13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |   12:00 . Laka Karambol, Pemotor di Bojonegoro Meninggal Tergencet Truk Box   |   09:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Peringkat Kategori Laporan LPPD Tingkat Nasional   |   15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |  
Sat, 27 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pentol Pak Ndut, Empuk, Maknyus dan Terjangkau

blokbojonegoro.com | Tuesday, 28 February 2023 16:00

Pentol Pak Ndut, Empuk, Maknyus dan Terjangkau

Pengirim: Nazwa Putri

blokbojonegoro com - Pentol adalah sebutan untuk jajanan tradisional serupa seperti bakso yang memiliki kandungan dagingnya lebih sedikit, terkadang pentol hanya terbuat dari tepung kanji (panganan serupa yang terbuat hanya dari tepung kanji biasanya disebut cilok). 

Pentol banyak dijual oleh pedagang kaki lima atau pedagang keliling lainnya dan jarang dijual di warung atau tempat makan lainnya. Para pedagang pentol banyak dijumpai di kawasan sekolah, pasar, pabrik, universitas, dan tempat tempat keramaian. 

Ada banyak variasi pentol mulai dari pentol kanji, pentol isi telur puyuh, pentol isi gajih, pentol tahu, pentol siomay, dan pentol goreng. Ada juga variasi pentol pedas yang disebut pentol mercon.

Salah satu pedagang yang menjual pentol adalah pria yang akrab disapa Pak Ndut. Biasanya dia mangkal di pinggir Jalan Ngumpakdalem. Cita rasa yang khas membuat banyak yang suka pentol olahan Pak Ndut.  

Pelanggannya pun bermacam-macam, mulai dari ibu-ibu, anak sekolah dan lain sebagainya.Mereka suka dengan pentol Pak ndut ini salah satu alasannya adalah harga pentol yang dijual sangat murah.

Dibandingkan dengan harga bakso gerobakan yang rata-rata pentol dijual dengan rentang harga paling murah Rp2 ribu hingga Rp5 ribu. Untuk makan pentol olahan Pak Ndut, kita cukup merogoh Rp500 dan paling mahal Rp1 ribu untuk isian telur puyuh.

Pentol kasar dengan harga Rp500 inilah yang paling banyak disukai oleh para pembeli. Meski murah, namun pentol Pak ndut tergolong kenyal, gurih dan empuk.

“Kalau untuk pentol kasar Rp500 ini paling banyak dicari. Bahkan setiap hari itu selalu habis. Saya tidak pernah bawa sisa pentol pulang ke rumah,” ujarnya. 

Setiap harinya, Pak Ndut setidaknya memasak daging ayam dan tetelan daging sapi sekitar 12 kilogram. Olahan tersebut ia olah menjadi pentol dengan harga Rp 500. Untuk produksi, selama ini dia memproduksi sendiri dibantu Sang Istri.  

“Setiap harinya saya memproduksi paling tidak sekitar 600 biji pentol kasar dan itu habis semuanya,” ucapnya. [lis]

 

Tag : Makanan, pentol, maknyus



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat