07:00 . Kencan Virtual dengan Pacar Jadi Solusi Obati Rindu di Masa Pandemi   |   21:00 . Waspada, Kasus Aktif Covid 19 di Kanor Makin Tinggi   |   20:00 . Akhir Tahun 2020 Beasiswa Tugas Akhir Segera Dicairkan   |   20:00 . Akhir Tahun 2020 Beasiswa Tugas Akhir Segera Dicairkan   |   19:00 . 17 TPS di Kota Bojonegoro Masih Kurang Tampung Tingginya Sampah   |   18:00 . Tahun 2020, Puluhan Miliaran Digelontorkan untuk Madin   |   16:00 . Histeris.....!!! Saat Satu Orang Ikut Terbang Bersama Layangan Naga   |   15:00 . Harga Logam Mulia Meroket Tajam, Masyarakat Banyak Ajukan Buyback   |   14:00 . Sidang Ke IV, Para Tergugat I,II,III dan IV Bacakan Tanggapanya Terkait PI Blok Cepu   |   13:00 . Masker Medis Mulai Kembali Diburu Masyarakat   |   12:00 . Hampir Tak Mendaftar, 2 Jam Ngebut Rekaman dan Bikin Video Clip   |   11:00 . Murid Peristiwa Harmonni Masuk Finalis Campus Harmony 2020, Ayo Dukung...!   |   10:00 . Pancaroba, BPBD Himbau Masyarakat Mewaspadai Hujan Disertai Angin Kencang   |   09:00 . Kekeringan di Bojonegoro Diprediksi Tak Separah 2019   |   08:00 . Layanan Rapid Tes Dialihkan di Puskesmas   |  
Wed, 30 September 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 16 December 2018 14:00

Bursa Inovasi Desa (BID) di Bojonegoro

Jadi Ajang Pertukaran Inovasi Desa

Jadi Ajang Pertukaran Inovasi Desa

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Pertumbuhan ekonomi diyakini bersumber dari desa, sehingga pengembangan potensi maupun inovasi desa terus ditingkatkan. Melalui Bursa Inovasi Desa (BID) yang akan berlangsung semarak, Selasa (18/12/2018), menjadi ajang pertukaran inovasi desa sekaligus komitmen bersama membangun desa.

"Penyelenggaraan BID di tingkat Kabupaten, diharapkan dapat memberikan keleluasaan bagi desa untuk melakukan pertukaran inovasi desa dan membangun komitmen desa dalam replikasi," kata Ketua Forum Tim Pelaksanaan Inovasi Desa (TPID) Kabupaten Bojonegoro, Abdul Rochim, SP.

Namun secara teknis BID diselenggarakan di lokasi Kabupaten, untuk menampung jumlah peserta yang akan diundang. Pasalnya peserta yang diundang dan berpartisipasi dalam kegiatan BID diantaranya perwakilan desa menjadi peserta utama berjumlah 2 orang per desa.

"Perwakilan desa itu merupakan pihak yang dapat memberikan keputusan atau komitmen, yaitu kepala desa dan ketua BPD," jelasnya kepada blokBojonegoro.com.

Selain itu panitia juga mengundang, Dinas PMD Kabupaten, Kabupaten OPD Kabupaten, Tim Inovasi Kabupaten, Camat untuk sebagai pembina penyelenggaraan BID. Serta undangan lainnya mulai perguruan tinggi, LSM, lembaga/pihak swasta, P2KTD dari tiap bidang, media dan pihak lain sebagai pemantau saat acara BID berlangsung.

Sebenarnya penyelanggaran BID dapat dilakukan dengan sistem klaster atau gabungan beberapa Kecamatan, khusus bagi daerah atau kecamatan sangat sulit dan Ekstrim. hal ini untuk memudahkan transportasi Peserta dan efektifitas penyelenggaraan BID. "Dalam pelaksanaannya BID nanti, terbagi menjadi beberapa ruang mulai ruang pleno dan ruangan bursa A, B dan C dengan beberapa sudut untuk display inovasi," terang Rohman yang juga aktivis pemuda desa asal Desa Mojodeso Kecamatan Kapas itu.

Rochim menambahkan, ruang pleno untuk menampung seluruh peserta. Sedangkan ruang bursa A, B dan C yang dilengkapi display inovasi, karena untuk ruang bursa terkait infrastruktur untuk menampung minimal 50 persen peserta. Serta ruang bursa B mengenai kewirausahaan atau ekonomi untuk menampung minimal 50 persen peserta.

"Ruang bursa C mengenai Sumberdaya manusia untuk menampung minimal 50 persen peserta, dengan beberapa sudut untuk display inovasi. Sehingga setiap ruang bursa dilengkapi 3 sampai 5 meja konsul," pungkasnya. [ito/lis]

Tag : bursa, kerja


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 20:00

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023 Asosiasi Media Siber Indonesa (AMSI) kembali mempercayakan tampuk kepemimpinan kepada Wensesleus Manggut (Pemred Merdeka.com), sebagai Ketua Umum dan Wahyu Dhyatmika/Komang (Pemred Tempo), sebagai Sekretaris Jenderal periode 2020-2023 pada kongres kedua...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat