10:00 . LIVE: CERDAS DAN BIJAK DALAM BERMEDIA SOSIAL   |   07:00 . Jangan Panik, Ini Sebab Bayi Cegukan dan Cara Menghentikannya   |   20:00 . Pelaksana Desa Dander dan Ngunut Gelar FGD Program Penataan Sumber Air Bagi Masyarakat   |   19:00 . HJB ke-344, Nakes Puskesmas Temayang Terima Penghargaan   |   15:00 . Capaian Kinerja Pemkab Bojonegoro Terus Meningkat   |   14:00 . Beda Indikator, Penilaian Level Covid-19 di Bojonegoro Berbeda   |   12:00 . Hari Jadi Bojonegoro, Kejaksaan Negeri Terima Penghargaan dari Pemkab   |   10:00 . Bupati Beri Penghargaan Instansi, OPD Hingga Instansi Terbaik di Hari Jadi Bojonegoro 343   |   09:00 . Meski Zona Kuning, Petugas Terus Ingatkan Prokes Kepada Masyarakat   |   07:00 . Studi Buktikan Lingkungan Hijau dapat Meningkatkan Kesehatan Mental Anak   |   06:00 . 5 Wilayah di Jatim Level 1, ini Aturan Baru dalam PPKM   |   21:00 . Resmikan Wisata Religi, Gus Ali Berziarah ke Makam Yek Ali di Sumberejo   |   20:00 . Peringkat Hasil SKD Pemkab Bojonegoro Masih Tunggu Instruksi BKN Pusat   |   19:00 . KADIN Bojonegoro Goes to Campus, Podcast di 2 Tempat   |   18:00 . Yuk...! Ikuti Webinar Cerdas dan Bijak dalam Bermedia Sosial   |  
Thu, 21 October 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Disnakkan Siapkan 900 Ribu Benih Ikan Tawes dan Nila

blokbojonegoro.com | Tuesday, 09 February 2021 08:00

Disnakkan Siapkan 900 Ribu Benih Ikan Tawes dan Nila

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui  Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Bojonegoro terus melakukan pengembangan ikan air tawar. Rencananya pada tahun ini sekitar 900 ribu benih Ikan Tawes dan Nila akan ditabur di berbagai tempat di Kabupaten Bojonegoro.

Sekretaris Disnakkan Kabupaten Bojonegoro, Imam Suprayogi mengatakan, penebaran ikan tersebut sebagai bentuk perhatian pemerintah dalam meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar, khususnya dari ikan air tawar dan untuk memenuhi kebutuhan gizi serta mencegah terjadinya gizi buruk di masyarakat.

"Mudah-mudahan benih ikan yang ditebar ini bisa berkembang sehingga dapat dinikmati masyarakat sekitar," kata Imam Suprayogi.

Terkait ikan yang akan diterbar, dirinya mengaku memilih ikan Tawes dan Nila lantaran kedua ikan tersebut pemakan tumbuhan, sehingga perawatannya lebih mudah dan masyarakat tidak perlu memberikan makanan. Nantinya untuk ikan tersebut bakal ditebar di embung, waduk, kali dan bengawan solo.

Program penebaran benih ikan itu juga bertujuan untuk pengoptimalan embung yang berada di desa-desa, yang sebelumnya hanya digunakan untuk mengairi sawah. Selain itu, juga untuk menjaga ekosistem yang ada di perairan tersebut, baik dikali, waduk dan bengawan.

Untuk itu, dia mengimbau masyarakat di sekitar lokasi penebaran benih ikan agar dapat menjaga kelangsungannya dengan tidak menangkap ikan menggunakan racun dan disetrum. Untuk mengatasi hal tersebut, Disnakkan juga telah membentuk tim disemua wilayah untuk memberikan pemahaman agar tidak menangkap ikan menggunakan setrum dan racun.

"Saat ini sudah ada 25 desa yang mengajukan proposan permintaan ikan dan bagi masyarakat ataupun organisasi juga bisa mengajukan kepada kita," jelasnya.

Pada tahun 2020 lalu, Disnakkan juga telah menyebar bibit ikan sebanyak 800 ribu ekor ikan yang disebar diwaduk, embung, kali hingga bengawan solo. "Kalau ikan sudah besar, masyarakat sekitar sungai ini bisa menangkapnya, dengan catatan tidak boleh menggunakan racun atau setrum," pungkasnya.[din/col]

 

 

Tag : Ikan, Disnakkan, benih



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat