18:00 . Secara Resmi Bupati Anna Serahkan 28 Unit Kendaraan Dinas Camat   |   16:00 . Dewan Pengupahan Rencanakan Kenaikan UMK 2023 Sebesar 3,4 Persen   |   13:00 . Desainer Yustin Mariani Bangga Rancangannya Tampil di BNFF   |   20:00 . Minibus Adu Banteng dengan Truk, Satu Orang Meninggal   |   19:00 . Pintu Air Waduk Pacal Macet, BPBD Terus Berkoordinasi BBWS Cegah Potensi Banjir Susulan   |   18:00 . Bupati Anna Resmikan Pasar Burung Bagi Para Bird Lovers   |   16:00 . Student Agency, Tantangan Guru Masa Kini   |   15:00 . Lagi Turun, Harga Antam Dijual Mulai Rp539.500   |   13:00 . Hujan, Ini Tips Saat Berkendara dengan Motor   |   19:00 . Viral Pengantin Nikah Saat Banjir, Netizen: Doa Mantan Terkabulkan   |   18:00 . Viral, Warga Sukosewu Langsungkan Pernikahan di Tengah Banjir   |   15:00 . Ini Tips Tetap Bugar dan Tingkatkan Imun Ala Tirta Ayu Spa   |   13:00 . Pernikahan Dini Marak, APPA dan PA Bojonegoro Bersinergi Bersama   |   11:00 . Inilah Nama Pemenang Fashion Street Fruit and Veggie Competition   |   10:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Penghargaan Insan UPG dari KPK   |  
Wed, 30 November 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Masuk Pertama Awal Tahun, Sekda Ingatkan SKPD untuk Evaluasi

blokbojonegoro.com | Tuesday, 02 January 2018 20:00

Reporter: Sutopo

blokBojonegoro.com - Apel pagi di Lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro dihari pertama tahun baru 2018 ini dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bojonegoro, Soehadi Moeljono, Selasa (2/1/2017) pagi tadi.

Dalam kesempatan ini, Pak Mul sapaan akrabnya menyampaikan ucapan selamat tahun baru kepada seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkup Pemerintah Kabupaten yang hadir dalam apel pagi di hari pertama masuk kerja.

Hal kedua yang diingatkan Sekda adalah kepada seluruh pimpinan SKPD untuk melakukan evaluasi dan refleksi diri atas kinerja ditahun lalu dan capainnya, kemudian target kinerja yang akan dilakukan di tahun 2018.

Dijelaskan, bahwa kekuatan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) pemerintah 30 persen bergantung dari perolehan  Dana Bagi Hasil Minyak (DBH) dan Gas bumi.

"Hal ini sama bahwa setengah dari anggaran yang tertera di APBD bergantung dari sektor migas ini," jelas Pak Mul.

Namun, lanjut dia, beberapa tahun lalu Pemerihtah mengalami lebih salur yang berdampak pada pengurangan anggaran disektor DBH.

Bahwa ditahun 2016 ini pemerintah memiliki hutang belanja mencapai 144 milyar rupiah. Tahun 2017 ini ada juga catatan utang belanja, namun catatan resminya sudah ada kini dalam perhitungan.

"Bahwa bagi proyek yang belum terbayar secepatnya dibayar pada bulan Januari," pintanya.

Beberapa proyek ada yang belum selesai 100 persen mulai infrastruktur jalan. Pak Mul berharap untuk segera dilakukan evaluasi dan langkah sesuai aturan.

Jika tidak selesai sesuai kontrak yang ditandatangani untuk dicek. Kemudian terkait dengan apa yang dimaksud dengan perpanjangan 50 hari agar benar benar dicermati dan dipelajari sehingga tidak berdampak secara hukum.

"Kita harus hati-hati dalam mensikapi aturan, boleh takut namun tidak berlebihan," tutur mantan Camat Bubulan itu.

Ditegaskan agar seluruh pimpinan OPD untuk melakukan evaluasi. Yang bisa mengamankan tanggungjawab pemerintah, bukan orang lain hanya diri sendiri dan Allah SWT.

Sekda hari ini benar-benar tekankan kehati-hatian, dan harus disikapi dengan seksama. Luangkan waktu sebelum ada evaluasi maupun pemeriksaan dari BPK.

Sekda juga menyampaikan dari hasil pemeriksaan inspektorat yang belum untuk ditindak lanjuti dan ada surat Bupati agar segera ditindaklanjuti sehingga ada kejelasan.

Untuk pengawas internal atau SPIP untuk melakukan kerjanya dengan melakukan pengawasan internal di lingkungannya.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah dalam hal administrasi surat menyurat . Memasuki 2018 sinyal pendapatan pemerintah hanya 70 persen. Ia meminta untuk melakukan akukan kegiatan dengan time scedule dan yang menjadi prioritas. [top/lis]

Tag : masuk, skpd, pemkab



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat