12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |   16:00 . Viral! Sopir Bus dan Pemudik di Bojonegoro Adu Jotos, Kenapa?   |   15:00 . Libur Lebaran Okupansi Hotel Naik Hingga 90 Persen   |   18:00 . Puncak Arus Balik, 19 Ribu Pemudik Berangkat dari Stasiun Daop 8 Surabaya   |   20:00 . 165 Napi di Lapas Bojonegoro Terima Remisi Idul Fitri   |   16:00 . Pemkab Bojonegoro Sediakan Rest Area Bagi Pemudik   |   14:00 . Jalur Bojonegoro-Babat Padat Merayap, Kasat Lantas : Mudik Lokal   |   12:00 . Hari Raya Idul Fitri 1445 H H+2 Lebaran di Wilayah Timur Bojonegoro, Jalanan Padat   |   11:00 . Macet di H+2 Lebaran di Wilayah Timur Bojonegoro   |   10:00 . FSGI Dukung Pramuka Tak Lagi Wajib di Sekolah, Ini Alasannya   |   08:00 . Begini Tips Kelola Keuangan Saat Lebaran Hindari Hutang Hingga Sifat Konsumtif   |  
Mon, 15 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Hindari Perpeloncoan, MPLS Siswa Baru Ditangani Guru

blokbojonegoro.com | Sunday, 15 July 2018 09:00

Reporter: M. Safuan

blokBojonegoro.com - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tingkat SMA/SMK segera dilaksanakan pada Senin (16/7/2018) mendatang. Namun yang bertindak sebagai panitia MPLS nanti adalah guru, bahkan melarang saat acara masa pengenalan sekolah itu siswa senior ikut terlibat, hal itu untuk mengantisipasi perpeloncoan saat MPLS berlangsung.

Hari pertama nanti diimbau agar orang tua siswa turut mendampingi anaknya. Hal tersebut dimaksudkan untuk memberikan kenyamanan bagi sang anak dalam mengikuti MPLS, tidak hanya itu pengenalan lingkungan juga bertujuan supaya siswa baru bisa mengenal berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Provinsi Jatim wilayah Bojonegoro, Sumiarso mengatakan, Pelaksanaan MPLS akan dilaksanakan selama lima hari pada jam sekolah yang pelaksanaannya itu langsung ditangani oleh guru dengan memberikan materi yang bersifat edukatif.

"Tidak diperbolehkannya siswa lama ikut terlibat MPLS agar tidak ada perpeloncoan," jelasnya kepada blokBojonegoro.com

Sumiarso menambahkan, kegiatan MPLS sekarang diisi dengan kegiatan-kegiatan rohani untuk membangun karakter akhlak siswa baru sekaligus pengembangan bakat.

Saat disinggung apabila dalam pelaksanaan MPLS ada yang dilanggar, Sumiarso mengungkapkan, pastinya pihak dinas akan memberikan sanksi tegas terhadap sekolah, mulai teguran hingga pemberhentian jabatan. "Tinggal dilihat seberapa berat yang dilanggar," katanya.

Pelaksanaan MPLS ini berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaaan (Permedikbud) no.16 tahun 2016. Adapun beberapa materi dalam pelaksanaan MPLS itu meliputi kepramukaan, kesadaran berbangsa dan bernegara, pengenalan karakter, pengenlan kurikulum hingga memberikan wawasan kebangsaan dan anti radikalisme.

Saat pelaksanaan MPLS itu siswa baru harus memakai seragam lengkap, membawa alat tulis dan memakai nama pengenal. "Yang terpenting siswabaru bisa nyaman saat mengikuti MPLS," pungkas Sumiarso kepada blokBojonegoro.com. [saf/mu]

Tag : ppdb, siswa, mpls



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat