20:00 . Pendaftaran CASN Diundur Hingga Akhir Juni   |   19:00 . Polres Bojonegoro Bagikan Ratusan Paket Sambako untuk Petugas Medis   |   18:00 . Harga Daging Ayam Merangkak Naik   |   16:00 . DEN Bantu  Pembangunan Rendah Karbon Industri Hulu Migas   |   11:00 . Bojonegoro Terus Berbenah   |   08:00 . Dalane Bojonegoro Wis 'Nglenyer'   |   07:00 . Orangtua, Ini Pentingnya Bantu Anak Atur Emosi   |   22:00 . Menikmati Keindahan Bukit Atas Angin di Malam Hari   |   21:00 . Momentum Hari Bhayangkara Ke - 75 Polres Bojonegoro Gelar Donor Darah   |   20:00 . Jadikan Sedekah Sebagai Kunci yang Diberikan Orang Tua untuk Sukses   |   19:00 . Duh...! Terus Meningkat, Kasus Konfirmasi Positif Covid-19 di Bojonegoro 43 Orang   |   18:00 . Kurang Konsentrasi, Toyota Vios Tabrak Pembatas Jembatan di Mayangkawis   |   17:00 . Melalui Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Bupati Anna Imbau Terus Tingkatkan Prokes   |   16:00 . Mahasiswa Bidikmisi Unu Sunan Giri Tandatangani Kontrak Perjanjian   |   15:00 . Jelang Idul Adha, Penjual Tusuk Sate Mulai Menggelar Lapak   |  
Sat, 19 June 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bobota, Inovasi Polres Bojonegoro Tanggulangi Covid-19

blokbojonegoro.com | Sunday, 01 November 2020 19:00

Bobota, Inovasi Polres Bojonegoro Tanggulangi Covid-19

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Pandemi Covid-19 menjadi perhatian semua pihak, karena dampaknya berakibat pada seluruh aspek di dunia tak terkecuali Indonesia, termasuk di Kabupaten Bojonegoro. Sehingga untuk menggulangi Covid-19 di Kota Ledre, Polres Bojonegoro berinovasi dengan membuat robot yang dinamai Bobota (Robot Bojonegoro Tangguh).

Robot ciptaan Polres Bojonegoro dilihat dari bentuknya sederhana dan dinamis, namun kecanggihannya sudah modern serta banyak kecanggihan maupun aplikasi didalamnya. Bentuknya seperti mobil patroli Polri, tetapi ada kamera seperti CCTV dan juga sebuah lampu layaknya traffick ligh di perempatan.

Meskipun bentuknya tidak terlalu besar, pengerjaan pembuatan Bobota membutuhkan waktu tidak singkat. "Pengerjaan robot itu tiga bulan oleh lima orang," kata Brigadir Nanang Saiful Hanafi, koordinator tim pembuat robot Bobota.

Nanang yang juga anggota Sitipol Polres Bojonegoro itu menceritakan, pembuatan Bobota menyita cukup waktu dan tenaga, karena ada beberapa kesulitan dalam pembuatannya. Sebab Bobota ini merupakan robot kendali jarak jauh melalui jaringan internet, banyak memakan waktu pada riset pengendalian dan komunikasi 2 arah agar dapat berjalan lancar dan tanpa jeda.

"Karena ingin membuat karya robot patroli seperti halnya di luar negeri, khususnya saat pandemi covid untuk meminimalisir kontak petugas," terangnya anggota polisi yang pernah membuat aplikasi web dan android di Polres Bojonegoro, Polda Jatim, dan beberapa di luar Polda Jatim, serta Video analityc dan IoT.

Bobota ada beberapa fitur yang ada didalamnya mulai amera ALPR (Automatic License Plate Recognition) yakni kamera yang dapat mendeteksi tanda nomor kendaraan bermotor secara otomatis, merekam, serta menyimpan data nomor kendaraan bermotor. Sehingga pendataan plat nomor kendaraan dapat dilakukan pada saat kegiatan patroli, dan dilengkapi alarm apabila ada nomor kendaraaan yang masuk dalam blacklist.

Terpasang pula AI Camera (FaceMask Detection Alert), menggunakan pemanfaatan AI dan IoT yang dapat mendeteksi setiap masyarakat yang tidak menggunakan masker dan dilengkapi dengan himbauan untuk penggunaan masker. Serta video call, merupakan salah satu fitur untuk berkomunikasi 2 arah antara masyarakat dan petugas guna untuk meminimalisir kontak langsung. Announcement Speaker dilengkapi dengan 4 buah speaker yang dapat digunakan untuk memberikan pengumuman, himbauan, dan juga play audio.

Kecanggihan Bobota juga dilengkapi Mobile Traffic Light, yaitu modul lampu pengaturan lalu lintas 4 arah yang dilengkapi dengan extension ketinggian yang dapat di sesuaikan dengan kebutuhan. Sekaligus dilengkapi PTZ Camera 270 derajat dan Camera 360 drajat, merupakan kamera yang dapat berputar baik 270 derajat atau 360 derajat yang bertujuan untuk mengetahui kondisi dari arah tertentu.

"Robot patroli polri buatan anak bangsa satu-satunya dan pertama di Indonesia yang dapat dikendalikan dari command center dan dilengkapi dengan kamera AI (artifial inteligent), untuk mendeteksi masyarakat yangg tidak pakai masker, dilengkapi dengan fitur audio video 2 arah, kamera deteksi pelat nomor," ungkapnya.[zid/ito]

Tag : Bobota, covid, polres, bojonegoro

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Monday, 31 May 2021 12:00

    Rekrutmen CPNS dan PPPK Bojonegoro 2021

    Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda

    Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda Sesuai dengan Surat Kepala BKN bernomor 4761/B-KP.03/SD/K/2021 tanggal 28 Mei terkait beberapa peraturan penundaan pendaftaran CPNS maupun PPPK yang belum di tetapkan oleh pemerintah serta masih ada beberapa usulan revisi...

    read more