15:00 . Ditinggal Bimtek, Rumah Anggota PPS di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   14:00 . Target Transisi Energi Terancam Tidak Tercapai, ini Sebabnya...   |   12:00 . Minggu Sore, Bazar Alumni Attanwir Mulai   |   11:00 . UNUGIRI Masuk 10 Kampus NU Terbaik 2024 Berdasarkan Peringkat SINTA Score   |   09:00 . Kepala Bappeda Bojonegoro Pilih Membisu saat Disinggung Perencanaan Mobil Siaga   |   06:00 . Sambung Sanad Ponpes Attanwir: PCNU Gresik Akui Istimewa   |   20:00 . Ratusan Alumni Ikuti Sambung Sanad Ponpes Attanwir ke Gresik   |   18:00 . Bersiap, Besok PDAM di Kedungadem dan Sebagian Sugihwaras Mati   |   17:30 . Meriahnya Sambung Sanad Ponpes Attanwir   |   17:00 . Stakeholders Day 2024, KPPN Bojonegoro Beri Penghargaan Operator Terbaik   |   16:30 . Ratusan Alumni Attanwir di Pesarean KH. Moh. Sholeh   |   16:00 . Berikut Skema Pemulangan Jemaah Haji Bojonegoro Pekan Depan   |   15:00 . Sedih, Begini Isi Surat Wasiat Milik Pria di Bojonegoro yang Diduga Tabrakkan Diri ke KA   |   14:00 . Diduga Bunuh Diri, Pria Tanpa Identitas di Bojonegoro Tabrakan Diri ke Kereta Api   |   21:00 . Lawan Persebaya, Manajemen Persibo Bojonegoro Bakal Boyong Pemain Baru   |  
Sun, 23 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Inspiratif, Guru TK di Bojonegoro Berdayakan Perempuan Melalui Batik Sambiloto

blokbojonegoro.com | Monday, 03 June 2024 18:00

Inspiratif, Guru TK di Bojonegoro Berdayakan Perempuan Melalui Batik Sambiloto

Reporter: Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Seorang guru Taman Kanak-kanak (TK) asal Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Tatik berhasil memberdayakan perempuan sekitar melalui Batik Kembang Sambiloto.

Perempuan 51 tahun itu mengawali kisah inspiratifnya, saat Indonesia tengah dilanda Pandemi Covid-19, di mana saat itu, hampir seluruh sektor ekonomi mengalami keterpurukan. Namun, hal tersebut justru membuat Tatik bersemangat untuk bangkit.

Tatik bersama para emak-emak Desa Sambiroto yang saat itu, tak punya aktivitas selama pandemi, akhirnya mencoba untuk belajar membuat batik. Niat tersebut, dibarengi dengan support dari Pertamina EP Sukowati Field berupa Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM).

Selain tak memiliki aktivitas, Tatik berkeyakinan, meski dirinya bersama emak-emak tersebut, tak lagi muda, dia tak ingin kalah dengan para pengusaha yang sukses menggeluti usaha di usia muda.

"Hingga akhirnya ada kabar baik dari Pertamina EP di Bojonegoro digulirkan program pemberdayaan desa, sehingga bisa dimanfaatkan," ujar Tatik ditemui blokBojonegoro.com, Senin (3/6/2024).

Kesempatan tersebut, tentu dimanfaatkan dengan baik oleh Tatik dan kawan-kawannya. Bahkan, Tatik telah menorehkan 10 motif batik khas Bojonegoro, salah satu batik yang menjadi ikon di desanya, yakni Batik Kembang Sambiloto.

Tatik menceritakan, ditemukannya motif Batik Kembang Sambiloto itu, berawal dari banyaknya tanaman Sambiloto yang tumbuh di sepanjang jalan desanya. Sehingga, bunga tersebut dijadikan motif oleh kelompok batiknya.

“Karena di tempat kami banyak daun sambiloto di pinggir-pinggir jalan, sehingga mengispirasi saya untuk coba dibuat motif batik," terangnya.

Saat ini, 10 motif batik yang diciptakan telah mengantongi Hak Cipta Merek dari Dirjen Kekayaan Intelektual Kemenkumham. Sedangkan, penghasilan setiap kelompok yang didirikan, saat ini memiliki omzet Rp3,5 juta setiap bulannya.

“Alhamdulillah, saat ini pendapatan kelompok setiap bulannya rata-rata Rp3,5 juta,” pungkasnya.

Tak hanya itu, Kelompok Batik Sambiloto saat ini juga menjadi sasaran para siswa di Kota Migas (sebutan lain Bojonegoro) untuk melakukan outing class, sehingga para siswa dapat belajar membatik dari Tatik dan kelompoknya. [riz/red]

Tag : Batik, Sambiloto, Sambiroto, Kapas, Bojonegoro, Pertamina EP Sukowati Field



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat