Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Apresiasi Gagasan Bupati, PMI Jatim Kunjungi Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Thursday, 29 April 2021 19:00

Apresiasi Gagasan Bupati, PMI Jatim Kunjungi Bojonegoro

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Pasca pelantikan dewan kehormatan dan pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bojonegoro beberapa waktu lalu, Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah akan all out mengembangkan PMI. Termasuk gagasan besar membentuk adanya bank data darah dimungkinkan akan menjadi rujukan Jawa Timur maupun nasional.

Sehingga bentuk apresiasi dan sinergitas, PMI Provinsi Jawa Timur mengunjungi Kabupaten Bojonegoro, Kamis (29/4/2021) untuk menindaklanjuti gagasan luar biasa tersebut. Ketua bidang pelayanan kesehatan dan sosial dr H Harsono bersama ketua bidang pelayanan darah/UDD dr Nunik Dhamayanti M.Kes, diterima ketua PMI Kabupaten Bojonegoro, dr Hernowo beserta pengurus PMI, bertemu Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah didampingi Kepala Dinas Kesehatan.

Sebelum bertemu orang pertama di daerah penghasil minyak, sebutan lain Kabupaten Bojonegoro, pengurus PMI Jawa Timur melihat langsung perkembangan kantor UDD di jalan Sawunggaling Bojonegoro. Termasuk meninjau langsung setiap sudut ruangan layanan darah milik PMI Kabupaten Bojonegoro.

Setibanya di gedung Pemkab, rombongan diterima langsung Bupati Bojonegoro di ruang Batik Madrim. Dokter Harsono mengawali pembicaraannya menyampaikan ketertarikan ketua PMI Jawa Timur, Pak Imam Utomo dengan gagasan inovasi Bupati Bojonegoro tentang transfusi darah.

"Bagaimana rencana besar itu terealisasi. Sehingga bisa mencukupi stok darah dan mendistribusikan, karena kebutuhan nasional kurang dan seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur mengalami kekurangan akibat pandemi," paparnya.

Selain itu lanjut Dokter Harsono, kebutuhan darah plasma aparesis konfalesen dan pemberian reagent dari Kemenkes RI tidak lagi ada pendistribusian. Apalagi UDD PMI Bojonegoro juga melakukan persiapan CPOB dan termasuk PMI bagaimana pembinaan relawan.

"Bahkan di Jember misalnya ada relawan media PMI, ke depan di Bojonegoro bisa dibentuk," harap dokter Harsono mantan Direktur RSUD dr. Soetomo Surabaya itu.

Sementara itu ketua PMI Kabupaten Bojonegoro, dr. Ahmad Hernowo mengaku sudah mematangkan rencana besar untuk mewujudkan gagasan Bupati Bojonegoro. Mulai data pendonor, persebaran, jumlah darah dan yang lainnya.

"Agar PMI Bojonegoro lebih berkembang dengan adanya dukungan ibu Bupati, sehingga segala upaya akan dilakukan," terang pak Hernowo.

Dijelaskan pula, sosialisasi kepada masyarakat tidak henti-hentinya dilakukan seperti halnya agar satu ibu hamil disiapkan dua pendonor atau suami siaga. "Sekaligus biaya pengambilan darah sesuai perincian dan sesuai SK Gubernur Jawa Timur," jelasnya.

Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah meminta pendonor ditingkat menjadi 10 persen dari jumlah penduduk di Bojonegoro. Hal diyakini dapat terealisasi dengan pemetaan yang matang dan sosialisasi terukur dan terarah.

Kalau itu tercapai lanjut Bu Anna, jangan takut pendistribusiannya karena bisa menggunakan teknologi penyinan darah dan memenuhi kekurangan stok darah di daerah lain. Banyak hal yang bisa disisir untuk donorkan darah, baik masyarakat ditingkat desa maupun penerima manfaat program pemerintah.

"Sebab dimungkinkan masyarakat ditingkat bawah dan perangkat desa mau donor darah, tapi belum tahu caranya. Sehingga sosialisasi harus masif dilakukan," ujar Bupati Bojonegoro perempuan pertama itu.

Ditambahkan, big data pemkab Bojonegoro juga sudah siap dan bagaimana kartu KPM plus itu bisa terintegrasi dengan donor darah PMI Bojonegoro. Bahkan nanti adanya CSR (Coorporate Social Responsibility) perusahaan diarahkan ke PMI dan Dinkes Bojonegoro untuk menganggarkan kebutuhan PMI.

"Konsep ini harus dimatangkan dan tidak boleh gagal, serta tugas harus dilaksanakan sebaik mungkin," pesan Bu Ana mengakhiri pertemuan tersebut. [zid/ito]

Tag : pmi, bojonegoro, jatim, sinergitas



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini