15:00 . LPPM Unigoro Sebut Suhu di Bojonegoro dan Sekitarnya Meningkat   |   14:00 . Pasca Libur Lebaran, Tren Jual Emas Meningkat   |   12:00 . Bupati Anna Secara Daring Buka Pra Pekan Porprov Jawa Timur VII   |   11:00 . Memimpin Pertemuan Menteri Ekonomi ASEAN, Mendag Lutfi: Waktunya Manfaatkan dan Meningkatkan Relevansi ASEAN   |   08:00 . Jadi Tuan Rumah Pra Porprov Silat, Bojonegoro langsung Lolos   |   07:00 . Benarkah Anak dengan Pola Makan Vegetarian Tumbuh Lebih Cepat Dibanding Non-vegetarian?   |   21:00 . Mendag Lutfi: Targetnya Pengembangan Ekonomi Kawasan   |   20:00 . Sinergitas Pelaku UKM di Bojonegoro Kompak Ikuti Halal Bihalal   |   19:00 . Mendag Lutfi Menggelar Pertemuan Khusus Menteri Ekonomi ASEAN di Bali, Ada Apa?   |   18:00 . Hari Buku Nasional, PEPC JTB Luncurkan Buku Tentang Sukses Pendampingan BUMDes   |   17:00 . Kemenag Bojonegoro Update 72 Data Lembaga Ponpes Secara Gratis   |   16:00 . Syarat Mutlak Penentu Kelulusan, Warga Belajar Kesetaraan Harus Ikuti UPK   |   15:00 . Bantuan Pembangunan dan Rehab Masjid-Musala, Baru Ada 3 Pengajuan   |   14:00 . PLN Akan Tertibkan Pengguna Listrik Daya 450 VA   |   13:00 . Ramai Wabah PMK, Penjualan Daging Sapi di Pasar Tradisional Tetap Stabil   |  
Fri, 20 May 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Menguntungkan, Warga Purwosari Panen Waluh

blokbojonegoro.com | Monday, 30 March 2020 12:00

Menguntungkan, Warga Purwosari Panen Waluh

Pengirim : Iskak Riyanto

blokBojonegoro.com - Petani Desa Tinumpuk, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro berhasil menanam  waluh (labu kuning) tumpangsari dengan pohon pisang di tegalannya. Suparno bisa memanen waluh muda 40 buah setiap hari, karena sayuran tersebut dirasa langka di pasaran sehingga mendapatkan keuntungan yang mengiurkan.

"Ini panen perdana, dua hari terakhir ini mendapatkan 80 buah, dijual ke tukang sayur keliling, mau ke pasar nggak sempet. Laku Rp5.000 setiap buah," kata Suparno, Minggu (29/3/2020).

Dijelaskan petani energik ini, ia menanam waluh sebanyak 300 batang sekitar 3 bulan yang lalu dengan tumpangsari yakni diselesa-selasa pohon pisang dan kacang hijau. Pasalnya membaca peluang, menambah tanaman di sekitarnya masih bisa dilakukan dengan menanam waluh.

"Benihnya saya beli di toko pertanian yang sachetan. Untuk jarak tanamnya kurang lenih satu setengah kali empat meter. Awalnya juga tumpasari sama kacang hijau, tadinya tidak  tumbuh dengan baik, setelah kacang hijau dipanen baru tumbuh subur," jelasnya.

Sementara itu Kasi SDM Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro Bojonegoro, Djoko PW mengapresiasi keuletan petani Kecamatan Purwosari tersebut. "Petani ini salah satu petani yang gigih dan selalu berorientasi dengan pasar. Sebab disaat belum ada petani menanam waluh, dia (Suparno) memberanikan diri menanamnya, karena dia tahu saat panen nanti harga waluh akan bagus, karena barang sedikit sementara pembeli selalu ada untuk bahan olahan," terang Djoko, Senin (30/3/2020).

Hasilnya terbukti, disaat panen harga waluh lumayan tinggi yaitu Rp 5 ribu setiap buahnya. Sehingga dalam sehari bisa memungut 40 buah, maka sudah bisa dihitung akan mengantongi uang Rp 200 ribu perharinya.

Pria yang juga seorang mubaligh itu menambahkan, proses menanamnya itupun masih ditumpangsari dengan kacang ijo dan pisang. "Untuk itu pandai-pandailah petani dalam memanfaatkan lahan dan memilih komoditi. Sehingga bisa menjadi alternatif pendapatan di luar penghasilan dari sawah. Selamat pak Suparno," pungkas Djoko memberi semangat petani lainnya. [lis]

*PPL Disperta Bojonegoro.

Tag : Waluh, panen, purwosari



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 08 May 2022 13:00

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan keluarga besar Blok Media Group (BMG). Kali ini adalah Reporter blokBojonegoro.com, Lizza Arnofia Choirunnisa yang hari ini melangsungkan upacara resepsi pernikahan dengan pujaan hatinya....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat