14:00 . Peringatan HSN, Santri Harus Patuhi Prokes   |   13:00 . 5 Awak Media Di Bojonegoro Ikuti Workshop Virtual Anugerah Jurnalistik BPJS Kesehatan 2020   |   12:00 . Hari Santri IPNU-IPPNU PAC Tambakrejo Nobar Film Sang Kyai   |   11:00 . Peringati Hari Santri, Panitia Ujian Perangkat Desa Pakai Sarung dan Peci   |   10:00 . 597 Peserta Ikut Ujian Perangkat Desa di Balen   |   09:00 . Peringati HSN, Satlantas Polres Dukung Prokes di Pondok Pesantren   |   08:00 . 315 Pasien di Jatim Sembuh, 327 Kasus Baru   |   06:00 . Berawal dari Hobi, Gadis Ini Selami Dunia Literasi   |   05:00 . Jumlah Sembuh dan Tambahan Baru di Bojonegoro Masing-masing 6 Orang   |   04:00 . Pasien Sembuh dari Covid-19 di Indonesia Bertambah Menjadi 297.509 Orang   |   22:00 . Libur Panjang Rawan Tambahan Kasus Baru   |   21:00 . EMCL Serah Terimakan 1.250 Pohon ke DLH Bojonegoro   |   20:00 . Dua Desa Ikuti Lomba Keterbukaan Informasi Publik 2020   |   19:00 . Lebihi Target, Pencetakan KPP Capai 33.300 Keping   |   18:00 . Pandemi Covid, Seminar Virtual Dyslexia Banjir Peminat   |  
Thu, 22 October 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 22 November 2019 14:00

Modal Usaha dan Pelatihan, Cara Pertamina Dorong UMKM Jatim Naik Kelas

Modal Usaha dan Pelatihan, Cara Pertamina Dorong UMKM Jatim Naik Kelas

Reporter: -

blokBojonegoro.com – PT Pertamina (Persero) kembali menyalurkan modal usaha bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Wilayah Jawa Timur.

Sebanyak 263 Mitra Binaan yang berasal dari Kabupaten Situbondo, Bondowoso, Jember, Ngawi, Pasuruan dan Madiun mendapatkan tambahan modal usaha untuk pengembangan UMKM-nya.

Penyaluran modal usaha ini dilakukan di Kantor Pertamina Marketing Operation Region V Surabaya pada Jum’at (22/11/2019).

“Kami berharap melalui pemberian modal usaha ini dapat mendorong mitra binaan Pertamina untuk dapat lebih baik lagi kedepannya,” ujar Rustam Aji, selaku Unit Manager Communication & CSR Pertamina Marketing Operation Region V– Jatimbalinus.

Program pemberian modal usaha atau biasa dikenal dengan Program Kemitraan sendiri merupakan program peminjaman modal bergulir bagi pelaku UMKM dengan harapan, agar pelaku UMKM tersebut dapat tumbuh berkembang dan menjadi UMKM yang mandiri.

Program Kemitraan sendiri merupakan program yang diamanatkan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kepada seluruh BUMN, termasuk Pertamina, sebagai salah satu bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan kepada masyarakat.

Kesempatan kali ini, Pertamina menyalurkan dana program kemitraan senilai Rp20 M kepada petani tebu binaan PT Perkebunan Nusantara XI (PTPN XI).

Penyaluran pinjaman dana kemitraan ini secara simbolis diserahkan oleh Rustam kepada perwakilan kelompok petani tebu dan disaksikan oleh Sugiarti selaku Kepala Divisi PKBL & CSR PTPN XI.

“Melalui kerjasama sinergi penyaluran dana Program Kemitraan BUMN pembina ini diharapkan dapat meningkatkan optimalisasi pelaksanaan Kemitraan BUMN, dan meningkatkan pendapatan petani tebu rakyat dan masyarakat sekitarnya, karena budidaya penanaman tebu merupakan usaha yang mempunyai kaitan agribisnis yang cukup panjang sejak dari penyediaan bibit, sarana produksi, usaha budidaya sampai panen,” ujar Rustam.

2

Kerjasama sinergi pada masa tanam 2019/2021 ini akan berlangsung selama 20 bulan, dari proses tanam dan garap sampai dengan Proses TMA (Tebang, Muat dan Angkut), hingga proses pemotongan hasil panen oleh PTPN XI terhadap petani gula sebagai bagian dari proses collecting untuk pengembalian pinjaman Program Kemitraan terhadap Pertamina.

Sebelumnya, program telah berhasil disalurkan Pertamina kepada petani tebu di wilayah kerja PTPN X pada periode masa tanam 2016/2017 dan PTPN XI pada periode masa tanam 2017/2018.

Program kemitraan ini juga menjadi wujud kepedulian Pertamina dan PTPN XI sebagai BUMN untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani tebu rakyat dan masyarakat sekitarnya, serta dalam mendorong percepatan tercapainya program swasembada gula nasional yang dicanangkan Pemerintah.

"Ini merupakan kerjasama atau sinergi yang baik bagi kami sebagai produsen gula. Semoga sinergi ini dapat berjalan terus, sehingga petani-petani kami yang berjumlah ribuan dapat terus mendapatkan pinjaman modal melalui sinergi yang ada," ujar Sugiarti.

Di kesempatan yang sama, Pertamina juga mengadakan pelatihan Pengelolaan Keuangan di Era Digital yang diikuti lebih dari 100 peserta, dengan menghadirkan Lukas Setyawan, seorang praktisi yang telah berkecimpung lebih dari 5 tahun di industri keuangan.

5 (1)

Pelatihan ini merupakan upaya meningkatkan kemampuan pengelolaan literasi dan inklusi keuangan mitra binaan Pertamina. Dengan pelatihan ini, diharapkan para mitra binaan mengetahui pengelolaan keuangan yang baik secara administrasi pembukuan.

"Diharapkan teman-teman petani memahami laporan keuangan dan dapat dipahami dengan tiga cara sederhana, yakni laporan laba rugi, laporan neraca, dan laporan arus kas," ujar Lukas menyampaikan materinya.

Uswatun Hasanah, pemilik usaha Batik Jokotole Collection Madura menunjukkan antusiasnya dalam mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Pertamina.

"Pelatihan ini sangat membantu para pelaku UMKM seperti halnya saya, dan membuka wawasan lebih luas serta pencerahan mengenai pengelolaan keuangan di usaha yang masing-masing orang jalani," ujarnya.

Kedepannya, Rustam berharap, para pelaku UMKM lain juga dapat bergabung menjadi keluarga besar Mitra Binaan Pertamina melalui Program Kemitraan.

“Persyaratan untuk bergabung program ini mudah dengan jasa administrasi yang ringan, dan juga banyak manfaat yang dapat diperoleh, seperti diikutkannya ke pameran nasional maupun internasional dan juga memberikan pelatihan-pelatihan UMKM agar dapat naik kelas dan mendorong penjualan,” tutup Rustam. [*]

Tag : modal usaha, umkm, pertamina, pertamina mor v


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 20:00

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023 Asosiasi Media Siber Indonesa (AMSI) kembali mempercayakan tampuk kepemimpinan kepada Wensesleus Manggut (Pemred Merdeka.com), sebagai Ketua Umum dan Wahyu Dhyatmika/Komang (Pemred Tempo), sebagai Sekretaris Jenderal periode 2020-2023 pada kongres kedua...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat