21:00 . Wartawan Bojonegoro Lakukan Vaksinasi Dosis Pertama   |   20:00 . Ini Komentar Tetangga tentang Keseharian Terduga Teroris   |   18:00 . PGMI UNUGIRI Raih Akreditasi B Kategori Sangat Baik   |   17:00 . Kali Pacal Meluap Rumah Hingga Fasum di Ngadiluhur Terendam Banjir   |   16:00 . Satpol PP Gelar Tasyakuran Hari Ulang Tahun Ke-71   |   15:00 . Awak bB Sukseskan Vaksinasi untuk Tangkal Covid-19   |   14:00 . Puluhan Wartawan di Bojonegoro Ikuti Vaksinasi di Pendopo Malowopati   |   13:00 . Sepeda Masuk SPT Pajak, Begini Penjelasannya   |   12:00 . Bupati Tinjau Lokasi Terdampak Pasca Banjir Gondang   |   11:00 . Kesembuhan Covid-19 di Indonesia Terus Meningkat Menjadi 1.160.863 Orang   |   10:00 . Setahun Pandemi: Dampak Libur Panjang Jadikan Evaluasi   |   09:00 . Banjir Bandang Terjang Bojonegoro Selatan   |   08:00 . Meski Berada di Desa Pesanan Bordir Tembus Luar Daerah   |   07:00 . Awas, Kurang Paparan Lingkungan Hijau Tingkatkan Risiko ADHD pada Anak   |   06:00 . Kabupaten Bojonegoro Masuk Zona Kuning dengan Risiko Rendah   |  
Thu, 04 March 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bursa Inovasi Desa (BID) di Bojonegoro

Jadi Ajang Pertukaran Inovasi Desa

blokbojonegoro.com | Sunday, 16 December 2018 14:00

Jadi Ajang Pertukaran Inovasi Desa

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Pertumbuhan ekonomi diyakini bersumber dari desa, sehingga pengembangan potensi maupun inovasi desa terus ditingkatkan. Melalui Bursa Inovasi Desa (BID) yang akan berlangsung semarak, Selasa (18/12/2018), menjadi ajang pertukaran inovasi desa sekaligus komitmen bersama membangun desa.

"Penyelenggaraan BID di tingkat Kabupaten, diharapkan dapat memberikan keleluasaan bagi desa untuk melakukan pertukaran inovasi desa dan membangun komitmen desa dalam replikasi," kata Ketua Forum Tim Pelaksanaan Inovasi Desa (TPID) Kabupaten Bojonegoro, Abdul Rochim, SP.

Namun secara teknis BID diselenggarakan di lokasi Kabupaten, untuk menampung jumlah peserta yang akan diundang. Pasalnya peserta yang diundang dan berpartisipasi dalam kegiatan BID diantaranya perwakilan desa menjadi peserta utama berjumlah 2 orang per desa.

"Perwakilan desa itu merupakan pihak yang dapat memberikan keputusan atau komitmen, yaitu kepala desa dan ketua BPD," jelasnya kepada blokBojonegoro.com.

Selain itu panitia juga mengundang, Dinas PMD Kabupaten, Kabupaten OPD Kabupaten, Tim Inovasi Kabupaten, Camat untuk sebagai pembina penyelenggaraan BID. Serta undangan lainnya mulai perguruan tinggi, LSM, lembaga/pihak swasta, P2KTD dari tiap bidang, media dan pihak lain sebagai pemantau saat acara BID berlangsung.

Sebenarnya penyelanggaran BID dapat dilakukan dengan sistem klaster atau gabungan beberapa Kecamatan, khusus bagi daerah atau kecamatan sangat sulit dan Ekstrim. hal ini untuk memudahkan transportasi Peserta dan efektifitas penyelenggaraan BID. "Dalam pelaksanaannya BID nanti, terbagi menjadi beberapa ruang mulai ruang pleno dan ruangan bursa A, B dan C dengan beberapa sudut untuk display inovasi," terang Rohman yang juga aktivis pemuda desa asal Desa Mojodeso Kecamatan Kapas itu.

Rochim menambahkan, ruang pleno untuk menampung seluruh peserta. Sedangkan ruang bursa A, B dan C yang dilengkapi display inovasi, karena untuk ruang bursa terkait infrastruktur untuk menampung minimal 50 persen peserta. Serta ruang bursa B mengenai kewirausahaan atau ekonomi untuk menampung minimal 50 persen peserta.

"Ruang bursa C mengenai Sumberdaya manusia untuk menampung minimal 50 persen peserta, dengan beberapa sudut untuk display inovasi. Sehingga setiap ruang bursa dilengkapi 3 sampai 5 meja konsul," pungkasnya. [ito/lis]

Tag : bursa, kerja


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat