19:00 . Inilah Nama-Nama Mutasi Pejabat Pemkab Bojonegoro   |   18:00 . Sinergi Dinas PMD dan Bapenda Dampingi Desa Deteksi Dini Objek Pajak Terkendala   |   16:00 . Ini Spek Lengkap Toyota Rush, Kendaraan Camat se-Kabupaten Bojonegoro   |   15:00 . Stigma Buruk Menjadi Kendala dalam Penanggulangan HIV/AIDS   |   14:00 . Kasus HIV di Bojonegoro Mencapai 217 kasus, 2 Persen di Atarannya Anak-anak   |   13:00 . Kasus Persetubuhan Terhadap Anak di Bawah Umur Meningkat   |   12:00 . EMCL Bersama Tim Aku Sehat Giat Pelatihan Pengolahan Kreasi Makanan Toga Cegah Stunting Balita   |   07:00 . 5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak, Benarkah Susu Formula Turunkan Kecerdasan Anak?   |   20:00 . Ulang Tahun ke-7, blokTuban.com Tempati Kantor Baru   |   19:00 . Luapan Kali Kening Rendam Ratusan Rumah Warga Parengan   |   18:00 . Produksi Besar, JTB Bakal Jadi Tulang Punggung Energi Gas Nasional   |   17:00 . Kemenag Bojonegoro Gelar Rakor Penyuluh Agama Islam di TPG   |   16:00 . Peringatan HSN, DPD PKS Bojonegoro Gelar Lomba Baca Kitab Kuning   |   15:00 . Meriah! KKN UNUGIRI Kelompok 44 Desa Jetakwanger Gelar JNS   |   13:00 . Seorang Saksi Diperiksa, Total Kerugian Capai Rp2,4 Milyar   |  
Fri, 02 December 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tekankan Penurunan AKI dan AKB, ini yang Dilakukan DP3AKB

blokbojonegoro.com | Monday, 06 August 2018 11:00

Tekankan Penurunan AKI dan AKB, ini yang Dilakukan DP3AKB

Reporter : M Safuan

blokBojonegoro.com - Masih tingginya resiko Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Kabupaten Bojonegoro, Dinas Pemberdayaan Perlindungan Perempuan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Bojonegoro berupaya menekan AKI dan AKB dengan mendata sejak dini bagi Pasangan Subur Risiko Tinggi (Pusristi) hingga ke setiap desa.

Hal itu, diperuntukkan Pusristi tersebut untuk memasang implan atau alat kontrasepsi yang sesuai dengan kebutuhannya. Dengan begitu nantinya AKI dan AKB di Bojonegoro bisa menurun drastis. Pasalnya Kabupaten Bojonegoro masuk 10 besar AKI dan AKB tertinggi se Jawa Timur.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perlindungan Permpuan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Bojonegoro, Adie Witjaksono mengungkapkan, pihaknya bersama Dinkes Bojonegoro mengundang bidan dan Kader se Kabupaten untuk mengajak dan menerapkan serta mensosialisasikan 4 terlalu seperti jangan menikah terlalu dini, jangan terlalu dekat jarak melahirkan.

"Selain itu, bidan dan kader desa untuk mendata Pusristi dengan memberikan pengetahuan terhadap Pusristi tersebut," jelas pria yang akrab disapa Adie.

Lanjut dia, dengan pemberian materi, kader dan bidan bisa melakukan pendataan mulai dari tingkat desa dan memetakannya serta mampu mengetahui sejak awal para pasangan yang mempunyai resiko tinggi.

"Sedangkan untuk Ibu Hamil Resiko Tinggi (Bumilristi) penanganannya di Dinkes Bojonegoro," beber Adie Kepada blokBojonegoro.com.

Sebagai program awal Desa Cangaan, Kecamatan Kanor bakal dijadikan desa percontohan untuk melakukan pendataan Pusristi dan Bumilristi. Adapun pemilihan desa itu, pasalnya desa tersebut juga sebagai desa yang berpredikat sebagai Desa Sayang ibu.

"Desa Cangaan hingga kini juga sebagai desa yang tercatat belum ada kasus AKI, sekaligus bidan maupun kader sering langsung terjung ke ibu hamil untuk memantau kesehatan," cakap Adie

Dengan adanya pendataan bagi pusristi maupun Bumilristi nantinya bisa memperoleh penanganan yang tepat sekaligus bisa menekan AKI dan AKB di Bojonegoro ke depannya.[Saf/]

Tag : ibu, hamil, anak



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat