21:00 . Tergeletak di Pinggir Jalan, Warga ini Diduga Sakit Sakit Diare   |   16:00 . Terkendala Lahan 7 Warga, Pembangunan Jembatan KARE Tersendat   |   15:00 . 28 PAC IPNU-IPPNU di Bojonegoro Terbentuk   |   14:00 . BMG Buka Lowongan Wartawan bB, Berikut Syaratnya!   |   13:00 . Masa Tanam Tembakau Mundur Kini Baru 3.259 Hektar Sudah Tertanam   |   12:00 . Disnakkan Wajibkan Penjual Hewan Kurban Terapkan Protokol Kesehatan   |   11:00 . Kemenag: Salat Idul Adha Harus Terapkan Protokol Kesehatan   |   10:00 . Mahasiswi STEKIA Kembangkan Usaha Ayam Geprek, Omzet Melimpah   |   08:00 . Perdana, Mukbang Bareng Temen Kantor, Pada Deg-degan   |   07:00 . Meremehkan Alergi pada Anak, Ini Dampak Negatifnya   |   22:00 . Terus Bertambah, Hari ini 8 Orang Positif Covid-19   |   16:00 . Rektor dan Pejabat Struktural IAI AL Hikmah Tuban Periode 2020-2025 Resmi Dilantik   |   15:00 . PMI Bojonegoro Kirim 2 Relawan Operasi Satgas Percepatan Covid-19 Jatim   |   14:00 . Ketua Baru PBSI Bojonegoro Agendakan Turnamen Antar Klub   |   13:00 . Cegah Penyebaran Covid-19, Pemotongan Kurban Wajib Ikuti Protap Kesehatan   |  
Mon, 13 July 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 03 May 2019 11:00

Tradisi Nyekar, Berkah Bagi Penjual Bunga Boreh

Tradisi Nyekar, Berkah Bagi Penjual Bunga Boreh

Kontributor: Mokhamad Arifin

blokBojonegoro.com – Menjelang puasa ramadan di Bojonegoro yang diperkirakan akan jatuh pada besok Senin (6/5/2019),  masyarakat mulai ramai-ramai berziarah dan melakukan tabur bunga (nyekar) ke makam keluarga yang sudah menghadap tuhan yang maha esa.

Tradisi nyekar masyarakat ini menjadi moment berkah tersendiri bagi para penjual bunga boreh di sepanjang Jalan Imam Bonjol, pintu masuk pasar Kota Bojonegoro, untuk kebutuhan nyekar atau bunga Ziarah. Tentu hal ini dimanfaatkan oleh penjual bunga tabur musiman ini.

Sumiatun, salah satu pedagang bunga tabur mengatakan, beberapa hari ini permintaan bunga untuk nyekar sangat tinggi. Menurutnya, alasan utama peningkatan ini karena memang adanya moment nyekar jelang puasa ramadan tahun 2019.

"Mulai ramai pada hari Senin (29/4/2019) kemarin. Biasanya akan terus ramai sampai h-1 jelang puasa ramadan," kata Sumiatun.

Bu Tun, sapaan akrabnya mengaku saat melihat moment ini, ia merasakan penjualan bunga miliknya mengalami kenaikan dua kali lipat dari biasanya.

Bunga tabur yang terdiri dari tiga macam, yaitu bunga kenanga, gading dan bunga mawar ia jual dengan harga Rp5 ribu selalu ludes saat jelang sore.

Hal senada diungkapkan oleh Suyitno, seorang penjual bunga dadakan baru seminggu yang lalu. Sehari-hari biasa aktivitasnya sebagai sopir mobil muatan. Banyaknya pembeli bunga ziarah ini, dia tak mau ketinggalan memanfaatkan kesempatan ini untuk berjualan bunga boreh.

“Biasanya memanfaatkan moment puasa ramadan dan jelang lebaran, itu musim yang paling ramai,” jelas laki-laki asli rengel itu kepada blokBojonegoro.com. [fin/mu]

Tag : bunga boreh, makam, ziarah, tabur bunga


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 12 July 2020 14:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB, Berikut Syaratnya!

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB, Berikut Syaratnya! Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat