07:00 . Gejala Serangan Jantung, Ini Perbedaannya pada Wanita dan Pria   |   03:01 . Tawarkan Suasana Baru, Go Fun Buka Kembali Hari Ini   |   19:00 . Serap Aspirasi, Komisi B Peduli Nasib Petani   |   16:00 . Gaji Buruh Tertunda Disnaker Bojonegoro Turun Tangan   |   15:00 . SMKN 5 Bojonegoro Berbagi Takjil   |   14:00 . Layani Penumpang Non Mudik, Bus di Terminal Rajekwesi Mulai Beroperasi   |   13:00 . Komisi C Akan Selidiki Masalah Demo Karyawan PT Shou Fong Lastindo   |   12:00 . Disinyalir THR Kecil, Karyawan PT Shou Fong Lastindo Mogok Kerja   |   11:00 . Larangan Mudik, Tinggal Dua Kereta yang Tetap Jalan   |   09:00 . Jelang Lebaran, Diana Hargianti Rutin Berbagi Kepada Sesama   |   08:00 . PWI Bojonegoro dan Pertamina EP Cepu Berbagi Bersama Yatim   |   07:00 . Alami Diabetes Selama Kehamilan, Waspada 4 Efek Berikut pada Janin   |   19:00 . Bus AKDP Masih Diperbolehkan Operasi, Begini Persyaratannya   |   18:00 . DKR Balen Berikan Santunan Anak Yatim   |   17:00 . Terminal Sepi, Bus Tidak Ada yang Beroperasi   |  
Sat, 08 May 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pahami Manfaat Bermain Catur bagi Anak

blokbojonegoro.com | Thursday, 29 April 2021 07:00

Pahami Manfaat Bermain Catur bagi Anak

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Dibandingkan bersepeda atau bermain sepakbola, permainan catur cenderung kurang membuat anak tertarik. Apalagi, catur bukan jenis olahraga yang "memaksa" tubuh kita untuk aktif bergerak.

Tetapi, catur memberikan kesempatan bagi anak untuk berpikir dan menentukan strategi kemenangan.

Saat anak bermain catur, seluruh otot di bagian otak akan bekerja, sehingga olahraga ini bisa meningkatkan kecerdasan otak anak.

Catur juga membuat anak tidak terlalu khawatir untuk mengambil risiko, menurut sebuah studi.

Karena seperti yang diketahui, mengambil risiko dan belajar menghadapi situasi tertentu dengan aman adalah bagian penting dari perkembangan anak.

Dengan demikian, anak dapat belajar dari kesalahan dan menghasilkan keputusan lebih baik.

Menurut PHYS dan ZME Science, bermain catur dapat membuat anak lebih percaya diri dalam mengambil risiko.
Studi yang dilakukan di Australia menunjukkan, anak yang diajari bermain catur menunjukkan bahwa ketakutan anak terhadap risiko berkurang satu tahun kemudian.

Di samping itu, anak yang bermain catur menjadi lebih baik dalam menghindari risiko yang kemungkinan besar memberikan hasil negatif.

Anak juga akan menghadapi risiko yang cenderung memiliki hasil yang positif.

Setiap pilihan dalam hidup kita memang dipenuhi oleh risiko. Namun, studi mengungkapkan, jika kita bermain catur, kita dapat menimbang risiko yang diperoleh dari pilihan yang kita ambil.

Pada studi tersebut, para peneliti merekrut 400 anak sekolah dari Inggris berusia antara 15-16 tahun.

Seluruh anak tidak pernah bermain catur sebelumnya, dan mereka diajarkan untuk bermain catur. Satu tahun sesudahnya, para partisipan dinilai oleh peneliti.

Hasilnya, ada beberapa fakta yang menarik, seperti penurunan kekhawatiran saat mengambil risiko dari bermain catur.

Para peneliti juga memerhatikan bahwa anak-anak lebih baik dalam matematika, serta memiliki logika dan keterampilan berpikir secara rasional yang lebih baik.

Peneliti menyatakan, aturan dalam permainan catur dapat mengembangkan keterampilan logika dan berpikir secara rasional.

Ketika kita bermain catur, maka kita harus mengambil risiko yang sudah diperhitungkan.

Kita juga perlu menilai apa yang terjadi dalam permainan dan memutuskan apakah mengorbankan salah satu bidak merupakan risiko yang menguntungkan atau tidak.

Catur mungkin dianggap sebagai permainan sederhana, namun banyak manfaat yang bisa didapat dari permainan papan tersebut.

Permainan catur juga bisa menjadi aktivitas yang baik untuk membangun bonding antara orangtua dan anak.

*Sumber: suara.com

Tag : pendidikan, kesehatan

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat