19:00 . Kolaborasi Antar Prodi, HMP BSA dan HMP PBI Adakan Kemah Bahasa   |   18:00 . Puluhan Santri Studi di ICW dan Kunjungi D'Konco Cafe Bojonegoro   |   17:00 . Polisi Lakukan Rekonstruksi Ulang Meninggalnya Pelajar di Bojonegoro   |   16:00 . 316 Madrasah Ditargetkan Akreditasi, Paling Banyak RA   |   15:00 . Ribuan Warga Bojonegoro Serbu Beras Murah SPHP   |   14:00 . Denny Caknan Batal Konser di Bojonegoro, Gegara Kasus Pengeroyokan?   |   13:00 . Mahasiswi PAI UNUGIRI Bojonegoro Juara Nyanyi Bahasa Jawa   |   11:00 . Bhakti Masyarakat Mahasiswa FKMB UIN Sunan Ampel Surabaya   |   09:00 . Ada Polisi, Balap Liar Ngumpet di Kuburan   |   19:00 . Akademi Bisnis Praktis Bongkar Rahasia Tambah Pemasukan Bulan Ramadan   |   17:00 . Pebalap Liar di Bojonegoro Sembunyi di Makam Saat Dikejar Polisi   |   16:00 . Berita Duka, Ibunda Mayjend (TNI) Purn. Wardiyono Tutup Usia   |   14:00 . Belasan Pemotor Hendak Balap Liar di Bojonegoro Diringkus Polisi   |   13:00 . Pulang Usai Pemakaman Kakek, Bocah di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Embung   |   08:00 . Wujudkan Kampus WCU, Pengurus IKA Unugiri Tingkat Fakultas Dilantik   |  
Tue, 27 February 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Musrenbang RKPD Pemulihan Ekonomi, Kesehatan dan Perlindungan Sosial

blokbojonegoro.com | Wednesday, 31 March 2021 22:00

Musrenbang RKPD Pemulihan Ekonomi, Kesehatan dan Perlindungan Sosial

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD). Kegiatan ini mengusung tema pembangunan 2022, terhadap pemulihan ekonomi dan pelayanan kesehatan dan perlindungan sosial melalui percepatan konektivitas infrastruktur yang mantab, Rabu (31/3/2021). 

Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah mengatakan pelaksanaan musrenbang kali ini akan membahas tentang perencanaan untuk tahun 2022 sesuai mekanisme karena Pemkab juga harus menyesuaikan dengan pusat.

"Jadi kalau saran yang masuk hari ini, adalah saran yang akan ditampung untuk tahun 2022 tentunya berkaitan dengan program prioritas Pemkab Bojonegoro,” ucapnya.

Memang ada beberapa program yang sudah jalan sejak 2018 dan 2019, namun ada juga dari 17 program pemkab Bojonegoro belum masuk misalnya terkait insentif RT/RW dalam hal ini akan dilaksanakan tahun 2022. Maka perlu dilakukan Musrenbang untuk menjaring aspirasi dari masyarakat guna membantu pembangunan di Kabupaten Bojonegoro.

"Dalam membuat perencanaan selain membuat skala prioritas, juga harus mengedepankan kekuatan anggaran. Pelaksanaan musrenbang kali ini menggunakan sistem button up dimana penyaringan aspirasi langsung dari masyarakat lewat desa atau kecamatan," terang Bupati Anna.

Bupati juga menyampaikan, bahwa Musrenbang Kabupaten ini diakselerasikan dengan Musrenbang Provinsi terkait sumber daya manusia (SDM). Salah satu program yang sudah dilakukan, sejak tahun 2019 Bojonegoro menyiapkan beasiswa scientis dan beasiswa satu desa dua sarjana.

"Selain peningkatan SDM, Pemkab Bojonegoro juga berupaya dalam sektor infrastruktur yang sudah membedah kawasan guna mempercepat pembangunan di Bojonegoro. Adapun perbaikan infrastruktur jalan sudah mencapai 642 kilometer," imbuh Bupati Anna. 

Kepala Bappeda Bojonegoro, M. Anwar Muktadlo menyampaikan peran dan fungsi RKPD merupakan penjabaran rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD). Sehingga ada pengerjaan substansi operasional dan faktual, kedudukan dan fungsi RKPD ada di pemerintah pusat dan pemerintah daerah, hingga rincian APBN dan APBD.

"Terkait prioritas pembangunan tahun 2022 ini mensinkronkan antara Program Nasional, Provinsi dan Kabupaten. Dengan adanya sinkronisasi program kerja antar Pusat, provinsi dan Kabupaten diharapakan kesejahteraan masyarakat Jawa Timur dan masyarakat Bojonegoro pada khususnya bisa tercapai," pungkasnya. [liz/liz]

 

 

 

Tag : Musrenbang, RKPD



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat