08:00 . 2 Mahasiswa PJKR UNUGIRI Bojonegoro Raih Gelar Juara Ju-Jitsu dalam Piala Bupati Ngawi   |   17:00 . Gandeng Kampus Lokal, Guru Matematika SMA Bojonegoro Berlatih Membuat AR   |   15:00 . Wadahi Potensi, Pesantren Modern Al Aly Gelar Kompetisi   |   09:00 . Dibalut Proses Sungkeman, 522 Siswa SMK Negeri 1 Bojonegoro Dilepas   |   15:00 . Gugat KPU ke Bawaslu, Bapaslon Nurul-Nafik: Silon Sering Error   |   06:00 . Setahun Jadi ISTeK ICsada, Akreditasi Kampus Ungu Dapat Predikat Baik   |   20:00 . PHE Raih Penghargaan dalam IPA Convex 2024   |   19:00 . Geliat┬áMemperingati Hari Buku   |   18:00 . Tiga Klub Milik Exco PSSI Melenggang Babak 16 Besar Liga 3 Nasional   |   17:00 . HUT Dekranasda ke-44, Ketua Dekranasda Bojonegoro Ajak Kader Terus Gali Potensi dan Tingkatkan Kreatifitas.   |   16:00 . Bapaslon Nurul Azizah-Nafik Sahal Akan Gugat KPU Bojonegoro   |   15:00 . KPU Bojonegoro Kembalikan Berkas Dukungan Bapaslon Nurul Azizah-Nafik Sahal   |   14:00 . TP PKK Sarangan Gelar Pelatihan Racik Ramuan Toga   |   12:00 . Kacabdindik Bojonegoro Tuban Dukung Gerakan Kantin Halal bersama LP3H KAHMI   |   11:00 . Laga Pamungkas, Persibo Gagal Tumbangkan Adhyaksa Farmel FC   |  
Mon, 20 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Warga Belum Direlokasi, Dewan Sidak Waduk Gongseng

blokbojonegoro.com | Tuesday, 23 January 2018 17:00

Warga Belum Direlokasi, Dewan Sidak Waduk Gongseng

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com -
Warga Desa Papringan, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro masih resah, karena belum direlokasi dari tempat pengerjaan waduk Gongseng yang masih pengerjaan. Sehingga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Bojonegoro melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lokasi waduk tersebut.

"Kita sidak ke waduk Gongseng yang kita fokuskan ke relokasi atau tukar menukar tanah yang milik warga," kata wakil ketua Komisi A DPRD Kabupaten Bojonegoro, Anam Warsito.

Pria yang juga Ketua DPD KNPI Kabupaten Bojonegoro itu menuturkan, pada prinsipnya warga di Dusun Kalimati, Desa Papringan meminta tanah diganti tanah. Sehingga proses relokasinya yang sampai saat ini, masih menunggu keputusan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, menyangkut tentang pemetaan lahan Perhutani untuk digunakan sebagai tanah pengganti untuk warga tersebut.

Sementara tanah pengganti hutan sudah disiapkan Pemkab di wilayah Kecamatan Kasiman dan wilayah Kecamatan Tambakrejo, tinggal menunggu proses. "Sehingga sampai saat ini warga Dusun Kalimati, Desa Papringan belum direlokasi karena masih menunggu putusan di tingkat pusat," terangnya.

Ditambahkan, proses pelaksanaan waduk Gongseng masih 51 persen ini yang membuat warga resah, jika sewaktu-waktu ada banjir karena limpahan air sungai yang biasanya mereka lewati, sekarang tidak bisa lancar masuk ke waduk. Sehingga takutnya menyebabkan banjir.

"Warga menuntut agar segera dilakukan proses relokasi atau  tanah warga yang terkena proyek waduk, untuk segera diganti dengan tanah yang sudah disepakati antara pihak warga desa dengan tim percepatan waduk Gongseng yang terbentuk antara Pemkab Bojonegoro, Perhutani dan bagian pertanahan," imbuhnya.

Untuk itu, pihaknya akan terus mendorong agar cepat selesai dan warga juga menuntut agar secepatnya, karena proses proyek berjalan terus menerus. Sementara relokasi belum dilakukan, maka Komisi A nanti pada Minggu  pertama pada bulan Februari akan melakukan rapat kerja dengan tim percepatan, Camat Temayang dan masyarakat serta perangkat Desa Papringan.

"Untuk bagaimana kemudian langkah-langkah percepatan segera dilakukan agar masyarakat yang resah menjadi segera tenang, karena sudah direlokasi ke tempat yang sudah tidak rawan banjir," pungkasnya. [zid/ito]
 

Tag : waduk, gongseng, temayang, karangnongko, ngraho, pejok, kanor



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat