampir. Lalu malam hari saat berlangsung banyak sekali dari Dinas terkait yang berminat," beber Lilis. 

Senada, Nita Sulistya pemilik usaha Pecel Celtoh mengaku jauh hari sudah mempersiapkan beberapa produk unggulan yang akan ia pamerkan di lapak B-TIFF 2023. Salah satunya bumbu pecel, bumbu gado-gado dan rempeyek. Hingga aneka camilan ringan seperti sempol, dimsum dan tahu bakso. 

"Awalnya saya kasih testimoni, pengunjung suka dan banyak yang beli. Malam ini habis ludes, termasuk sempol dan dimsum juga ada," imbuhnya. [liz/lis]

 

 

 

Tag : Wisata, rajut, pecel, Thengul



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat