15:00 . Mudah dan Cepat Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Lewat Kantor Pos, Begini Caranya..   |   14:00 . Bojonegoro Masih Kategori Level 2, Kapolres Tetap Ingatkan Prokes   |   13:00 . Sandur Millenial Tampil di Anjungan Jatim TMII, Tunjukkan Jalan Bojonegoro Sudah Mulus   |   12:00 . Harga Bawang Alami di Pasar Turun   |   10:00 . Diduga Akibat Limbah, Udang di Bengawan Solo Mabuk   |   07:00 . Termasuk Tertawa, 6 Hal Sederhana Berikut Bisa Bantu Redakan Stres   |   18:00 . Bocah 10 Tahun Asal Ngasem Ini Mahir Jadi Dalang   |   18:00 . Angka Diska di Bojonegoro Semakin Meningkat   |   12:00 . Siswa SDN Mojosari Siap Berlaga di MHQ Tingkat Provinsi   |   10:00 . Hadiri Pelantikan Pengurus HMI, Bupati: Pemerintah Tidak Boleh Alergi Kritik   |   07:00 . BPJS Kesehatan Akan Jadi 1 Kelas Standar, Apa Maksudnya?   |   21:00 . Sempat Membesar, Flare di Lapangan Banyu Urip Kembali Normal   |   20:00 . SKD CPNS 3 Kabupaten Digelar Bulan Oktober   |   19:00 . Lahan Kosong di Campurejo Dilahap Jago Merah    |   18:00 . KONI Gelar Workshop dan Pembinaan Cabor di Bojonegoro   |  
Mon, 20 September 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Mengapa Selalu Lapar Menjelang Tidur Malam ? Ini Sebab Paling Berbahaya

blokbojonegoro.com | Sunday, 21 July 2019 07:00

Mengapa Selalu Lapar Menjelang Tidur Malam ? Ini Sebab Paling Berbahaya

Reporter: --

blokBojonegoro.com - Lapar menjadi reaksi tubuh ketika tubuh membutuhkan makanan. Biasanya ketika kita lapar maka kita membutuhkan makanan. Tapi masalahnya lebih buruk karena selalu lapar saat malam hari terutama menjelang tidur malam. Ketika Anda makan maka bisa menyebabkan kenaikan berat badan, mual, muntah dan insomnia. Jika Anda tidak makan maka perut sakit dan bisa terkena penyakit maag. Langkah yang paling tepat untuk kondisi ini adalah mengetahui penyebabnya dan mengatasinya. Berikut ini penyebab selalu lapar menjelang tidur malam.

1. Kebiasaan Kurang Tidur

Kebiasaan kurang tidur ternyata bisa menjadi penyebab pemicu lapar yang terus menerus. Bahkan perut Anda bisa mengirimkan sinyal lapar pada saat siang hari dan malam hari. Akibatnya tubuh menjadi kurang energi dan pikiran kurang fokus. Kondisi ini terjadi ketika tubuh kurang tidur maka hormon ghrelin dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Kekurangan hormon ini akan membuat perut lebih lapar dari biasanya. Jadi atur waktu tidur Anda agar tidak selalu merasa kelaparan.

2. Tubuh Kurang Nutrisi

Kekurangan nutrisi tertentu seperti saat sedang diet juga akan menyebabkan kelaparan. Beberapa defisiensi nutrisi yang bisa memicu kondisi kelaparan seperti:

- Kurang protein: saat tubuh kurang protein maka hormon pengendali nafsu makan kacau dan membuat perut selalu lapar.

- Kurang lemak : dimana kekurangan lemak bisa menyebabkan pencernaan lebih cepat sehingga perut merasa kosong lebih cepat.

- Kurang cairan: kurang cairan akan membuat kerongkongan menjadi lebih kering dan perut terasa kosong. Ini juga bisa menjadi tanda dehidrasi ketika rasa haus terus menerus terjadi.

- Kurang serat: kurang serat dari sayuran dan buah ternyata juga bisa menyebabkan nafsu makan meningkat dengan cepat.

- Kelebihan Karbohidrat

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat komplek juga memicu rasa lapar yang lebih besar. Makanan yang mengandung tepung putih akan menyebabkan kenaikan gula darah yang lebih cepat. Proses pencernaan juga berjalan lebih cepat dimana ini akan memicu kondisi yang tidak sehat. Bahkan tubuh akan melepaskan insulin dalam kadar yang sangat tinggi sehingga rentan dengan penyakit diabetes.

4. Terlalu Banyak Olahraga

Kebiasaan terlalu banyak berolahraga juga bisa menyebabkan rasa lapar yang lebih besar. Semua ini dipicu oleh proses pembakaran kalori yang sangat besar sehingga tubuh merasa membutuhkan banyak makanan. Hanya saja kebiasaan ini mungkin tidak baik jika terus dilakukan karena ketika tubuh tidak membatasi makanan maka justru menyebabkan obesitas. Jadi pastikan ketika Anda berolahraga dengan rajin maka pilih nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga seimbang dengan kebutuhan perut.

5. Stres

Stres menjadi penyebab kelaparan saat malam hari. Hal ini karena munculnya hormon ghrelin dan kastitol yang lebih banyak. Hormon ini akan terus memicu kelaparan meskipun Anda sudah makan cukup. Satu-satunya cara untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan mengelola stres seperti dengan yoga, konseling kesehatan mental dan istirahat dari pekerjaan yang memicu stres.

Itulah berbagai sebab selalu lapar menjelang tidur. Kebiasaan tersebut ternyata memang tidak baik untuk tubuh. Karena itu hindari semua penyebab dan lakukan kebiasaan hidup yang lebih sehat. [lis]

Sumber: halosehat.com 

Tag : makanan, malam



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 30 August 2021 20:00

    HMP PIAUD Unugiri Dukung Pemenuhan Hak Anak Usia Dini

    HMP PIAUD Unugiri Dukung Pemenuhan Hak Anak Usia Dini Semarak HUT RI ke-76 masih menyelimuti jiwa-jiwa pendidik millenial. Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (HMP PIAUD) UNU Sunan Giri (Unugiri) turut meramaikan bulan kemerdekaan tersebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Monday, 02 August 2021 08:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more