07:00 . Saat Tekanan Darah Naik, Konsumsi 6 Makanan Ini Agar Turun!   |   21:00 . Silaturahmi ke Masyarakat, PKB Pastikan Perjuangkan Nasib Warga   |   20:00 . Polres Bojonegoro Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021   |   19:00 . Jelang Lebaran Petani Clebung Panen Kacang Tanah   |   18:00 . Muhammadiyah Umumkan 1 Syawal Jatuh 13 Mei 2021   |   17:00 . Asyiknya Ngabuburit Sambil Jogging di Kahyangan Api   |   16:00 . Produsen Kuker Jadoel Kebanjiran Pesanan Selama Bulan Ramadan   |   15:00 . Sebagai Reward Lebaran, Remisi Napi Akan di Umumkan Setelah Idul Fitri   |   14:00 . Beragam Olahan dari Kelor di Desa Bogo Miliki Bahan Baku Sendiri   |   13:00 . Indonesia Terima 982 Ribu Dosis Vaksin Untuk Vaksinasi Gotong Royong   |   12:00 . Satgas: Adanya Varian Baru Jangan Disikapi Dengan Panik   |   11:00 . Berbelanja Online Cara Paling Aman Menyambut Lebaran Tanpa Berkerumun di Pusat Perbelanjaan   |   09:00 . Satgas Ingatkan Tradisi Belanja Lebaran Jangan Memicu Klaster Baru   |   07:00 . Tanpa Disadari Anak-Anak Bisa Konsumsi Gula Seperempat Kilo Sehari   |   05:00 . 4 Pasien Sembuh, Kasus Baru Tambah 4 Orang   |  
Thu, 06 May 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

PC LPPNU Bojonegoro Fasilitasi Penumbuhan Kelompok tani

blokbojonegoro.com | Thursday, 18 June 2020 09:00

PC LPPNU Bojonegoro Fasilitasi Penumbuhan Kelompok tani

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) merupakan perangkat organisasi Nahdlatul Ulama (NU) yang bertugas melaksanakan kebijakan di bidang pengembangan dan pengelolaan pertanian, kehutanan, dan lingkungan hidup. Dalam upaya ikut serta dalam pembangunan pertanian di Kabupaten Bojonegoro, PC LPPNU Bojonegoro mempunyai program pendampingan penumbuhan atau pemekaran kelompok tani baru.

Kelompok tani merupakan kelembagaan petani yang bertumbuh kembang dari, oleh, dan untuk petani. Kelompok tani mempunyai peranan yang strategis sebagai wadah pemberdayaan petani, meningkatkan SDM dan kesejahteraan petani. Kelompok tani berfungsi sebagai kelas belajar, wahana kerjasama, dan unit produksi pertanian.

Berdasarkan nilai positif itu, LPPNU MWC Ngraho menangkap peluang tersebut dengan ikut menfasilitasi penumbuhan atau pembentukan kelompok tani di Desa Bancer dan Sugihwaras, kecamatan setempat.

"Proses pembentukan sudah sesuai dengan petunjuk dari Dinas Pertanian Bojonegoro yang diawali dengan musyawarah yang dihadiri anggota, PPL, dan perangkat desa agar supaya terjadi komunikasi yang baik," kata Ahmad Sholihin, kordinator LPPNU MWC Ngraho, Rabu (17/6/2020).

Pria yang juga seorang ustadz itu berharap, dengan adanya penumbuhan atau pembentukan kelompok tani baru ini, petani bisa bangkit lebih maju dalam sektor pertanian. "Selain itu sebagai tindaklanjut dari semua ini bisa menjadi inspirasi bagi yang lain yang dirasa kelompok taninya kurang aktif," harapnya

Sementara itu ketua PC LPPNU Kabupaten Bojonegoro, H. Zaenal Fanani mengapresiasi langkah LPPNU MWC Ngraho. Pada dasarnya Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 67/Permentan/SM.050/12/2016 tentang pembinaan kelembagaan petani mengamanatkan adanya perubahan kepengurusan kelompok tani, penumbuhan atau pembentukan kelompok tani baru.

"Hal itu bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk memperbaiki atau melengkapi yang sudah ada. Dengan adanya penumbuhan atau pembentukan kelompok tani baru ini diharapkan kesejahteraan petani semakin meningkat secara adil dan merata," terang Haji Zaenal. [zid/mu]

Tag : Nu, petani

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat