06:00 . PC MTP IPHI Sumberrejo Gelar Silaturahim Rutin Triwulan di Masjid At-Taqwa   |   16:00 . Dekopinda Bojonegoro Ikuti Unjuk Rasa Tolak OJK Awasi Koperasi   |   15:00 . Pemkab Bojonegoro Raih 17 Besar Kovablik Lewat Inovasi SMASH RSUD Sumberrejo   |   13:00 . Komunitas Ibu Profesional Akan Gelar Tour the Talent   |   20:00 . Jelang Pemilu, 749 Calon PPK Ikuti Tes CAT   |   19:00 . Curah Hujan Tinggi, TPT Jembatan Jetak Bojonegoro Longsor   |   18:00 . Waspada Penipuan Digital, Masyarakat Perlu Bijak Bermedsos   |   17:00 . Cegah Longsor dan Banjir, Pemkab Bojonegoro Bangun Tebing Penahan   |   16:00 . Polisi Terus Selidiki Laporan Dugaan Sertifikat Tanah Palsu di Kasiman   |   15:00 . Tips Hemat Hadapi Godaan Diskon Belanja Akhir Tahun   |   14:00 . Kejari Segera Tetapkan Tersangka Dugaan Korupsi APBDes Deling   |   13:00 . UINSA Terima Anugerah Top 45 Publik Inovasi Terbaik   |   12:00 . Diduga Kurang Konsentrasi, Remaja Meninggal Dunia Usai Menabrak Pemotor di Dander   |   08:00 . Pemkab Bojonegoro Masih Tunggu Juknis Inpres Pengadaan Kendaraan Listrik Kedinasan   |   07:00 . Bayi Rewel Saat Tidur Malam, Apa Bisa karena Ruam Popok?   |  
Thu, 08 December 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pasar Sor Greng, Pilihan Destinasi Kuliner Akhir Pekan

blokbojonegoro.com | Sunday, 12 June 2022 14:00

Pasar Sor Greng, Pilihan Destinasi Kuliner Akhir Pekan

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Pasar sor greng yang berada di tepi Bengawan Solo, tepatnya di Kelurahan Ledokwetan, Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro selalu menjadi destinasi kuliner favorit bagi warga sekitar, terutama saat akhir pekan tiba.

Tampak, beberapa lapak warga sekitar yang menjajakan kuliner-kuliner tradisional khas Bojonegoro. Mereka juga berpakaian khas dan diiringi lantunan musik tradisional, menambah keunikan suasana pagi di tepi Sungai Bengawan Solo.

Setiap akhir pekan, pengunjung tampak mengular memilih sajian kuliner yang dijajakan. Anak-anak pun tak kalah riang gembira, menikmati permainan yang disediakan di taman bermain Pasar Sor Greng.

Ketua Paguyuban Sor Greng, Budi Kurniawan mengungkapkan, awal mula merintis destinasi kuliner Sor Greng bermula karena melihat beberapa lahan di tepi Bengawan Solo yang tak dimanfaatkan.

Kemudian, ia bersama warga sekitar berinisiatif untuk menyulap lahan tersebut menjadi destinasi kuliner yang kini disebut Sor Greng. Atau dalam Bahasa Indonesia disebut dibawah pohon bambu.

"Pasar Sor Greng sudah ada sekitar 4,5 tahun. Inisiatif dari warga sekitar karena banyaknya lahan yang tak terpakai di sekitar sungai, berkat destinasi kuliner ini juga bisa menambah perekonomian warga sekitar," ungkap Budi.

Menurut Budi, sebelum pandemi Covid-19 menyerang, setidaknya terdapat sekitar 28 lapak penjaja kuliner. Bahkan menariknya, saat pembeli ingin mencicipi kuliner pembelian dilakukan melalui penukaran uang berupa koin yang telah disediakan petugas.

"Sekarang baru beroperasi kembali, belum begitu tertata. Baru ada 9 lapak penjaja kuliner, ada bubur gendul, es dawet, lontong kikil, nasi pecel, nasi serba sambal, es kelapa hingga gorengan. Harganya terjangkau mulai dari Rp2.000 hingga Rp4.000," ucapnya.

Tak hanya menawarkan sajian kuliner tradisional, Pasar Sor Greng juga menyediakan fasilitas taman bermain untuk anak-anak. Kereta gantung hingga taman baca masyarakat atau lebih dikenal TBM.

"Di depan pintu masuk pasar wisata juga tersedia souvenir bagi para pengunjung. Baik kaos hingga kerajinan gerabah, jadi pengunjung yang datang bisa pulang sembari membawa buah tangan untuk keluarga," imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang pengunjung, Bahtiar asal Kelurahan Klangon, mengaku ia baru pertama kali mengunjungi pasar kuliner yang berada di tepi Bengawan Solo ini.

Menurutnya, Pasar Sor Greng ini merupakan salah satu pilihan destinasi menarik di Bojonegoro, yang bisa dikunjungi warga saat akhir pekan tiba. Entah untuk sekadar melepas penat, maupun mencicipi kuliner yang ada.

"Baru pertama kali ke sini, kulinernya cukup terjangkau harganya. Tadi saya mencicipi lontong kikil sama es kelapa muda, ditambah pemandangan yang indah di tepi Bengawan Solo. Jadi syahdu," pungkasnya. [liz/lis]

 

 

Tag : Wisata, kuliner, bengawan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat