08:00 . Heboh, Polsek Kedungadem Sulap Mobil Patroli Jadi Kendaraan Baksos Sayur Gratis   |   22:00 . Geger! Warga Bojonegoro Temukan Mayat Wanita di Persawahan   |   18:00 . Lebaran 2024, BI Siapkan Rp 197,6 Triliun Uang Tunai   |   17:00 . Dokter Muda di Bojonegoro Meninggal Usai Kecelakaan dengan Pikap   |   15:00 . BUMDes Mekar Bimo Ngunut Suplai Air Bersih Bagi Ratusan KK   |   13:00 . Kurang Konsentrasi, Tiga Truk Terlibat Laka Beruntun di Bojonegoro   |   19:00 . Kolaborasi Antar Prodi, HMP BSA dan HMP PBI Adakan Kemah Bahasa   |   18:00 . Puluhan Santri Studi di ICW dan Kunjungi D'Konco Cafe Bojonegoro   |   17:00 . Polisi Lakukan Rekonstruksi Ulang Meninggalnya Pelajar di Bojonegoro   |   16:00 . 316 Madrasah Ditargetkan Akreditasi, Paling Banyak RA   |   15:00 . Ribuan Warga Bojonegoro Serbu Beras Murah SPHP   |   14:00 . Denny Caknan Batal Konser di Bojonegoro, Gegara Kasus Pengeroyokan?   |   13:00 . Mahasiswi PAI UNUGIRI Bojonegoro Juara Nyanyi Bahasa Jawa   |   11:00 . Bhakti Masyarakat Mahasiswa FKMB UIN Sunan Ampel Surabaya   |   09:00 . Ada Polisi, Balap Liar Ngumpet di Kuburan   |  
Wed, 28 February 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

BRI Fellowship Journalism 2023

Wisata Puthuk Kreweng Terapkan Digitalisasi, Promosi Sosmed Hingga Pembayaran

blokbojonegoro.com | Tuesday, 23 May 2023 20:00

Wisata Puthuk Kreweng Terapkan Digitalisasi, Promosi Sosmed Hingga Pembayaran

Reporter : Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Objek wisata alam buatan yang dikelola oleh LMDH Wono Langgeng dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Bumi Rahayu. Yang dikenal dengan sebutan Puthuk Kreweng secara geografis terletak di Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro.

Puthuk Kreweng ini dulunya merupakan kawasan tanjakan yang sering dijadikan area trek bermain motor trail oleh para crosser. Atas inisiasi Kepala Desa Mojodelik, Yuntik Rahayu turut menghibahkan gajinya sebagai Kepala Desa selama satu periode dan uang pribadi. Dan dibangunlah wana wisata Puthuk Kreweng.

Seiring majunya perkembangan zaman, kini pihak Wisata Puthuk Kreweng sendiri menerapkan pembayaran retribusi non tunai menggunakan QRIS. Inovasi ini dilakukan untuk menaikkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi objek wisata tersebut.

"Pengunjung yang masuk kita tarik tarif Rp 10.000, pembayaran selain menggunakan tunai juga bisa cashless. Karena lebih mudah, masing-masing sistem pembayaran akan terintegrasi ke dalam satu kode QR,"ungkap Kades Mojodelik.

Sempat Alami Kendala, Lalu Bangkit

Dalam proses pembangunannya, destinasi Wisata Puthuk Kreweng mengalami berbagai kesulitan. Salah satunya yaitu longsor beberapa kali, karena tekstur tanah yang gembur setelah terkena hujan dan air sungai yang meluap.

Untuk mengatasinya, pengelola melakukan bronjong di area wisata sebagai langkah represif. Selain itu, dengan dukungan dari masyarakat dan berbagai pihak.

"Kemudian melakukan usaha preventif jangka panjang dengan cara menanam pohon mojo, trembesi dan berbagai tanaman hias. Dengan harapan tidak terjadi longsor lagi di masa mendatang, khususnya ketika musim hujan tiba," ucapnya.

Gencar Melakukan Promosi Wisata Agar Dikenal Masyarakat Hingga Taraf Ekonomi Naik

Usai diresmikan tahun 2021 lalu, pihak wana wisata makin gencar dan aktif mempromosikan melalui sosial media. Seperti instagram, facebook dan YouTube. Dengan harapan wisata alam buatan ini dikenal luas oleh masyarakat tak hanya sekitar Bojonegoro.

Di wisata ini, juga menyediakan beragam fasilitas penunjang untuk menarik minat pengunjung. Diantaranya sirkuit trail dan off-road, ATV, flying fox, kereta anak-anak, pendopo pertemuan, semayan ngafe, gazebo untuk istirahat dan taman bunga hingga kolam renang.

"Bahkan, dari berbagai kelompok masyarakat dan partisipasi dari ibu-ibu rumah tangga juga mulai membuat olahan kuliner rica-rica, kerajinan topeng ganong yang diinisiasi oleh para pemuda desa. Nantinya hasil tersebut dapat menaikkan taraf ekonomi warga sekitar," tutur Kades Mojodelik.

Kriteria Penunjang Desa Brillian

Terus bergerak untuk kemajuan perekonomian desa. Rupanya jargon tersebut selalu tertanam dalam jiwa dan raga. Di tahun 2021, berkat inovasinya wisata Punthuk Kreweng berhasil menorehkan prestasi 15 besar Desa Brillian Batch 2 yang diadakan oleh CSR Bank Plat Merah di Indonesia.

Namun ada beberapa kriteria penunjang yang dilalui Desa Mojodelik. Diantaranya mengunggah administrasi manajemen dan kelembagaan, baik dari pihak BUMDes maupun Pemerintah Desa (Pemdes) berupa inovasi, digitalisasi dan presentasi dari Kepala Desa.

"Program desa brilian merupakan sebuah program bagi desa binaan BRI yang memiliki seluruh atau kombinasi dari empat aspek utama. Mulai dari BUMDes aktif sebagai penggerak ekonomi desa, digitalisasi yang terimplementasi di desa yang menggunakan produk BRI (brilink, web pasar hingga stroberi),"tambah Kades Yuntik.

Selanjutnya, berupa aspek inovasi sebagai desa kreatif yang memecahkan masalah kemasyarakatan dan sosial desa. "Terakhir adalah sustainability sebagai desa yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui sektor usaha unggulan," bebernya.

Terpisah, Kepala Unit BRI Gayam, Feriez Andika Lutviandi menambahkan, di wilayah binaan BRI Unit Gayam sendiri terdapat 10 desa untuk kluster UMKM, namun 2 UMKM baru berjalan hingga wilayah Nasional.

Sementara itu, untuk desa brilliant di Kecamatan Gayam terdapat 2 desa yang masuk kategori. Termasuk Desa Mojodelik yang menyuguhkan keindahan wisata Punthuk Kreweng sebagai sumber ekonomi warga sekitar.

"Yang kita angkat sektor pariwisata yaitu Punthuk Kreweng, penilaian desa brilliant sendiri meliputi pengembangan ekonomi lokal melalui BUMDes, inovasi. Hingga digitalisasi pemasaran dan keuangan," pungkasnya. [liz//ito]

Tag : wisata, puthuk kreweng, gayam, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat