19:00 . Liga Kacabdin Bojonegoro Wadahi Siswa Berkompetisi   |   18:00 . Halal Bi Halal, AC ISNU Balen Mantapkan Program Kerja   |   14:00 . Libur Waisak, Harga Logam Mulia Antam Naik   |   12:00 . Masih Membludak Antre Tiket Bioskop Film KKN Desa Penari   |   11:00 . PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Kedewan Masa Bakti 2021-2023 Resmi Dilantik   |   10:00 . Pemkab Renovasi Jembatan Penghubung Kecamatan Temayang dan Sugihwaras   |   09:00 . 1 Siswa SMA di Bojonegoro Tak Lulus Ujian   |   08:00 . Bernostalgia Bareng Tamiya, Ini Tips dan Perawatannya   |   07:00 . Sering Berkeringat di Malam Hari Saat Tidur? Bisa Jadi Anda Mengalami 5 Kondisi Ini   |   18:00 . Ular Sanca Kembang Ditemukan di Pekarangan Warga Banjarsari   |   17:00 . Tak Terima Diejek, Anak 13 Tahun Bacok Teman Mainnya   |   15:00 . Bentor, Sarana Transportasi Alternatif Saat Terjebak Hujan di Terminal   |   09:00 . Apa itu Nasolabial Fold? Bagaimana Cara Mencegahnya?   |   08:00 . Mendag Lutfi Bahas Pemulihan Ekonomi Kawasan Bersama Negara-Negara ASEAN   |   21:00 . Mendag Lutfi: ASEAN Harus Kompak Respon Perkembangan Ekonomi Dunia   |  
Mon, 16 May 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Siapa yang Tahu, Lompong Punya Khasiat Menurunkan Tekanan Darah

blokbojonegoro.com | Tuesday, 19 November 2019 07:00

Siapa yang Tahu, Lompong Punya Khasiat Menurunkan Tekanan Darah

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Bahan alami telah diolah menjadi minuman maupun suatu masakan layak untuk rutin dikonsumsi. Apalagi sebagian bahan tersebut mempunyai nilai gizi, bahkan bisa membantu menghindarkan maupun melawan gangguan kesehatan.

Seperti dikutip dari Harianmerapi.com, Nurselo asal Sidokarto Sleman mengungkapkan, jenis masakan tradisional antara lain berbahan lompong (batang talas), kluwih, bunga pisang dan nangka muda. Adapun manfaat lompong, baik disayur atau dibuat wujud seperti cerimping, antara lain, membantu menormalkan atau menstabilkan tekanan darah, sehingga bisa ikut mencegah tekanan darah tinggi maupun darah rendah.

“Kandungan seratnya bagus juga untuk kesehatan sistim pencernaan, sehingga ikut mendukung kesehatan secara umum termasuk ketika rutin diberikan pada satwa beberapa jenis ikan air tawar,” katanya.

Sayur alami seperti ini diyakini juga memiliki kandungan antioksidan, sehingga bisa ikut mendukung imunitas atau kekebalan tubuh dari beberapa keluhan kesehatan. Artinya juga memiliki kemampuan menangkal radikal bebas di tubuh, sebab radikal bebas maupun toksin bisa memicu datangnya gangguan kesehatan.

Selain bagian batang talas atau lompong, beberapa varietas talas, bagian daunnya juga cocok dibuat makanan tradisional biasa disebut buntil. Dengan dipadu beberapa bahan alami lain, buntil daun talas antara lain bisa bermanfaat membantu menghindarkan maupun melawan kolesterol jahat di tubuh.

Tak ketinggalan, bisa berperan sebagai antiseptik alami serta penangkal radikal bebas di tubuh. Bahkan karena bersifat alami, masakan berbahan batang maupun daun talas (lompong) dapat dikonsumsi rutin. Sebagian lokasi kuliner pun menyediakan masakan tradisional yang menyehatkan seperti ini.

“Cara memperbanyak tanaman lompong ini juga mudah, misalnya dengan memisahkan bagian anakan atau tunas dari rumpun tanaman. Bisa juga menggunakan bagian umbi yang sudah tua, syukur sudah ada calon tunas dalam umbi tersebut,” ujarnya.

Sumber: https://www.teras.id/life/pat-30/188191/
siapa-yang-tahu-lompong-punya-khasiat-menurunkan-tekanan-darah

Tag : manfaat, talas, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 08 May 2022 13:00

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan keluarga besar Blok Media Group (BMG). Kali ini adalah Reporter blokBojonegoro.com, Lizza Arnofia Choirunnisa yang hari ini melangsungkan upacara resepsi pernikahan dengan pujaan hatinya....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat