18:00 . Rangkaian HAB Kemenag, Ribuan Peserta Ikuti Jalan Sehat Bareng Kemenag   |   14:00 . Polres Bojonegoro Bakal Gelar Operasi Pekan Depan, Ini Sasarannya!   |   12:00 . Berjalan Alot, Rekapitulasi Suara Pemilu Tingkat Kabupaten di Bojonegoro Makan Waktu 5 Hari   |   11:00 . Operasi Keselamatan 2024, Kapolres: Patuhi Aturan Lalu Lintas   |   09:00 . Jalan Bergelombang Kota Migas Makan Korban Truk Permen   |   18:00 . Bawaslu Bojonegoro Temukan Dugaan Pergeseran Suara di 120 TPS   |   16:00 . Suara Abdullah Umar Meroket, Potensi Kembali Duduki Ketua DPRD Bojonegoro   |   13:00 . Jumat Ceria, Polsek Kedungadem Baksos Kunjungi Rumah-Rumah   |   13:00 . Jalan Gelombang, Truk Muatan Permen Terguling   |   22:00 . KPU Bojonegoro Selesaikan Rekapitulasi Suara Pemilu   |   21:00 . Buat Acara Ngak Ribet, di D'Konco Cafe Saja   |   20:00 . Mama-Mama Ceria, Arisan di D'Konco Cafe   |   18:00 . Kocak! Bawa Jimat Anti Tilang, Pemotor di Bojonegoro Tetap Ditilang Polisi   |   15:00 . Kepala dan Sekretaris BPBD Bojonegoro Dimutasi, Ini Penggantinya!   |   13:00 . 28 Pejabat Administrator di Pemkab Bojonegoro Dimutasi, Ini Daftarnya!   |  
Sat, 02 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kaleidoskop

Anggaran Revitalisasi Trotoar Setahun Capai Rp30 Miliar

blokbojonegoro.com | Saturday, 09 December 2023 10:00

Anggaran Revitalisasi Trotoar Setahun Capai Rp30 Miliar

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Tahun 2023 akan dicatat sebagai tahun perjalanan yang baik bagi Kabupaten Bojonegoro. Sebab ruas jalan protokol Bojonegoro, tampil dengan wajah baru.

Kepala Bidang (Kabid) Prasarana, Sarana, dan Utilitas (PSU) DPKPCK Bojonegoro Iwan Maulana menegaskan, sepanjang tahun 2023 ini DPKPCK telah melakukan revitalisasi sebanyak 5 trotoar di ruas protokol Kota Bojonegoro. 

Diantaranya sepanjang Jalan Teuku Umar, Jalan Pahlawan, Jalan Basuki Rahmad, Jalan dr. Cipto hingga Jalan Hasyim Ashari. 

"Tujuannya untuk mempercantik tatanan kota dan memperbesar saluran agar tidak terjadi banjir saat musim hujan," ungkap Iwan Maulana. 

Selain itu, juga dilakukan penanaman pohon yang diproyeksikan sebagai peneduh. Lanjut Iwan, sebagai tatanan smart city. Tampak di beberapa poros trotoar juga sudah menerapkan adanya guiding block atau penunjuk arah bagi pejalan kaki penyandang disabilitas. 

Ada dua tipe tekstur timbul pada trotoar. Pertama, line type atau garis-garis memiliki arti untuk jalan terus. Kedua, spot type atau titik-titik yang memiliki arti berhenti atau ada persimpangan jalan pada trotoar.

"Warna kuning pada trotoar diperuntukkan bagi penyandang tunanetra low vision atau bagi penglihatan rendah," ucapnya. 

Selain proyeksi pohon peneduh hingga poros trotoar. Rupanya juga terdapat bangku panjang yang dipergunakan untuk sekedar bersantai. Namun, masing-masing bangku memiliki ukuran yang berbeda. 

"Sepanjang Jalan Teuku Umar panjang ruasnya 1 kilometer, lalu di Jalan Basuki Rahmad sepanjang 800 meter. Memasuki Jalan Dr. Cipto dan Jalan Pahlawan sepanjang 300 meter, hingga Jalan KH. Hasyim Ashari 200 meter," tambah Iwan Maulan. 

Disinggung terkait anggaran proyek drainase selama setahun. Lima proyek trotoar tersebut, totalnya mencapai Rp 30 miliar. Dan rekanan proyek trotoar tersebut berasal dari Bojonegoro, Gresik serta Surabaya. 

"Tahun 2024 juga akan di proyeksikan untuk revitalisasi. Namun untuk lokasi masih belum ditentukan alias belum pasti, harapannya pembangunan trotoar dapat meningkatkan perekonomian dan menuju Bojonegoro Smart City," tukasnya.[liz/mu]

 

Tag : Trotoar, anggaran bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat