12:00 . Bawa Kabur Kendaraan Setelah Kenalan Lewat Medsos dan Kopdar, Pelaku Berhasil Dibekuk Polisi   |   07:00 . Orangtua, Ini Faktor yang Menyebabkan Anak Rentan Alami Stres saat Ujian Sekolah   |   22:00 . Pedagang Keluhkan Harga Ayam Potong di Pasar Merangkak Naik   |   21:00 . Bersinergi Kapolres Bojonegoro Lakukan Audiensi Bersama PC GP Ansor Bojonegoro   |   20:30 . Video Lakalantas Truk Seruduk Teras Toko di Balen   |   20:00 . Gelar Pelatihan, STIKES Rajekwesi Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Pendidikan Kesehatan   |   19:00 . Peduli ADHA, Pita Merah Adakan Home Care dan Berikan Bantuan   |   18:00 . Anniversary Ke-5, VLOC Chapter Bojonegoro Beri Santunan Anak Yatim   |   17:00 . Dijuluki Netherlands Bojonegoro, Kantor Notaris Jadi Tempat Swafoto Hingga Prewedding   |   16:00 . Lagi-lagi Terjadi Kecelakaan Truk Banting Setir Nyelonong Depan Toko   |   15:00 . Dukung KADIN Bojonegoro, Budiono Siapkan 10 Titik Bantuan untuk UMKM Ponpes dan Kampus   |   14:00 . Mendag: Jaga Momentum Pertumbuhan Ekspor dan Kendalikan Inflasi   |   13:00 . Kecelakaan Tunggal, Truk Muatan Ayam Hantam Pohon   |   12:00 . 81 Produk Mahasiswa Kampus Ungu Dipamerkan di Stakeholders Collaborations   |   11:00 . KADIN Bojonegoro Menggelar Stakeholders Collaboration 2022   |  
Thu, 20 January 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bingung Cara Melaporkan Peserta JKN-KIS yang Meninggal Dunia? Begini Solusinya...

blokbojonegoro.com | Monday, 17 May 2021 11:00

Bingung Cara Melaporkan Peserta JKN-KIS yang Meninggal Dunia? Begini Solusinya...

Kontributor: Maulina Alfiyana

blokBojonegoro.com - Kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan akan terus aktif saat peserta masih hidup.

Oleh karena itu, jika peserta meninggal maka secepatnya melapor agar kepesertaan BPJS Kesehatan menjadi nonaktif.

Dengan status nonaktif atau ditutup, maka kewajiban membayar iuran BPJS Kesehatan tidak berlaku lagi. Serta tidak sulit untuk menutup akun BPJS Kesehatan bagi peserta yang meninggal.

Keluarga tidak perlu repot datang ke kantor BPJS Kesehatan karena sudah ada layanan Pandawa. Namun bagi yang ingin tetap melapor ke kantor BPJS Kesehatan tetap bisa dilakukan.

Sementara tata cara menutup akun BPJS Kesehatan saat peserta meninggal dunia bisa dilakukan dengan cara berikut:

1. Peserta Penerima Iuran Bantuan (PBI)

Anggota keluarga peserta BPJS Kesehatan atau yang mewakili melapor ke kantor BPJS Kesehatan atau Dinas Sosial setempat dengan syarat.

Surat keterangan kematian dari fasilitas kesehatan/desa/kelurahan Kartu identitas peserta JKN-KIS.

2. Peserta Pekerja Penerima Upah (PPU)

Bagi PPU penyelenggara negara laporan peserta meninggal disampaikan ke kantor BPJS Kesehatan setempat. Sedangkan bagi PPU Non penyelenggara negara laporan peserta meninggal disampaikan ke PIC Badan Usaha.

Syarat yang dibutuhkan meliputi, surat keterangan kematian dari fasilitas kesehatan/desa/kelurahan
Kartu identitas peserta JKN-KIS.

3. Peserta Mandiri/Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP)

Anggota keluarga peserta/yang mewakili datang ke kantor BPJS Kesehatan setempat dengan syarat

Surat keterangan kematian dari fasilitas kesehatan desa/kelurahan Kartu identitas peserta JKN-KIS
Asli/fotokopi kartu keluarga Bukti pembayaran iuran.

4. Lapor melalui PANDAWA
Peserta bisa melakukan perubahan melalui PANDAWA atau Pelayanan Administrasi Lewat WhatsApp.

Jika peserta ingin mengurus administrasi BPJS Kesehatan, peserta bisa melakukannya tanpa harus pergi ke Kantor BPJS Kesehatan. Peserta cukup menggunakan smartphone untuk mendapatkan Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA). [lin/ito]

Tag : jkn-kis, kk, meninggal, lapor, syarat, administrasi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat