17:00 . Geger! Warga Bojonegoro Temukan Ular Sanca 3,5 Meter Makan Kucing   |   16:00 . ODGJ di Bojonegoro Ngamuk di Jalan Veteran, Sejumlah Orang Dipukul Pakai Kayu   |   14:00 . KPPN Bojonegoro Sebut Realisasi Pendapatan Negara Masih Defisit, Begini Rinciannya   |   12:00 . Total Anak yang Divaksin Polio di Bojonegoro Capai 27,7 Persen   |   11:00 . Dorong Terwujudnya Peningkatan Pelayanan Publik Lewat Orientasi PPPK Angkatan I-IX   |   10:00 . Kapolres Bojonegoro: Sebelum Dikeroyok Korban Sempat Acungkan Gear Motor   |   09:00 . Lengkap! Pengakuan Saksi, Orang Tua, dan Polisi Soal Pengeroyokan Pelajar di Bojonegoro   |   08:00 . Pj Adriyanto Pimpin Apel Peringatan HUT Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran   |   20:00 . PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG   |   19:00 . 5 Desa/Kelurahan di Kecamatan Bojonegoro Rekap Hasil Penghitungan Perolehan Suara   |   18:00 . Enam Pelaku Pengeroyokan Pelajar SMA di Bojonegoro Masih Buronan   |   17:00 . Caleg di Bojonegoro Perebutkan 50 Kursi Legislatif   |   16:00 . UDD PMI Bojonegoro Kuatkan Kapasitas Koordinator Donor Darah   |   15:00 . Ini Peran 9 Tersangka Pengeroyokan Pelajar SMA di Bojonegoro hingga Meninggal   |   13:00 . Tersangka Pengeroyokan Pelajar SMA di Bojonegoro Diancam 12 Tahun Penjara   |  
Wed, 21 February 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pasar Burung Buana Lestari Surga Para Kicau Mania di Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Wednesday, 21 December 2022 21:00

Pasar Burung Buana Lestari Surga Para Kicau Mania di Bojonegoro

Reporter : Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Bagi warga Bojonegoro, bisa dikatakan pasar burung buana lestari yang berada di eks. Pasar sapi banjarejo merupakan pusat jual beli burung. Selain menjual berbagai burung, pasar burung yang baru diresmikan 3 Minggu yang lalu juga tersedia beragam pelengkapan dan pendukung dalam memelihara burung.

Dengan menempati luas lahan sekitar 5.100 meter persegi, ditambah luas lahan pasar burung 2.100 meter persegi, luas bangunan kios 261 meter persegi dengan jumlah 29 kios. Tentu membuat para pedagang, pengunjung bahkan kicau mania betah di lokasi ini.

"Saat ini tempat usaha di pasar burung  yang terisi pedagang mencapai 22 kios pedagang burung dan 7 kios makanan minuman. Bahkan sebagian dari pedagang, ada yang menjaga dengan tinggal di kios agar dapat merawat burung di pagi hari," ungkap Ketua Paguyuban Pasar Burung Buana Lestari, Eko Wahyudi.

Menurut Eko Wahyudi, meski baru diresmikan sekitar 3 Minggu oleh Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah. Jika ditelusuri dari peta lokasi melalui google maps. Lokasi Pasar Burung Buana Lestari justru jauh lebih strategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat. Ketimbang Pasar yang lama di sekitar Taman Bengawan Solo (TBS) yang terkadang rentan terjadi longsor.

Bahkan menurutnya, dengan diadakannya lomba kicau burung mania perebutan Piala Bupati, pada 30 Desember 2022 mendatang tentu akan mendatangkan berkah tersendiri bagi para pedagang burung.

"Ramainya saat weekend, kita lebih aktif menggunakan gawai untuk menarik pelanggan bahwa lokasinya sekarang berpindah. Antusias sekali ada lomba kicau mania ini, tentu bisa menarik konsumen dan memperkenalkan pasar burung yang baru sebagai destinasi wisata," ucapnya.

Sementara itu, Pak Pras, Penjual Burung yang sudah berjualan sejak tahun 2009 di Eks.TBS yang kini direlokasi di Pasar Burung Buana Lestari berujar mayoritas pedagang burung banyak menyediakan murai, cendet, love bird, cucak ijo untuk keperluan lomba gantangan karena lebih gacor.

Selain karena lebih gacor, masalah fooding atau pakan juga menjadi prioritas utama selain perawatan.  Misalnya, Jenis murai jika pakan sendiri menggunakan kroto harga jual bisa Rp 800.000, dahulu bisa sampai Rp 1.500.000.

"Ada lagi cucak ijo dari Banyuwangi dan Kalimantan perawatan mudah dan izin BKSDA tidak terlalu ribet. Selain itu extra fooding juga menjadi perhatian khusus supaya makin gacor," ucapnya.

Kembali ke Pasar Burung Buana Lestari, terkait harga jual burung sendiri menurutnya menyesuaikan jenis burung terutama dilihat dari segi gengsi saat digunakan perlombaan.

"Love bird sekarang turun kisaran Rp 25.000-Rp 100.000 tergantung warna, cendet untuk kualitas gantangan bisa mencapai jutaan atau kisaran Rp 1.500.000 hingga Rp 2.000.000 atau kalau mau sekedar bunyi saja Rp 300-an sudah dapat,"tutup dia. [liz/ito]

 

Tag : Pasar, burung, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat