15:00 . Kerjasama Perhutani dan Kimia Farma Surabaya Gelar Vaksinasi untuk Masyarakat Umum   |   14:00 . PDM Bojonegoro Tetapkan 10 Dzulhijjah Jatuh 9 Juli 2022   |   12:00 . Satpol PP Jatim Beri Pelatihan Satgas Linmas Wilayah Bakorwil Bojonegoro   |   08:00 . PBNU Tetapkan Awal Dzulhijjah 1 Juli 2022   |   07:00 . Stres Selama Kehamilan Pengaruhi Jenis Kelamin Anak, Ini   |   17:00 . Kunjungi Donggala, Mendag Zulkifli Hasan: Pastikan Fokusnya Bukan Hanya Pulau Jawa   |   16:00 . Penentuan Idul Adha, LFNU Bojonegoro Menunggu Hasil Istbat   |   15:00 . Bojonegoro Siap Jika Ditunjuk Sebagai Pemilik Aset Jembatan Glendeng   |   14:00 . Tahun Ajaran Baru Segera Dimulai, Bersiap Terapkan Kurikulum Merdeka Belajar   |   13:00 . Perpusgatda dan Dunia Imajinasi Ajak Anak-Anak Bermain Sambil Belajar   |   09:00 . Per Juli Beli Pertalite Lewat MyPertamina, Daerah Kamu Salah Satunya?   |   08:00 . Bupati Bojonegoro Bersedia Terima Aset Jembatan Glendeng, Bupati Tuban Absen Rapat   |   07:00 . Alergi pada Anak, Ini Cara Memperkuat Barrier Tubuhnya   |   20:00 . Kontingen Bojonegoro Tambah Tiga Medali   |   19:00 . Mendag Zulhas Bertemu Dubes Amerika Serikat, Sepakat Pererat Hubungan Ekonomi di Kawasan Indo-Pasifik   |  
Thu, 30 June 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kurmo Jowo Camilan Ramadan Khas Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Wednesday, 06 April 2022 13:00

Kurmo Jowo Camilan Ramadan Khas Bojonegoro

Kontributor: Moch Misbahul Munir

blokBojonegoro.com - Kurmo Jowo, manisan yang terbuat dari Tomat ini, kini menjadi salah satu camilan khas di Bojonegoro saat bulan suci Ramadan.

Di tangan kreatif Sri Endah Wahyuningsih (59) buah Tomat yang biasa dibuat jus dan sambal itu disulap menjadi kudapan legit layaknya seperti buah Kurma atau yang biasa di sebut 'Kurmo Jowo'

Ibu rumah tangga asal Desa Mojodeso Kecamatan Kapas ini menuturkan ide pembuatan makanan Kurmo Jowo, berawal pada tahun 1992 saat itu ia bersama dengan adiknya belajar membuat olahan dari buah Tomat yang berbeda dengan olahan pada umumnya. Akhirnya tercetus ide membuat manisan buah tomat.

"Awalnya buat untuk disajikan saat Lebaran, karena banyak yang menanyakan dan pesan akhirnya pada 1998 mulai untuk berjualan," papar Endah pada blokBojonegoro.com, Selasa (5/4/2022).

Disinggung soal nama 'Kurmo Jowo' ibu Endah sapaan akrabnya menjelaskan, nama itu merupakan pemberian dari anaknya yang saat itu dimintanya untuk membuat kemasan.

"Karena rasanya manis sepintas dilihat seperti buah kurma kalau sudah matang, dan buah Tomat  dari sini, dari Jawa akhirnya oleh anak saya diberi nama Kurmo Jowo," jelasnya.

Dalam seminggu Endah bisanya memproduksi antara dua hingga tiga kali produksi, karena proses sekali produksi membutuhkan waktu kurang lebih 4 hingga 5 hari. Mulai dari proses pembersihan, perebusan hingga pengeringan dan siap untuk dikemas.

"Dulu saat dipasarkan ke-swalayan dan toko-toko besar sempat ditolak karena kemasannya yang kurang menarik, karena waktu itu hanya saya kemas dengan plastik dan mika biasa dengan label kertas fotocopy hasil dari desain anak saya yang masih duduk di bangku SMP," bebernya

Kini dengan kemasan produk yang menarik Kurmo Jowo buatan Ibu Endah telah di pasarkan dimana-mana, mulai dititipkan di toko oleh-oleh hingga beberapa toko ritel moderen di Bojonegoro.

"Untuk satu kemasan 100 gram yang dijual ditoko oleh-oleh dengan harga eceran 11 ribu sampai 13 ribu, dan ada harga spesial 10 ribu untuk pembelian grosir di atas 1 (satu) lusin," pungkasnya.

Perlu diketahui bagi yang ingin melakukan pemesanan bisa langsung menghubungi melalui media sosial Instagram @Kurmojowo_tomat atau berkunjung langsung ke rumah produksi di Gang Payung Desa Mojodeso Kecamatan Kapas. [mis/lis]

Tag : KURMA, khas, jawa, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat