09:00 . Satgas Covid-19 Monitoring Strain Virus Baru   |   08:00 . Makin Pedas, Harga Cabai Rawit Tembus Rp105 Ribu Perkilogram   |   07:00 . 30 Persen Anak Muda Disebut Alami Kecanduan Smartphone, Ini Saran Pakar   |   21:00 . Razia Kamar Kos, Dua Pasangan Diamankan, Satu Diantaranya Masih Pelajar   |   20:00 . Dinsos Tiadakan Pemberian Santunan Korban Covid-19 Meninggal Dunia   |   19:00 . Personil Binamulia Bantu Masyarakat Terdampak Bencana Banjir   |   18:00 . Asiknya Mancing di Embung Ngraden Kecamatan Padangan   |   17:00 . NU Sebut Vaksin Ikhtiar untuk Sehat   |   16:00 . Uang Nasabah BRI yang Sempat Hilang Telah Dikembalikan   |   15:00 . Warga Deling Ditemukan Meninggal Gantung Diri di Teras Rumah   |   14:00 . Farida Hidayati Serahkan Hibah 20 Mesin Jahit dan 2 Laptop Pada Pelatihan DPD LDII   |   13:00 . Desa dan Masyarakat Menjadi Garda Terdepan dalam Pencegahan Terorisme   |   12:00 . Jalan Menuju Dusun Bangkle yang Belum Teraliri Listrik Memprihatinkan   |   11:00 . Peningkatan Zona Kuning Harus Memotivasi Daerah Masuk Zona Hijau   |   10:00 . Integrasi Data Pusat - Daerah Akan Meningkatkan Kualitas Keakuratan   |  
Fri, 05 March 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tingkatkan Jiwa Peduli Sampah, Pemdes Ngringinrejo Gelar Pelatihan Daur Ulang

blokbojonegoro.com | Friday, 19 February 2021 22:00

Tingkatkan Jiwa Peduli Sampah, Pemdes Ngringinrejo Gelar Pelatihan Daur Ulang

Kontributor: Uul Lyatin 

blokBojonegoro.com - Pernah berkunjung ke Agrowisata Belimbing di Bojonegoro? Maka pasti sudah mendengar tentang Desa Ngringinrejo.

Desa Ngringinrejo sebagai desa yang meraih penghargaan PROKLIM tingkat Nasional, terletak di Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro. Pemerintah Desa Ngringinrejo terus berupaya untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat nya terhadap sampah, terutama sampah plastik.

Endang Sri Wigati selaku Kepala Desa Ringinrejo, dalam sambutannya menuturkan bahwa semangat masyarakat dalam pengolahan sampah tidak karena adanya lomba atau penghargaan, namun juga menjadi semangat dan jiwa masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

"Saya berharap semangat masyarakat dalam pengelolaan sampah tidak karena adanya lomba atau pengharagaan, namun juga menjadi semangat dalam setiap harinya," ujarnya.

Jumat (19/2/2021), bertempat di Balai Desa Ngringinrejo telah dilaksanakan pelatihan daur ulang sampah plastik. Berbahan kemasan air mineral, masyarakat dilatih untuk membuat kerajinan tangan dengan nilai jual yang tinggi. 

Warna-warni bunga yang merona diiringi senyum dan semangat peserta pelatihan akan menjadi salah satu produk baru di Desa Ngringinrejo yang bisa menambah peningkatan ekonomi keluarga. 

Adib Nurdiyanto selaku ketua Creative Economy Center (CEC) yang menjadi tamu dalam acara tersebut menyatakan bahwa ini adalah awal dari rangkaian kegiatan pelatihan yang sinergis dan berkelanjutan.

"Semoga ini adalah awal dari rangkaian kegiatan pelatihan yang sinergi, serta dapat berlanjut hingga jangka panjang," tuturnya. 

Selanjutnya, produk kerajinan daur ulang ini akan dijual di kebun agrowisata Belimbing sebagai souvernir dan oleh-oleh khas desa setempat. Pastinya dengan harga yang relatif terjangkau dan pas dikantong pengunjung.

"Hasil dari kerajinan ini akan dijual di agro wisata belimbing. Selain sebagai bentuk oleh-oleh para pengunjung, pastinya juga untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa setempat," tandasnya. [uul/lis]

 

Tag : Pemdes, Ngringinrejo, daur ulang


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat