17:00 . Diserbu, Bazar Alumni Attanwir Resmi Buka   |   16:00 . Libur Sekolah yang Bermakna: Momentum Membangun Karakter, Kreativitas dan Produktivitas Anak   |   10:00 . Jari Nusa Munculkan Nama Ahmad Mukhtarul Huda: Kandidat Kuat Pilkada Bojonegoro   |   09:00 . Tangis Haru Sambut Kepulangan Jemaaah Haji Bojonegoro   |   15:00 . Ditinggal Bimtek, Rumah Anggota PPS di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   14:00 . Target Transisi Energi Terancam Tidak Tercapai, ini Sebabnya...   |   12:00 . Minggu Sore, Bazar Alumni Attanwir Mulai   |   11:00 . UNUGIRI Masuk 10 Kampus NU Terbaik 2024 Berdasarkan Peringkat SINTA Score   |   09:00 . Kepala Bappeda Bojonegoro Pilih Membisu saat Disinggung Perencanaan Mobil Siaga   |   06:00 . Sambung Sanad Ponpes Attanwir: PCNU Gresik Akui Istimewa   |   20:00 . Ratusan Alumni Ikuti Sambung Sanad Ponpes Attanwir ke Gresik   |   18:00 . Bersiap, Besok PDAM di Kedungadem dan Sebagian Sugihwaras Mati   |   17:30 . Meriahnya Sambung Sanad Ponpes Attanwir   |   17:00 . Stakeholders Day 2024, KPPN Bojonegoro Beri Penghargaan Operator Terbaik   |   16:30 . Ratusan Alumni Attanwir di Pesarean KH. Moh. Sholeh   |  
Sun, 23 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kisah Suraji, Abdikan Diri Ajar Anak-Anak Berkebutuhan Khusus

blokbojonegoro.com | Friday, 19 January 2024 19:00

Kisah Suraji, Abdikan Diri Ajar Anak-Anak Berkebutuhan Khusus

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Menjadi seorang pengajar bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) merupakan pekerjaan mulia sekaligus menantang. Mereka pun dituntut untuk dapat menghidupkan pembelajaran melalui metode pembelajaran yang beragam.

Salah satunya dengan aktif menghadirkan media pembelajaran. Hal tersebut dirasakan oleh salah satu pengajar di SLB Negeri Sugihwaras, Suraji (27), alumnus PLB Universitas Negeri Malang.

Sebelumnya ketika lulus kuliah di tahun 2019 ia mencoba peruntungan nasib, yaitu menaruh surat lamaran di SLB Negeri Sugihwaras. Karena memang saat itu adalah output dari jurusan yang ditekuni semasa berkuliah. 

Bahkan ia mengaku, Mulanya sempat menemukan kendala dalam mengaplikasikan teori maupun keilmuan yang pernah diterapkan di SLB yang berada di Kota. Pertama kurang lebih sudah berbeda kultur/budaya. namun secara penanganan anak, menurutnya tidak ada hambatan

"Di SLB Negeri Sugihwaras ini beragam disabilitas. Mulai netra, hambatan pendengar, intelektual, fisik dan autis," ungkap Pemuda yang akrab disapa Aji kepada blokBojonegoro.com

Namun dengan penerapan kurikulum merdeka yang saat ini di gaungkan oleh Pemerintah. Tentunya, sebagai seorang pendidik harus memilik kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran di sekolah.

Salah satunya pembelajaran yang biasa diterapkan, juga tentunya memiliki variasi yang beragam. Seperti pemanfaatan Teknologi Informasi, pemanfaatan lingkungan dan pemanfaatan media pembelajaran yang ada di sekolah. 

"Intinya seorang pendidik harus pro-aktif dan kreatif. Supaya pembelajaran itu tidak membosankan dan mudah diterima siswa," ujar pemuda asal Desa Balongrejo, Sugihwaras. 

Disinggung terkait metode pembelajaran yang digunakan oleh beberapa penyandang difabel, menurutnya terdapat beberapa perbedaan. Seperti siswa penyandang disabilitas netra yang menggunakan pembelajaran dengan metode ceramah, lalu hambatan pendengaran cenderung menggunakan metode visual dan penjelasan kata benda. 

Sedangkan hambatan intelektual menggunakan metode pembelajaran seperti siswa pada sekolah reguler. Namun materi yang disampaikan perlu di sederhanakan, untuk cerebral palsy menggunakan 2 penanganan. 

"Pertama jika tidak ada hambatan pembelajaran pada umumnya, jika ada hambatan seperti intelektual maka materi yang disampaikan perlu disederhanakan," jelasnya. 

Ia berharap, ke depannya lembaga tempatnya mengabdi bisa membagikan ilmu dan memberikan pelayanan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus secara menyeluruh. Terutama bagi kemajuan pendidikan di Indonesia. 

"Kepada para orang tua, kekurangan dan kelebihan seorang anak merupakan anugerah. Karena itu, setiap anak layak mendapat pendidikan yang baik," pesan Alumnus PLB Universitas Negeri Malang. [liz/lis]

 

 

Tag : pelajar, slb, disabilitas



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat