20:00 . DPRD Dan Manajemen Persibo Suport Ansor Cup Balen   |   19:00 . 2020, Kemenag Bojonegoro Ajukan Tambahan Buku Nikah   |   18:00 . Tugas Pansel Berakhir, Begini Proses Lelang Jabatan Sekda   |   17:00 . Highlight, Persibo Vs Bumi Wali FC Liga 3 Jatim   |   16:30 . Mapeta FKMB: Bersinergi Solidkan Anggota untuk Bojonegoro   |   16:00 . Sebanyak 928 Rit Air Bersih Didistribusikan ke 68 Desa   |   15:00 . Awal Pekan Harga Emas Turun Rp2.000 Per Gram   |   14:00 . Kebakaran, Petugas Damkar Berhasil Selamatkan Dua Balita   |   13:00 . OPD Diimbau Kenakan Batik dan Busana Muslim di Tanggal ini   |   12:00 . Cabai Rawit Kembali Alami Kenaikan Harga   |   11:00 . 3:2 Persibo Menang Dramatis Vs Bumi Wali FC   |   10:00 . Persibo Kembali Rebut Puncak Klasemen Grup A   |   09:00 . Persibo Petik Kemenangan, Ini Komentar Kedua Pelatih   |   07:00 . 10 Tanda Anak Mengalami Gangguan Kesehatan Mental   |   23:00 . Akomodir Kader NU, PC Fatayat Bojonegoro Adakan LKD Profesional   |  
Mon, 14 October 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 31 March 2019 07:00

Tidur Teratur Setiap Malam Berpengaruh Pada Perilaku Anak

Tidur Teratur Setiap Malam Berpengaruh Pada Perilaku Anak

Reporter: -

blokBojonegoro.com -  Waktu tidur yang konsisten akan membuahkan hasil perilaku anak yang baik sepanjang hari. Sebaliknya, ketika waktu tidur anak tidak teratur atau terlalu larut malam, maka anak akan menunjukkan perilaku yang buruk keesokan harinya.

Hal itu diungkapkan dokter anak dan profesor klinis di Family Medicine di Fakultas Kedokteran Universitas Warren Alpert Brown, Rhode Island, Amerika Serikat, Esther Entin, M.D.

“Jadwal tidur yang teratur adalah senjata yang penting dan kuat dalam membantu anak untuk mengatur diri sendiri, membangun perilaku positif, dan akan berfungsi di dalam keluarga dan masyarakat,” kata dia.

Esther Entin juga mempelajari penelitian yang menganalisis masalah perilaku pada anak usia tiga hingga tujuh tahun yang hasilnya menunjukkan bahwa waktu tidur yang tidak teratur atau kurang, akan berpengaruh pada perilaku anak.

Setelah menelusuri kebiasaan tidur dan perilaku anak usia 3, 5, dan 7 tahun sehari-hari, dan mengecek kembali dengan keluarga mereka, peneliti menemukan bahwa ketika jam tidur anak-anak tidak konsisten, maka perilaku mereka akan bermasalah.

"Dan semakin bervariasi pola waktu tidur anak, semakin buruk perilaku anak tersebut,” ujar Esther Entin.

Begitu pula dengan anak-anak yang terbiasa tidur di atas jam sembilan malam. Para peneliti meyakini masalah perilaku anak muncul karena waktu tidur yang kurang dan tidak teratur mengganggu ritme sirkadian normal anak selama 24 jam sehingga berakibat pada terganggunya fungsi fisik dan mental anak.

“Tidur juga penting dalam proses kematangan beberapa bagian otak yang terlibat dalam pengaturan perilaku. Anak-anak dengan waktu tidur yang tidak konsisten seringkali mempunyai kualitas tidur yang sedikit dan lebih rendah, yang bisa mengganggu perkembangan otak, dan menciptakan efek yang bisa bertahan seumur hidup,” Esther Entin memperingatkan. [ito]

Sumber: https://www.teras.id/life/pat-2/143624/
tidur-teratur-setiap-malam-berpengaruh-pada-perilaku-anak

Tag : tidur, anak, teratur

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 25 September 2019 16:00

    Info Loker: BMG Buka Lowongan Reporter bB

    Info Loker: BMG Buka Lowongan Reporter bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat belakangan ini dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah...

    read more