12:00 . Kemenag Bojonegoro Gelar Bimtek untuk KUA   |   11:00 . Asprov PSSI Jatim: Pendaftar Persibo Hanya Pemilik PT yang Sah   |   10:00 . Geluti Usaha Backdrop, Ibu Muda ini Kantongi Omset Jutaan Rupiah   |   09:00 . 549 Peserta Berebut Kursi Perangkat Desa di Sumberrejo   |   08:00 . Manajemen Persibo 'Kebut' Kesiapan Tim   |   07:00 . Waspada Kecanduan Gadget, 40 Persen Anak Habiskan 30 Jam Main HP dalam Seminggu   |   17:00 . Bupati Anna Dukung Penuh Tahapan Verifikasi Menuju KLA   |   16:00 . Verifikasi Lapangan KLA, Dinas P3AKB Sampaikan Kondisi Bojonegoro   |   14:00 . Mbah Galong dan Sejarah Desa Sambong   |   12:00 . Temui Suporter Persibo, Begini Tanggapan Anggota DPRD Bojonegoro   |   10:00 . Suporter yang Mengatasnamakan Bojonegoro Bersatu Gelar Demo   |   08:00 . Sudah Mendaftar, Persibo Bojonegoro Pastikan Ikuti Liga 3   |   07:00 . Hasil Penelitian Ungkap Penderita Mata Minus Meningkat selama Pandemi, Terutama Anak-Anak   |   19:00 . Gowes Bareng Upaya PEPC Eratkan Silaturahim   |   18:00 . Kunjungi KEK Singhasari, AMSI Ditawari Bangun Klaster Media Siber   |  
Tue, 15 June 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Berbekal KIS BPJS Kesehatan, Melahirkan Jadi Mudah

blokbojonegoro.com | Wednesday, 21 April 2021 15:00

Berbekal KIS BPJS Kesehatan, Melahirkan Jadi Mudah

Kontributor: Maulina Alfiyana

blokBojonegoro.com - Saat ini layanan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) BPJS Kesehatan menjadi pilihan program yang banyak membantu seluruh masyarakat agar bisa mengakses fasilitas kesehatan yang lebih terjangkau.

Seperti pelayanan untuk ibu melahirkan, Rina Suasanti (47) selaku Bidan di Puskesmas Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro, mengaku banyak melayani pasien ibu melahirkan saat pandemi covid-19 ini.

"Selama masa Pandemi covid-19 ini saya banyak menjumpai pasien yang takut berobat ke Rumah Sakit. Sehingga hal itu membuat Puskesmas menjadi tempat tujuan pertama masyarakat untuk berobat saat ini. Terlebih lagi, untuk kasus ibu melahirkan meningkat sangat pesat pada tahun 2020 kemarin," Papar Rina.

Rina juga membagikan pengalaman menolong saudaranya yang melahirkan di Puskesmas dimana dia bertugas. Bersyukur, seluruh pasien ibu melahirkan yang datang kepadanya selalu berbekal kartu Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

"Kebanyakan sekarang beranggapan melahirkan melulu harus di Rumah Sakit, padahal melahirkan di klinik dengan bantuan bidan juga sama pelayanannya. Saudara saya sendiri kemarin melahirkan di puskesmas dengan gratis, karena sudah punya kartu KIS. Terlebih lagi KIS pasti akan sangat membantu meringankan beban bagi pasien ibu melahirkan yang kurang mampu dalam hal finansial," sambung Rina.

Dia menambahkan, untuk pasien ibu melahirkan dengan resiko tinggi memang memerlukan bantuan penanganan medis yang lebih dengan merujuknya ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan (FKTL) atau rumah sakit.

Namun, untuk pasien ibu hamil tanpa resiko cukup ditangani di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) seperti di Puskesmas atau klinik dengan bantuan bidan jejaring.

"Bagi para ibu, calon ibu, ataupun keluarga yang saat ini sedang menunggu kelahiran buah hati dan berencana untuk melahirkan di FKTP, agar tidak khawatir karena semua biaya termasuk administrasi, akomodasi, dan tindakan ditanggung oleh Program JKN-KIS sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku," tandasnya. [lin/ito]

Tag : bpjs, jkn, kis, bojonegoro

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Monday, 31 May 2021 12:00

    Rekrutmen CPNS dan PPPK Bojonegoro 2021

    Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda

    Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda Sesuai dengan Surat Kepala BKN bernomor 4761/B-KP.03/SD/K/2021 tanggal 28 Mei terkait beberapa peraturan penundaan pendaftaran CPNS maupun PPPK yang belum di tetapkan oleh pemerintah serta masih ada beberapa usulan revisi...

    read more