18:00 . Wamenag RI Serahkan SK Pendirian IAI Al-Fatimah Bojonegoro   |   17:00 . 12 Ribu Warga Bojonegoro Siap Berangkat   |   16:00 . Besok Polres Gelar Operasi Keselamatan, Simak Aturannya!   |   15:00 . Barongsai Hingga Bazar Chinese Meriahkan Festival Cap Go Meh Street Thamrin Bojonegoro   |   13:00 . Muslimat-Fatayat NU Sarangan, Gelar Istighosah   |   12:00 . Satu Abad NU: Jangan Terjebak Pada Romantisme Politik   |   08:00 . Disnakkan: Salurkan 134.050 Dosin Vaksin PMK Selama Setahun   |   20:00 . Di Ponpes Attanwir, Mbah Yai Idris Ngaji Riyadlus Sholihin   |   19:00 . Silaturrahmi IKSAS Pasuruan di Ponpes Attanwir   |   18:00 . Warga Antusias Kunjungi Gemerlap Thamrin Bojonegoro 2023    |   14:00 . Pencarian Hari Keempat Terkendala Cuaca dan Debit Sungai   |   12:00 . Gemerlap Thamrin Bojonegoro, 75 Personil Dishub Dikerahkan   |   11:00 . Daftar 10 Nama Perempuan Paling Populer di Indonesia, Namamu Ada?   |   10:00 . Kembali Mediasi, Warga Sampaikan Tiga Tuntutan kepada Kades Sumuragung   |   09:00 . Pencanangan GEMAPATAS, Bupati Bojonegoro Siap Dukung Akselerasi PTSL   |  
Mon, 06 February 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Imunisasi Difteri Tahap Dua di Bojonegoro Capai 47,30 Persen

blokbojonegoro.com | Wednesday, 01 August 2018 20:00

Imunisasi Difteri Tahap Dua di Bojonegoro Capai  47,30 Persen

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro kembali menggencarkan pelaksanaan imunisasi ulang atau Outbreak Response Immunization (ORI) kejadian luar biasa (KLB) difteri pada Bulan Juli sampai Agustus 2018 mendatang. Sejak dimulai pada tanggal 1 Juli, saat ini cakupan pemberian vaksin sudah mencapai 47,30 persen.

Untuk putaran ke dua, sasaran ORI mencapai 320.123 anak. Yang mana mengalami penurunan, dibanding pada putaran pertama yang mencapai 327.4798 anak.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro, Totok Ismanto, mengungkapkan sasaran kegiatan ORI putaran ke dua mengalami penurunan lantaran banyak remaja yang sudah menginjak umur 20 tahun, yang sebelumnya masih berumur 19 tahun pada ORI pertama.

"ORI diwajibkan bagi anak berumur 1-19 tahun lantaran dinilai kekebalan tubuh mereka masih lemah terhadap toksin difteri yang dibawa bakteri difteri. Sedangkan, bagi masyarakat yang umurnya 20 tahun ke atas bisa melakukan imunisasi sendiri di Puskesmas, klinik kesehatan atau pusat pelayanan kesehatan terdekat," ujar Totok.

ORI sendiri dilakukan sebanyak tiga tahap. Putaran pertama sudah terlaksana pada bulan Februari-Maret. Serta putaran ke dua berlangsung Juli-Agustus, dan putaran ke tiga pada November-Desember mendatang.

Dalam ORI ke dua, Dinas Kesehatan tidak mengalami kendala ataupun penolakan dari siswa ataupun orang tua. Sebab, dalam kegiatan imunisasi ini sebelumnya Dinas Kesehatana juga menggandeng Kemenang maupun Dinas Pendidikan untuk melakukan sosialisasi, karena ORI sangatlah penting sebagai obat ataupun antisipasi virus difteri.

"Biasanya kan ada orang tua yang anti terhadap imunisasi dengan landasan haram. Namun, dalam imunisasi difteri ini kita juga sudah mendapat rekomendasi dari MUI dan mendapat lebel halal," tuturnya kepada blokBojonegoro.com.

Difteri adalah penyakit yang disebabkan bakteri Corynebacterium diphteriae dan dapat menyebabkan kematian, terutama pada anak-anak. Penyakit ini memiliki masa inkubasi dua hari hingga lima hari dan akan menular selama dua hingga empat minggu. Penyakit itu sangat menular dan dapat menyebabkan kematian jika tidak ditangani secara cepat.

"Difteri dapat menular melalui cairan mulut dengan batuk atau bersin. Bahkan bernapas saja kemungkinan penularannya tinggi, jadi kata kuncinya penyakit ini dapat dicegah hanya dengan imunisasi saja," tutup Totok.[din/ito]

Tag : difteri, dinkes, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 24 January 2023 08:00

    Manfaat Belajar Matematika

    Manfaat Belajar Matematika Matematika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang angka dan bilangan. Materinya yang sulit dipahami dan banyaknya rumus yang harus diingat, membuat tidak semua orang menyukai matematika, bahkan membencinya. Dibutuhkan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 23 December 2022 12:00

    Pengumuman Lelang Terbuka

    Pengumuman Lelang Terbuka Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, PT. Asri Dharma Sejahtera Tahun 2022, dengan ini tim pengadaan jasa kontruksi melakukan lelang terbuka dengan kualifikasi pekerjaan sebagai berikut...

    read more