17:00 . Ibadah Apa yang Dianjurkan Rasulullah di Malam Jumat?   |   16:00 . SKK Migas Akan Kembali Menggelar Konvensi Hulu Migas   |   15:00 . Pasutri Curanmor yang Tertangkap di Balen, Divonis Dua Tahun Penjara   |   13:00 . PT Pertamina EP Sukowati Field Meraih Penganugerahan Piala PSBE dari Direktorat Jenderal EBTKE Kementerian ESDM   |   12:00 . Wakil Menteri Hukum dan HAM RI Kunker di Lapas IIA Bojonegoro   |   09:00 . Disperinaker; 1.625 Tenaga Kerja Masih Aktif Bekerja di Proyek JTB   |   08:00 . Harga Tembakau Rajang Kering Tinggi, Petani Sumringah   |   07:00 . 5 Cara untuk Menghentikan Kebiasaan Anak Menggigit Kuku   |   19:00 . Prgoram Pengembangan Masyarakat Selesai, EMCL Gandeng PC GP Ansor Serahkan ke Desa   |   18:00 . Diserahkan ke Dinsos Jatim, Bayi Mungil Diberi Nama Hilya Qonita   |   16:00 . Usai Telur dan Cabai, Kini Harga Daging Ayam Kompak Turun   |   15:00 . Pemuda Asal Temayang Sukses Lestarikan Batik Tulis   |   14:00 . ISTeK ICsada Bojonegoro Gelar Diseminasi Program Aku Sehat 2022   |   13:00 . Satlantas Polres Bojonegoro Gelar Sosialisasi Operasi Zebra bersama FKOB   |   07:00 . Bakteri Jahat atau Jamur, Mana yang Lebih Sering Menyebabkan Masalah Kulit Wajah Anda?   |  
Thu, 06 October 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sambal Ale Bogo, Kuliner Khas Perdesaan Digemari Masyarakat Luas

blokbojonegoro.com | Monday, 23 May 2022 14:00

Sambal Ale Bogo, Kuliner Khas Perdesaan Digemari Masyarakat Luas Warga menikmati kuliner sambal Ale khas Desa Bogo

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Desa Bogo yang berada di Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro dikenal akan desa penghasil Ale (toge) di Bojonegoro. Bahkan sebagian masyarakat yang berada di RT 1 dan 2, sukses membudidayakan ale sebagai penghasilan sehari-hari.

Ketika berkunjung di Desa Bogo, persis di tepi jalan tampak terlihat jelas usaha rumahan Sambal Ale Kraozz. Lengkap dengan gubuk rumahan semi outdoor, ditambah asyiknya nuansa khas perdesaan.

Setiap harinya, puluhan pengunjung dari Bojonegoro hingga luar kota, berdatangan untuk mencicipi kuliner khas perdesaan. Dengan lauk yang bervariasi dan lengkap sajian sambal beserta Ale.

Pemilik kuliner sambal Ale, Sutikno mengungkapkan, usaha kuliner khas pedesaan yang dilakoninya sejak 4 tahun. Bermula karena kegemarannya terhadap sambal Ale, serta banyaknya petani yang melakoni budidaya Ale di sekitar Desa Bogo.

"Bogo terkenal sentra Ale di Bojonegoro, bahkan sebagian petani  menjual Ale, hasil budidaya ke pasar tradisional. Sebelum jualan juga suka sambal Ale, munculah inovasi kuliner Ale," tutur Pak Tik.

Dalam sehari, untuk memenuhi permintaan pelanggan yang mampir mencicipi kuliner sambal Ale, Pak Tik menyediakan sebanyak 4 hingga 5 kilogram Ale, sekaligus 1 kilogram kecambah dalam sehari.

"Lebih banyak lagi saat weekend bisa sampai 8 kilogram sehari, itu baru di warung. Kalau di arena car free day bisa mencapai 25 kilogram untuk produksi sambal," ucapnya.

Menurut Pak Tik, menu kuliner sambal Ale yang ia sediakan bagi para pelanggan cukup beragam. Di antaranya sambal Ale Panggang Pe, Sambal Ale Pindang, Sambal Ale Tenggiri, Sambal Ale Bebek, Sambal Ale Ikan Teri hingga aneka sambal kecambah beserta sajian lauk-pauk.

Menu kuliner yang disediakan dibandrol dengan harga yang cukup relatif, yakni antara Rp10.000 hingga Rp40.000 per porsi. Ditambah aneka minuman segar seharga Rp3.000 hingga Rp5.000.

"Sajian menu kita khasnya itu Sambal Ale, tetapi ada tambahan lauk pauk sesuai selera konsumen. Nasinya bisa milih sesuai porsi, ada nasi putih dan nasi jagung yang dibungkus daun jati supaya lebih terasa khas perdesaan," imbuh Sutikno.

Untuk memenuhi permintaan konsumen yang datang baik dari Bojonegoro maupun luar Bojonegoro. Pak Tik, tak serta-merta sendiri, ia dibantu oleh 12 karyawan untuk melakukan produksi Sambal Ale. Menariknya, belasan karyawan tersebut merupakan tetangga desa.

"Saya jualan nggak cuma untuk sendiri, tetapi juga turut serta membantu perekonomian warga. Termasuk untuk mengentaskan pengangguran. Harapannya, kuliner Sambal Ale khas Desa Bogo ini bisa dikenal luas oleh masyarakat," tutupnya. [liz/lis]

 

 

 

 

 

Tag : sambal, ale, khas



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 03 October 2022 18:00

    Santri Al Manshur Bulu Dilatih Menulis Artikel

    Santri Al Manshur Bulu Dilatih Menulis Artikel Guna menyiapkan santri terampil menulis, Pondok Pesantren (PonPes) Al-Manshur yang beralamat di Jalan Masjid Nomor 1, Dukuh Bangle Rt. 01 Rw 11, Desa Bulu, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro mengadakan pelatihan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat