14:00 . PPKD Gelar Raker Tahun 2021 di Toyoaji   |   12:00 . PK Ditolak, Persibo Bojonegoro Tuntut Keadilan Lewat PSSI Pusat   |   08:00 . Kabar Gunung Semeru, Presiden akan Relokasi Warga   |   07:00 . 2 Kesalahan Pola Asuh yang Sering Dilakukan Orangtua Zaman Now   |   22:00 . Mendag Lutfi: Bisnis Waralaba Sukses Beradaptasi di Masa Pandemi Covid-19, Menjadi Tuan Rumah dan Kuasai Pasar Negeri   |   21:00 . Satpol PP Bojonegoro Raih Penghargaan dari Kemendagri   |   20:00 . Pemkab Bojonegoro Gelar Sosialisasi Pemekaran Desa Sukorejo   |   19:00 . Persibo Ajukan PK, Laga Mitra Surabaya kontra Deltras Sidoarjo Ditunda   |   18:30 . Selamat..! Ponpes Attanwir Dapat Penghargaan Eco Pesantren dari Gubernur Jatim   |   18:00 . Awas...!! Tanggul Bengawan Solo Ambles   |   16:00 . Media Gathering EMCL, Ajak Wartawan Menjadi Konten Kreator di Medsos   |   15:00 . Menjelang Nataru, Harga Daging Ayam di Bojonegoro Naik   |   14:00 . Grafik Harga Emas UBS Hari ini Terpantau Naik   |   12:00 . Pemkab Bojonegoro Ikuti Penilaian Evaluasi Program Menuju Smart City 2021   |   09:00 . Akhir Tahun, Ada 2.551 Janda Baru di Bojonegoro   |  
Wed, 08 December 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

9 Mitos tentang Donor Darah yang Perlu Diluruskan

blokbojonegoro.com | Tuesday, 18 May 2021 07:00

9 Mitos tentang Donor Darah yang Perlu Diluruskan

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Mau tahu berapa banyaknya orang-orang yang membutuhkan transfusi darah di Indonesia? Melansir dari laman Palang Merah Indonesia (PMI), setiap delapan detik, ada satu orang yang membutuhkan transfusi darah di Indonesia. Cukup besar bukan kebutuhan transfusi darah di negara kita?

Nah, itulah salah satu alasan mengapa kamu perlu melakukan donor darah. Menariknya lagi, donor darah juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh. Sebut saja membuat darah mengalir lebih lancar, meningkatkan produksi sel darah merah, hingga mampu mendeteksi penyakit serius.

Sayangnya, tak sedikit orang yang mungkin merasa ngeri ketika hendak melakukan donor darah. Alasannya beragam, salah satunya ‘termakan’ hoaks mengenai donor darah.

Berikut ini beberapa mitos mengenai donor darah yang tak perlu kamu percaya.

1. Kehabisan darah

Beberapa orang percaya kalau donor darah bisa membuat tubuh kehabisan darah, sehingga menyebabkan anemia. Benarkah faktanya demikian? Ternyata rata-rata orang dewasa memiliki 5 sampai 6 liter darah. Nah, setiap melakukan donor darah, darah kita hanya diambil sebanyak 350 ml.

2. Tertular Penyakit

Tak perlu khawatir mengenai kebersihan alat yang akan digunakan untuk melakukan donor darah. Semua jarum yang dipakai adalah bersih, steril dan hanya satu kali digunakan. Dengan begitu, risiko tertular penyakit pun akan sangat minim.

Jika kamu masih penasaran dan ingin tahu informasi mengenai hal ini, kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan?

3. Donor Darah, Sakit Sekali

Selain tiga hal di atas, mitos mengenai donor darah lainnya adalah berkaitan dengan rasa sakit yang ditimbulkan. Katanya donor darah pasti sakit sekali. Padahal, rasa sakit hanya dirasakan saat jarum dimasukkan kedalam tubuh. Itupun hanya seperti digigit semut

4. Kurang Sehat untuk Menjadi Donor Darah

Petugas kesehatan akan melakukan pemeriksaan fisik sederhana sebelum pelaksanaan transfusi darah. Bila anda dianggap kurang sehat, proses pendonoran darah tidak akan dilakukan.


5. Sudah Pernah, dan Sudah Cukup

Bagi kamu yang sudah pernah mendonorkan darahnya, jangan pernah mengira kalau kebutuhan donor darah sudah terpenuhi. Setiap harinya, sekitar 75-80 unit darah ditransfusikan ke pasien, sedangkan seorang donor hanya dapat mendonorkan darah setiap 3 bulan. Oleh karena itu, diperlukan sebanyak mungkin orang yang mendonorkan darah secara teratur.

6. Perlu Diet Khusus

Mitos selanjutnya adalah memerlukan diet khusus sebelum melakukan donor darah. Faktanya, kamu perlu menerapkan pola makan bergizi seimbang setiap harinya, bukan diet khusus tertentu untuk dapat mendonorkan darah.

Meskipun demikian, akan membantu jika makanan yang kamu makan mengandung kaya zat besi. Makanan seperti daging merah, unggas, ikan, kacang-kacangan, sayuran hijau tua, biji-bijian dan kacang-kacangan, akan membantu memastikan tingkat hemoglobin memenuhi tingkat yang disyaratkan untuk mendonor darah.

7. Hanya boleh setahun sekali

Darah dalam tubuh akan mengisi kembali dengan sendirinya, tetapi tidak sekaligus. Tubuh akan menggantikan plasma yang hilang dalam waktu 24 jam. Sel darah merah membutuhkan waktu sekitar 90 hari untuk diisi kembali sepenuhnya.

Itulah mengapa kamu harus menunggu setidaknya 56 hari antara donor darah utuh. Dengan kata lain, kamu hanya boleh mendonorkan darah sebanyak satu kali dalam satu tahun adalah hoaks.

Nah, itulah beberapa mitos mengenai donor darah yang tak perlu dipercayai. Bagi kamu yang memiliki keluhan kesehatan, bisa kok memeriksakan diri ke rumah sakit pilihan. Sebelumnya, buat janji dengan dokter di aplikasi Halodoc sehingga tidak perlu mengantre sesampainya di rumah sakit. Praktis, kan?

Sumber: https://www.halodoc.com/artikel/
9-mitos-tentang-donor-darah-yang-perlu-diluruskan

Tag : pmi, tips, transfusi, darah, donor



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 06 December 2021 12:00

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi Gunung Semeru atau dikenal dengan Mahameru, yang ada di Kabupaten Lumajang Jawa Timur, dilaporkan meletus pada Sabtu, 4 Desember 2021 sekitar pukul 15.00 WIB....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more