18:00 . 11 Remaja Diringkus Polisi, Diduga Terlibat atas Kematian Remaja di Bojonegoro   |   17:00 . Golkar Bojonegoro Manuver ke Wahono-Nurul, Batal Usung Anna Muawanah   |   15:00 . DPP PBB Turut Berikan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   07:00 . Kehadiran Agen BRILink Permudah Transaksi Keuangan Masyarakat di Desa   |   14:00 . 120.687┬áTon Alokasi Pupuk Subsidi untuk Bojonegoro, Sebagian Belum Tersalurkan   |   13:00 . Ketika Bakso Pangkalan Makin Modern Bayarnya Bisa Pakai QRIS   |   09:00 . Dikenal Ulet, Pedagang Kelontong New Pasar.id Banjarejo Dapat Reward dari BRI   |   08:00 . Pelaku Usaha Terbantu Berkat KUR BRI, Kini Punya 5 Cabang Laundry di Bojonegoro   |   22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   13:00 . Keren Masyarakat Bisa Bayar Mudah Pakai QRIS di Pekan Bojonegoro Thengul Internasional Folklore Festival 2024   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   19:00 . Opening Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |  
Tue, 23 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sambal Ale Bogo, Kuliner Khas Perdesaan Digemari Masyarakat Luas

blokbojonegoro.com | Monday, 23 May 2022 14:00

Sambal Ale Bogo, Kuliner Khas Perdesaan Digemari Masyarakat Luas Warga menikmati kuliner sambal Ale khas Desa Bogo

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Desa Bogo yang berada di Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro dikenal akan desa penghasil Ale (toge) di Bojonegoro. Bahkan sebagian masyarakat yang berada di RT 1 dan 2, sukses membudidayakan ale sebagai penghasilan sehari-hari.

Ketika berkunjung di Desa Bogo, persis di tepi jalan tampak terlihat jelas usaha rumahan Sambal Ale Kraozz. Lengkap dengan gubuk rumahan semi outdoor, ditambah asyiknya nuansa khas perdesaan.

Setiap harinya, puluhan pengunjung dari Bojonegoro hingga luar kota, berdatangan untuk mencicipi kuliner khas perdesaan. Dengan lauk yang bervariasi dan lengkap sajian sambal beserta Ale.

Pemilik kuliner sambal Ale, Sutikno mengungkapkan, usaha kuliner khas pedesaan yang dilakoninya sejak 4 tahun. Bermula karena kegemarannya terhadap sambal Ale, serta banyaknya petani yang melakoni budidaya Ale di sekitar Desa Bogo.

"Bogo terkenal sentra Ale di Bojonegoro, bahkan sebagian petani  menjual Ale, hasil budidaya ke pasar tradisional. Sebelum jualan juga suka sambal Ale, munculah inovasi kuliner Ale," tutur Pak Tik.

Dalam sehari, untuk memenuhi permintaan pelanggan yang mampir mencicipi kuliner sambal Ale, Pak Tik menyediakan sebanyak 4 hingga 5 kilogram Ale, sekaligus 1 kilogram kecambah dalam sehari.

"Lebih banyak lagi saat weekend bisa sampai 8 kilogram sehari, itu baru di warung. Kalau di arena car free day bisa mencapai 25 kilogram untuk produksi sambal," ucapnya.

Menurut Pak Tik, menu kuliner sambal Ale yang ia sediakan bagi para pelanggan cukup beragam. Di antaranya sambal Ale Panggang Pe, Sambal Ale Pindang, Sambal Ale Tenggiri, Sambal Ale Bebek, Sambal Ale Ikan Teri hingga aneka sambal kecambah beserta sajian lauk-pauk.

Menu kuliner yang disediakan dibandrol dengan harga yang cukup relatif, yakni antara Rp10.000 hingga Rp40.000 per porsi. Ditambah aneka minuman segar seharga Rp3.000 hingga Rp5.000.

"Sajian menu kita khasnya itu Sambal Ale, tetapi ada tambahan lauk pauk sesuai selera konsumen. Nasinya bisa milih sesuai porsi, ada nasi putih dan nasi jagung yang dibungkus daun jati supaya lebih terasa khas perdesaan," imbuh Sutikno.

Untuk memenuhi permintaan konsumen yang datang baik dari Bojonegoro maupun luar Bojonegoro. Pak Tik, tak serta-merta sendiri, ia dibantu oleh 12 karyawan untuk melakukan produksi Sambal Ale. Menariknya, belasan karyawan tersebut merupakan tetangga desa.

"Saya jualan nggak cuma untuk sendiri, tetapi juga turut serta membantu perekonomian warga. Termasuk untuk mengentaskan pengangguran. Harapannya, kuliner Sambal Ale khas Desa Bogo ini bisa dikenal luas oleh masyarakat," tutupnya. [liz/lis]

 

 

 

 

 

Tag : sambal, ale, khas



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat