17:00 . Pengurus AMSI┬áJatim Periode 2020-2023 Dilantik   |   17:00 . Harga Cabai Terpantau Stabil di Pasaran   |   16:00 . Satgas Covid-19 Minta Pemda Segera Tindaklanjuti Inmendagri Terbaru   |   15:00 . Berbekal KIS BPJS Kesehatan, Melahirkan Jadi Mudah   |   14:00 . Peringati Hari Kartini, Bupati Hingga OPD Wanita Tampil Cantik Berkebaya dan Bermasker   |   13:00 . Pemprov Jatim Beri Diskon Pengurangan Pokok PKB Hingga Undian Berhadiah   |   12:00 . Bupati Ajak Perempuan Berkontribusi Dalam Pembangunan Negeri   |   11:00 . Pemda Harus Optimalkan Peran Posko Agar Kualitas Penanganan Semakin Meningkat   |   10:00 . Berbagai Kebijakan Terkait Ramadan dan Idul Fitri Tahun ini Demi Mencapai Hasil Signifikan   |   09:00 . 6 Situs Film Online Gratis, Gantinya IndoXXI, Rebahin Hingga Lk21   |   08:00 . 40 Kata-Kata Selamat Hari Kartini Buat Status WA dan IG   |   07:00 . Cara Menghilangkan Jerawat Batu, Ini 4 Langkah yang Bisa Dicoba   |   21:00 . Jumlah Penerima BPNT Turun, Minggu Ini Dicairkan   |   19:00 . PAC Fatayat Temayang Peringati Harlah dengan Bagi Takjil   |   18:00 . Armand Maulana, Cak Lontong, dan Nia Dinata Sambut Baik Vaksinasi Pekerja Seni dan Kreatif   |  
Wed, 21 April 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pengarusutamaan Gender di Bojonegoro Jadi Perhatian Bersama

blokbojonegoro.com | Thursday, 01 April 2021 16:00

Pengarusutamaan Gender di Bojonegoro Jadi Perhatian Bersama

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Peranan gender tidak bisa dipandang sebelah mata dalam semua aspek utamanya pembangunan. Sehingga pengarustamaan Gender di Kabupaten Bojonegoro menjadi perhatian sama, seperti komitmen DPRD Kabupaten Bojonegoro yang berkomitmen adanya Perda Pengarustamaan gender.

Hal itu diungkapkan perwakilan DPRD Kabupaten Bojonegoro, Sally Atyasasmi saat mengikuti tahapan verifikasi lapangan secara daring oleh Kementerian Perempuan RI, Kamis (1/4/2021), Anugerah Parahita Ekapraya (APE) yang diikuti Pemkab Bojonegoro. Serta dihadiri oleh Sekda, seluruh kepala OPD, LSM, Perguruan tinggi dan juga pelaku usaha.

Diungkapkan Sally, verifikasi lapangan ini dilakukan setelah mengirimkan kelengkapan dokumen mulai dari RPJMD sampai renstra dan program OPD. Kalau taun lalu kita mendapatkan gelar Madya, diharapkan dan semoga tahun ini bisa meningkat menjadi Utama.

"Tentunya yang tidak kalah penting selain kelengkapan data dan dokumen adalah komitmen," ungkap politisi perempuan Partai Gerindra Kabupaten Bojonegoro itu.

Perempuan yang juga ketua Komisi B DPRD Kabupaten Bojonegoro itu menjelaskan, komitmen Kabupaten Bojonegoro dalam mewujudkan kesertaraan dan keadilan gender melalui strategi pengarusutamaan gender yang tertuang dalam kebijakan daerah, peraturan, perencanaan pembangunan dan program serta implementasi kebijakan.

"Bahkan DPRD juga berkomitmen membentuk payung hukum berupa Perda pengarusutamaan gender," jelas anggota DPRD Kabupaten Bojonegoro dua periode.

Terkait dengan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) yang diikuti Kabupaten Bojonegoro, merupakan bentuk pengakuan atas komitmen dan peran pada pimpinan kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).

Kementerian Negara Pemberdayaan Perempauan dan Perlindungan Anak RI menyampaikan penghargaan sejak Tahun 2004 yakni Anugerah Parahita Ekapraya (APE), berarti suatu penghargaan terhadap prakarsa dan Prestasi yang dicapai dan menunjukan kondisi kesejahteraan orang lain dalam kaitannya dengan pencapaian kesejahteraan Gender, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Daerah.

Setidaknya ada tiga kategori penerima APE yakni tingkat pratama (pemula), tingkat madya (pengembangan) dan tingkat utama (peletakan dasar dan keberlanjutan), serta tingkat mentor. Sedangkan APE dinilai dari 7 komponen kunci diantarnya komitmen, kebijakan, kelembagaan, Sumber Daya Manusia dan Anggaran. Termasuk alat analisis gender, data gender dan partisipasi masyarakat. [zid/ito]

Tag : Anugerah Parahita Ekapraya (APE) , komisi b, dprd, bojonegoro


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat