23:00 . Lupa Ambil Kunci, Motor Pegawai Koperasi di Bojonegoro Digasak Maling   |   22:00 . Gudang Beras di Balen Bojonegoro Terbakar   |   21:00 . Bejat, Begal Payudara di Tuban, Onani Setelah Beraksi   |   20:00 . Warga Tuban Diduga Tenggelam di Bengawan Solo, Petugas Masih Lakukan Pencarian   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |   18:00 . MGMP PAI SMK Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   17:00 . SKK Migas Akan Selesaikan 15 Proyek Hulu Migas Tahun 2024   |   16:00 . Simak, 5 Jalur PPDB Jatim 2024 untuk SMA dan SMK dan Tahapan Pendaftaran   |   15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |   14:00 . Komitmen Sinergi Tingkatan Kompetensi, Guru Matematika Bojonegoro Gelar Silaturahmi   |   13:00 . Desa Pajeng-Gondang Wakili Bojonegoro Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Jatim   |   12:00 . Lima Tahun Terakhir Terus Naik Indeks Pembangunan Gender Bojonegoro   |   11:00 . Olah Pisang Jadi Kerupuk dan Keripik, Mahasiswa Unigoro Lolos Pemuda Pelopor Bidang Pangan   |   10:00 . Kreasi Memasak Nasi Goreng Bapak-Bapak ASN Bojonegoro   |   13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |  
Sun, 28 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kepala SMKN 1 Bojonegoro, Drs. Yudi Pramono, MM

Ingin Bahagia? Bahagiakan Dulu Orang Tuamu

blokbojonegoro.com | Friday, 07 April 2017 16:00

Ingin Bahagia? Bahagiakan Dulu Orang Tuamu

Kontributor: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - "Orang yang unggul adalah sederhana dalam perkataannya, tetapi lebih dalam tindakannya (Confusius)," itulah prinsip yang dipegang oleh Drs. Yudi Pramono, MM. Laki-laki yang lahir di Kabupaten Madiun pada 19 September 1962, yang sekarang menjadi Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Bojonegoro.

Laki - laki yang biasa disapa Yudi ini berhasil mengantarkan SMK Negeri 1 Bojonegoro meraih berbagai prestasi baik di tingkat kabupaten, provinsi maupun Nasional. Yang tentunya juga didukung oleh para guru, karyawan dan siswa-siswi.

Suami dari Syarifah Aisyah ini adalah anak ketiga dari sepuluh bersaudara, lahir dari keluarga yang berkecukupan tidak lantas membuat hidupnya berjalan tanpa rintangan. Contoh kecilnya, saat masih duduk di bangku kuliah tepatnya di kampus IKIP Surabaya (sekarang UNESA), Yudi sempat menjadi pengamen, guru bimbel dan juga menjadi juru masak untuk teman-teman kosnya guna menambah uang saku, karena pada waktu itu kondisi keuangan sedang terpuruk.

Setelah lulus kuliah pada tahun 1986, dirinya menjadi guru tidak tetap (GTT) di 5 lembaga pendidikan yang ada di Kabupaten Madiun dan Ponorogo kurang lebih selama 3 tahun. Selanjutnya, pada tahun 1989, Yudi lolos seleksi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan ia ditugaskan di Kabupaten Bojonegoro, tepatnya di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Bojonegoro.

Setelah lama menjadi guru di SMKN 1 Bojonegoro, ayah dari Reza Yudha Pramono dan Firli Ayu Kusumawardani itu pada tahun 2008 dipercaya memegang tombak kepemimpinan di SMKN 1. Setelah dirinya menjabat, banyak prestasi yang ditorehkan, seperti salah satunya sekolah tersebut pernah dinobatkan sebagai perintis Sekolah Adiwiyata Nasional yang pertama di Kabupaten Bojonegoro, pada tahun 2012.

"Ini adalah pertama kali ada sekolah yang mendapat Adiwiyata Nasional dan piagamnya sempat diarak ke kecamatan-kecamatan agar sekolah lain termotivasi untuk melakukan pengelolaan dan penataan, agar lebih baik lagi," ungkap warga Jalan Dr. Sutomo Kelurahan Sumbang, Kota Bojonegoro.

Selain menjabat sebagai kepala sekolah, Yudi Pramono juga menjabat sebagai Ketua Dewan TIK Kabupaten Bojonegoro (2010 - sekarang), Ketua MKKS SMK Kabupaten Bojonegoro (2012-sekarang), Ketua MKKS SMK Kelompok Bisnis dan Manajemen Provinsi Jawa Timur (2011-sekarang), Ketua Forum Akademi Komunitas Tingkat Nasional (2013-sekarang) dan masih banyak yang lainnya.

Selain itu, Yudi juga mendapat penghargaan berupa Kitto Awards pada tahun 2016, yaitu sebuah penghargaan yang diberikan kepada kepala sekolah SMK se-Indonesia yang mempunyai dampak positif dan peningkatan sifat kompetitif untuk membawa sekolah bersaing menjadi yang terbaik, yang tentunya melewati proses yang sangat ketat, berupa kepribadian, kepemimpinan dan sosial, pengembangan sekolah, manajemen dan sumber daya, kewirausahaan dan masih banyak yang lainya.

"Untuk meraih Kitto Awards tidaklah mudah, karena melalui seleksi yang sangat ketat sekali. Tidak sembarang kepala sekolah bisa mendapatkan itu, hanya 50 kepala sekolah se-Indonesia," paparnya kepada blokBojonegoro.com.

Dalam perjalanan hidupnya, laki-laki yang suka puasa senin-kamis itu mempunyai sosok inspirator sebagai lumbung motivasi, yang membuatnya terus semangat dalam menjalani kehidupan, seseorang yang memberitahu bahwa hidup itu harus bermanfaat dan hidup harus dihargai tidak boleh disia-siakan.

Yang utama adalah kedua orang tua dan keluarga, kata Yudi, karena ibarat harta yang tidak ternilai lagi harganya, orang tua telah membesarkan dan mendidik tanpa pamrih hingga dapat terwujud cita-cita, sedang keluarga adalah tempat berbagi kasih sayang dan tempat mencurahkan isi hati. "Tanpa mereka terasa hampa dunia ini," jelas Yudi Pramono.

Drs. H. Suyoto,M.Si adalah idola bagi Yudi, sosok Bupati Bojonegoro dua periode tersebut dinilai sebagai figur yang sukses dalam keluarga dan kepemimpinannya. Kepala daerah yang sangat ia hormati ini adalah pemimpin yang tidak mengenal lelah dan telah berbuat banyak untuk masyarakat serta berulangkali mendapat penghargaan baik nasional maupun internasional.

"Dari Kang Yoto, sapaan akrab Bupati Bojonegoro, saya belajar nilai-nilai kepemimpinan yang mengedepankan keterbukaan serta mengutamakan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi," tutur laki-laki yang lahir 55 tahun silam.

Sebagai Kepala Sekolah, anak dari pasangan Herwito Subakdo dan Siti Aisyah itu selalu menanamkan akhlak mulia yang sedalam-dalamnya kepada para siswa-siswi. Karena menurutnya, banyak orang yang sukses malah merugikan negara, karena mempunyai akhlak yang jelek.

Disamping itu, bagi Yudi, kunci dari sebuah kesuksesan seseorang itu harus mempunyai jiwa disiplin, mempunyai keinginan yang kuat dan tidak lupa selalu berdoa kepada tuhan yang maha kuasa, seperti rajin salat malam. Dan tidak lupa meminta restu atau membahagiakan kedua orang tua, seperti mottonya. "Kalau Ingin Bahagia Maka Bahagiakan Dulu Orang Tuamu," tutup Yudi Pramono kepada bB, sapaan akrab blokBojonegoro.com. [din/mu]

Profil Singkat:
- Nama : Drs. Yudi Pramono, MM
- TTL : Madiun, 19 September 1962
- Alamat : Jalan Dr. Sutomo Kelurahan Sumbang, Kota Bojonegoro
- Nama Bapak : Herwito Subakdo
- Nama Ibu :Siti Aisyah
- Nama Istri : Syarifah Aisyah
- Nama Anak :
  1. Reza Yudha Pramono
  2. Firli Ayu Kusumawardani

Karir:
- Guru Tidak Tetap (GTT) (1986)
- Pegawai Negeri Sipil (PNS) (1989)
- Kepala Sekolah SMKN 1 Bojonegoro (2008-sekarang)

Aktivitas:
- Ketua Dewan TIK Kabupaten Bojonegoro (2010 - sekarang)
- Ketua MKKS SMK Kelompok Bisnis dan Manajemen Provinsi Jawa Timur (2011-sekarang)
- Ketua MKKS SMK Kabupaten Bojonegoro (2012-sekarang)
- Ketua Forum Akademi Komunitas Tingkat Nasional (2013-sekarang).

Riwayat Pendidikan:
- SMPN Uteran lulus 1977 (Uteran Madiun)
- SMAN 3 Madiun Jurusan IPS lulus 1981 (JL. HA. Salim Madiun)
- IKIP Surabaya Jurusan Akuntansi lulus 1986 (IKIP Surabaya)
- STIEKn Jayanegara Jurusan MSDM lulus 2004 Malang

Tag : Drs. Yudi Pramono, MM, kepsek smkn 1, syarifah aisyah



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat