06:00 . PC MTP IPHI Sumberrejo Gelar Silaturahim Rutin Triwulan di Masjid At-Taqwa   |   16:00 . Dekopinda Bojonegoro Ikuti Unjuk Rasa Tolak OJK Awasi Koperasi   |   15:00 . Pemkab Bojonegoro Raih 17 Besar Kovablik Lewat Inovasi SMASH RSUD Sumberrejo   |   13:00 . Komunitas Ibu Profesional Akan Gelar Tour the Talent   |   20:00 . Jelang Pemilu, 749 Calon PPK Ikuti Tes CAT   |   19:00 . Curah Hujan Tinggi, TPT Jembatan Jetak Bojonegoro Longsor   |   18:00 . Waspada Penipuan Digital, Masyarakat Perlu Bijak Bermedsos   |   17:00 . Cegah Longsor dan Banjir, Pemkab Bojonegoro Bangun Tebing Penahan   |   16:00 . Polisi Terus Selidiki Laporan Dugaan Sertifikat Tanah Palsu di Kasiman   |   15:00 . Tips Hemat Hadapi Godaan Diskon Belanja Akhir Tahun   |   14:00 . Kejari Segera Tetapkan Tersangka Dugaan Korupsi APBDes Deling   |   13:00 . UINSA Terima Anugerah Top 45 Publik Inovasi Terbaik   |   12:00 . Diduga Kurang Konsentrasi, Remaja Meninggal Dunia Usai Menabrak Pemotor di Dander   |   08:00 . Pemkab Bojonegoro Masih Tunggu Juknis Inpres Pengadaan Kendaraan Listrik Kedinasan   |   07:00 . Bayi Rewel Saat Tidur Malam, Apa Bisa karena Ruam Popok?   |  
Thu, 08 December 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kurmo Jowo Camilan Ramadan Khas Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Wednesday, 06 April 2022 13:00

Kurmo Jowo Camilan Ramadan Khas Bojonegoro

Kontributor: Moch Misbahul Munir

blokBojonegoro.com - Kurmo Jowo, manisan yang terbuat dari Tomat ini, kini menjadi salah satu camilan khas di Bojonegoro saat bulan suci Ramadan.

Di tangan kreatif Sri Endah Wahyuningsih (59) buah Tomat yang biasa dibuat jus dan sambal itu disulap menjadi kudapan legit layaknya seperti buah Kurma atau yang biasa di sebut 'Kurmo Jowo'

Ibu rumah tangga asal Desa Mojodeso Kecamatan Kapas ini menuturkan ide pembuatan makanan Kurmo Jowo, berawal pada tahun 1992 saat itu ia bersama dengan adiknya belajar membuat olahan dari buah Tomat yang berbeda dengan olahan pada umumnya. Akhirnya tercetus ide membuat manisan buah tomat.

"Awalnya buat untuk disajikan saat Lebaran, karena banyak yang menanyakan dan pesan akhirnya pada 1998 mulai untuk berjualan," papar Endah pada blokBojonegoro.com, Selasa (5/4/2022).

Disinggung soal nama 'Kurmo Jowo' ibu Endah sapaan akrabnya menjelaskan, nama itu merupakan pemberian dari anaknya yang saat itu dimintanya untuk membuat kemasan.

"Karena rasanya manis sepintas dilihat seperti buah kurma kalau sudah matang, dan buah Tomat  dari sini, dari Jawa akhirnya oleh anak saya diberi nama Kurmo Jowo," jelasnya.

Dalam seminggu Endah bisanya memproduksi antara dua hingga tiga kali produksi, karena proses sekali produksi membutuhkan waktu kurang lebih 4 hingga 5 hari. Mulai dari proses pembersihan, perebusan hingga pengeringan dan siap untuk dikemas.

"Dulu saat dipasarkan ke-swalayan dan toko-toko besar sempat ditolak karena kemasannya yang kurang menarik, karena waktu itu hanya saya kemas dengan plastik dan mika biasa dengan label kertas fotocopy hasil dari desain anak saya yang masih duduk di bangku SMP," bebernya

Kini dengan kemasan produk yang menarik Kurmo Jowo buatan Ibu Endah telah di pasarkan dimana-mana, mulai dititipkan di toko oleh-oleh hingga beberapa toko ritel moderen di Bojonegoro.

"Untuk satu kemasan 100 gram yang dijual ditoko oleh-oleh dengan harga eceran 11 ribu sampai 13 ribu, dan ada harga spesial 10 ribu untuk pembelian grosir di atas 1 (satu) lusin," pungkasnya.

Perlu diketahui bagi yang ingin melakukan pemesanan bisa langsung menghubungi melalui media sosial Instagram @Kurmojowo_tomat atau berkunjung langsung ke rumah produksi di Gang Payung Desa Mojodeso Kecamatan Kapas. [mis/lis]

Tag : KURMA, khas, jawa, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat