15:00 . Romo Muslich: 3 Persoalan untuk Merubah Bojonegoro di Masa Depan   |   15:00 . Kuliah Umum di Udayana, SKK Migas Bahas Peran Hulu Migas untuk Energi Nasional   |   14:00 . Lucu dan Menggemaskan, Bayi Jadi Rebutan Netizen   |   13:00 . Viral disosmed, Gadis Diduga Ibu Bayi di Sumberarum, Polisi: Kami Masih Menyelidiki   |   12:00 . Tokoh-tokoh Nasional Asal Bojonegoro Jadi Pemateri di Kajian Sor Keres   |   10:00 . Ya Allah, Baru Lahir Bayi Perempuan Ditinggal di Bawah Pohon di Desa Sumberarum   |   08:00 . Tak Cuma Bobol Akun Medsos 24 Kru Narasi, Twitter Mata Najwa Ikut jadi Target Hacker   |   07:00 . Penting! Jangan Lewatkan Sesi Pemanasan dan Pendinginan saat Olahraga, Ini Manfaatnya   |   18:00 . Capaian IPM Bojonegoro Meningkatkan Hingga 23,60 Persen   |   16:00 . Tersapu Angin, Rumah dan Atap Sekolah di Ngasem Roboh   |   14:00 . Berikut Petunjuk Praktis Menghadapi Musim Penghujan dari BNPB   |   09:00 . Pembebasan Lahan untuk Bendung Gerak Karangnongko Tunggu Appraisal   |   08:00 . Asah Skill Menulis, HMP PAI UNUGIRI Adakan Seminar Pembuatan Makalah   |   07:00 . Tanya Seksolog: Dok, Kenapa Ukuran Payudara Kanan dan Kiri Berbeda?   |   18:00 . Minibus Seruduk Truk di Baureno, 3 Orang Meninggal di Tempat   |  
Tue, 27 September 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Manfaatkan Potensi Lokal, Mahasiswa Unugiri Olah Pepaya Jadi Camilan Bernilai Jual

blokbojonegoro.com | Friday, 11 February 2022 16:00

Manfaatkan Potensi Lokal, Mahasiswa Unugiri Olah Pepaya Jadi Camilan Bernilai Jual Mahasiswa Unugiri menginisiasi pembuatan cemilan dari pepaya. (Lina/blokbojonegoro.com)

 

Kontributor: Maulina Alfiyana

blokbojonegoro.com - Pepaya merupakan salah satu buah yang bisa dijadikan sebagai olahan makanan beraneka ragam, salah satunya adalah keripik pepaya. Walaupun keripik pepaya telah lama dikenal, namun distribusi pemasarannya masih skala lokal, akibatnya keripik pepaya kurang begitu dikenal oleh masyarakat.

Melihat peluang ini, mahasiswa KKN Tematik Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (Unugiri) Bojonegoro yang bermukim di Desa Semambung, Kecamatan Kanor berinovasi mengembangkan keripik pepaya menjadi salah satu alternatif makanan sehat.

Dani Yusuf Bahtiar, Ketua Kelompok KKN Tematik UNUGIRI Desa Semambung mengatakan, pemanfaatan buah pepaya ini merupakan hasil observasi dari mahasiswa KKN di Desa Semambung. "Kami melihat banyak pohon pepaya di pekarangan rumah dan area persawahan penduduk yang belum sepenuhnya dimanfaatkan dengan baik. Maka dengan itu kami berinisiatif bagaimana caranya buah pepaya dapat diolah menjadi makanan yang sehat dan memiliki nilai jual tinggi," jelas Mahasiswa Teknik Informatika tersebut.

Lebih lanjut, pembuatan keripik pepaya merupakan salah satu kreasi pangan sehat yang diharapkan bisa membantu mendongkrak ekonomi sekaligus menjadi pemenuhan nilai gizi untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

Pemberdayaan ini tidak hanya memberikan bekal pelatihan kepada masyarakat dalam pembuatan keripik pepaya, namun juga memberikan informasi mengenai strategi pemasaran dan tentunya ketrampilan produksi untuk menjual.

"Sesuai tema yang diangkat dalam KKN Unugiri tahun ini terkait pencegahan Covid-19 dan pemulihan ekonomi, maka dengan adanya pemberdayaan ini diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk memanfaatkan hasil alam secara optimal. Salah satunya dengan mengolah buah pepaya menjadi produk olahan makanan bernilai jual ekonomi yang secara langsung dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat," tegasnya. 

Sementara itu Kepala Desa Semambung, Neny Rachmawati sangat mengapresiasi hasil pemberdayaan buah pepaya mahasiswa KKN Unugiri di desanya. Menurut Neny, kehadiran mahasiswa sangat membantu desa dalam mengembangkan potensi yang dimiliki.

Dia berharap kegiatan ini dapat menginspirasi masyarakat Desa Semambung untuk terus berkarya dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada.

"Kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa KKN Unugiri ini sangat membantu desa dalam membangun ekonomi. Semoga hasil inovasi ini bisa dikembangkan menjadi produk unggulan masyarakat Desa Semambung," harap Neny. [lin/col]

 

Tag : Cemilan, olahan, pepaya



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat