17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

BRI Fellowship Journalism 2023

Terpilih Sebagai Desa Brilliant, Punthuk Kreweng Suguhkan Keindahan Alam Asri

blokbojonegoro.com | Friday, 19 May 2023 13:00

Terpilih Sebagai Desa Brilliant, Punthuk Kreweng Suguhkan Keindahan Alam Asri

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro memiliki beberapa potensi unggulan. Salah satunya potensi di bidang pariwisata, yaitu Puthuk Kreweng yang dikelola oleh LMDH Wono Langgeng dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Bumi Rahayu.

Secara geografis, Puthuk Kreweng terletak di bantaran Sungai Gandong, yang juga merupakan dataran tertinggi di Desa Mojodelik. Mulanya, Puthuk Kreweng ini merupakan kawasan tanjakan yang sering dijadikan area trek bermain motor trail oleh para crosser.

Dari situ, Kepala Desa Mojodelik dan masyarakat mulai tertarik dan sadar akan potensi wisata yang cocok untuk dikembangkan. Atas inisiasi Kepala Desa Mojodelik, Yuntik Rahayu kemudian menghibahkan gajinya sebagai Kepala Desa selama satu periode dan uang pribadi, dan dibangunlah wisata Puthuk Kreweng.

"Dalam proses pembangunannya, destinasi Wisata Puthuk Kreweng mengalami berbagai kesulitan. Salah satunya yaitu longsor beberapa kali, karena tekstur tanah yang gembur setelah terkena hujan dan air sungai yang meluap," ungkap Kades Mojodelik, Yuntik Rahayu. 

Untuk mengatasinya, pengelola melakukan bronjong di area wisata sebagai langkah represif. Selain itu, pengelola dengan dukungan dari masyarakat dan berbagai pihak. 

Juga melakukan usaha preventif jangka panjang dengan cara menanam pohon mojo, trembesi dan berbagai tanaman hias. Dengan harapan tidak terjadi longsor lagi di masa mendatang, khususnya ketika musim hujan tiba.

Hingga gencar melakukan promosi lewat sosial media, seperti instagram, facebook dan YouTube, agar wisata alam buatan ini lebih dikenal masyarakat luas. Dan di tanggal 10 April 21 bersama Pemdes Mojodelik dan Pemkab Bojonegoro serta Perhutani KPH, maka wisata ini resmi dibuka untuk umum. 

"Pengunjung yang masuk kita tarik tarif Rp 10.000, pembayaran selain menggunakan tunai juga bisa cashless. Karena lebih mudah, masing-masing sistem pembayaran akan terintegrasi ke dalam satu kode QR," tutur Kades Mojodelik. 

Selain dikenal sebagai wisata yang menyuguhkan keindahan alam buatan, juga merupakan sarana menyalurkan bakat dan minat anak muda di Desa Mojodelik. 

Wisata ini juga dikenal sebagai tempat latihan bersama (latber) motor trail. Saat ini juga terdapat sanggar seni Bumi Rahayu yang menjadi fasilitator untuk anak muda berlatih tari, gamelan, teatrikal reog serta tembang Jawa.

"Di wisata Punthuk Kreweng, juga terdapat beragama fasilitas. Diantaranya sirkuit trail dan off-road, ATV, flying fox, kereta anak-anak, pendopo pertemuan, semayan ngafe, gazebo untuk istirahat dan taman bunga hingga kolam renang.

Selain itu, pembangunan wisata ini juga diimbangi dengan semangat dari berbagai unsur masyarakat. Termasuk melakukan inovasi di bidang kuliner, kerajinan tangan. 

"Sampai saat ini, sudah ada berbagai kelompok masyarakat dan partisipasi dari ibu-ibu untuk membuat olahan kuliner Rica-rica dan kerajinan topeng Ganong yang diinisiasi oleh para pemuda desa," ucapnya. 

Bangkit dan terus bangkit, bergerak untuk kemajuan perekonomian desa. Dan di tahun 2021, berkat inovasinya Wisata Punthuk Kreweng berhasil menorehkan prestasi 15 besar desa brilliant batch 2.

Lanjut Kades Yuntik, menurutnya ada beberapa kriteria yang dilalui Desa Mojodelik. Diantaranya mengunggah administrasi manajemen dan kelembagaan baik BUMDes maupun pemerintah desa inovasi, digitalisasi, dan presentasi Kepala Desa.

"Terharu sekali, punya karya yang dapat nominasi nasional. Nomor 15 dari 440 peserta desa brilliant se-Indonesia tahun 2021," ulasnya

Terpisah, Kepala Unit BRI Gayam, Feriez Andika Lutviandi menambahkan, di wilayah binaan BRI Unit Gayam sendiri terdapat 10 desa untuk kluster UMKM, namun 2 UMKM baru berjalan hingga wilayah Nasional. 

Sementara itu, untuk desa brilliant di Kecamatan Gayam terdapat 2 desa yang masuk kategori. Termasuk Desa Mojodelik yang menyuguhkan keindahan wisata Punthuk Kreweng sebagai sumber ekonomi warga sekitar. 

"Yang kita angkat sektor pariwisata yaitu Punthuk Kreweng, penilaian desa brilliant sendiri meliputi pengembangan ekonomi lokal melalui BUMDes, inovasi. Hingga digitalisasi pemasaran dan keuangan," pungkasnya. [liz/lis]

 

Tag : Wisata, ngasem, bri



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat