18:00 . Pakar Stikosa AWS: Gen Z dalam Pilkada 2024 Jangan hanya Dijadikan Obyek!   |   10:00 . Pamit Berjemur di Depan Rumah, Pria di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Irigasi   |   09:00 . Polsek Kapas Sita Belasan Liter Miras saat Razia   |   08:00 . Klinik Aswaja, dari Forum Konsultasi Mahasiswa Unugiri Hingga 'Nguri-Nguri' Ngaji   |   21:00 . Kejari Periksa 150 Kades di Bojonegoro Soal Mobil Siaga   |   20:00 . Rugby UNUGIRI Bojonegoro Raih Juara 3 Kejurnas Mahasiswa di Surabaya   |   19:00 . Lomba Mewarnai, Ramaikan Harlah YPSPP Ulul Albab Plesungan   |   18:00 . Presiden Jokowi Teken PP Nomor 21 Tahun 2024 tentang Tapera   |   17:00 . Berantas Rokok Ilegal, Satpol-PP Jatim Sosialisasi di Bojonegoro   |   14:00 . Selama Penyidikan, Kejari Periksa 150 Kades di Bojonegoro Soal Mobil Siaga   |   10:00 . KPU Bojonegoro Lantik 1.290 PPS untuk Pilkada 2024   |   09:00 . Sebuah Pesan untuk Guru dan Siswa   |   08:00 . Jamaah Haji Meninggal di Masjidil Haram, Kemenag Bojonegoro Kunjungi Rumah Duka   |   07:00 . Kenakan Pakaian Adat, MIN 1 Bojonegoro Lepas 159 Siswa   |   20:00 . Gali Potensi Istimewa Mahasiswa, BEM KM UNUGIRI Adakan Kajian Filsafat   |  
Thu, 30 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024

blokbojonegoro.com | Monday, 22 April 2024 15:00

44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024 Kepala Dinpora Bojonegoro, Amir Syahid saat membuka acara. (Foto: blokBojonegoro.com/Rizki)

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Setelah pendaftaran ditutup pada 17 April 2024, total ada sebanyak 44 pemuda-pemudi Bojonegoro yang mengikuti seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024, Senin (22/4/2024).

Tampak peserta yang datang, membawa perlengkapan dan penampilan sesuai dengan bidang masing-masing, mulai Bidang Inovasi Teknologi Pangan, Pendidikan, Seni Budaya, serta Sumber Daya Alam, Lingkungan dan Pariwisata.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dinpora) Kabupaten Bojonegoro, Amir Syahid dalam kesempatan membuka pelaksanaan seleksi tersebut, menyampaikan selamat kepada para perserta yang sudah mendaftar dan mengikuti seleksi pada hari ini.

"Saya melihat wajah-wajah optimis dari semua peserta. Terlepas dari penilaian para juri yang belum dilakukan, kalian sudah menjadi pelopor dari masyarakat di bidang masing-masing yang berani untuk menyuarakan keinginan dan cita-cita memberikan dampak positif dan manfaat kepada masyarakat," ucap Amir dalam sambutannya.

Salah satu peserta asal Kecamatan Margomulyo, mempresentasikan karyanya di bidang Inovasi Teknologi (Foto: blokBojonegoro.com/Rizki)

Terpisah, terkait tahapan proses seleksi, Kepala Bidang Kepemudaan Dinpora Bojonegoro, Flora Agrishinta menjelaskan, sejak dibuka dan seleksi administrasi pada 1 Februari hingga 17 April 2024, total ada 44 peserta perwakilan hampir setiap kecamatan di Bojonegoro.

"Sebelum seleksi hari ini, kami sudah melaksanakan Talkshow dan Sharing Session Duta Pemuda Pelopor Tingkat Kabupaten Bojonegoro tahun 2024 pada 29 Januari lalu. Kemudian, peserta yang sudah mendaftar, diberikan bekal Coaching Clinic pada Rabu (17/4/2024) lalu, dan mengikuti Tehnical Meeting pada Jumat (19/4/2024) kemarin," ulas Flora.

Berikutnya, usai pelaksanaan seleksi hari ini dari 44 peserta dipilih 15 kandidat terbaik, kemudian akan dilakukan penilaian lapangan atau Fact Finding untuk menentukan terbaik 1, 2, dan 3 pada masing-masing kepeloporan pada 24 April 2024 lusa.

"Untuk juara 1 dari masing-masing bidang, nanti juga akan dikirim untuk mengikuti seleksi Duta Pemuda Pelopor Provinsi Jawa Timur, yang terakhir pendaftarannya tanggal 2 Mei 2024," tutur Flora.

Salah satu peserta penyandang disabilitas Teman Tuli, saat mempresentasikan potensinya di bidang Pendidikan sebagai seorang Guru Tuli. (Foto: blokBojonegoro.com/Rizki)

Dalam proses seleksi, masing-masing peserta yang sudah menyerahkan proposal sebelumnya dalam proses pendaftaran, berdiri di hadapan juri dan peserta lainnya untuk mempresentasikan bidang kepeloporannya. Setelah presentasi, peserta akan mendapatakan pertanyaan dan masukan dari para dewan juri.

Hadir sebagai juri dalam kegiatan ini dari unsur Dinas, Akademis, dan Pemuda Pelopor Nasional, yakni Kabid Kepemudaan Dinpora Bojonegoro, Flora Agrishinta, S.Pd., M.Si. : Dosen Fakultas Vokasi Universitas Airlangga Surabaya, Dr. Sri Endah Nurhayati., S.Sos., M.Si. ; Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Bojonegoro/Sekretaris Forum Pemuda Pelopor Bojonegoro, M. Rizqi Agustino, S.Kom, MBA. ; Pemida Pelopor Tingkat Nasional Bidang Pangan Tahun 2015, Rahmad Yogi Samanta; dan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Tahun 2020 Bidang Pangan/Ketua Forum Pemuda Pelopor Bojonegoro, Agitya Kritantoko, SE.

Adapun aspek penilaian dalam ajang ini meliputi Kepemimpinan, Kreativitas, Keuletan, Dampak Positif, dan Kepribadian. [riz/red]

Tag : dinpora, bojonegoro, duta, pemuda pelopor, seleksi, tahapan, duta pemuda pelopor bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat