15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |  
Fri, 26 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Himatika Unu Sunan Giri Luncurkan Komet Sebagai Optimaliasi Prestasi

blokbojonegoro.com | Saturday, 12 June 2021 20:00

Himatika Unu Sunan Giri Luncurkan Komet Sebagai Optimaliasi Prestasi

Pengirim : Firda Rizka R.W.*

blokBojonegoro.com - Masa pandemi Covid-19 tak menyurutkan semangat literasi dan numerasi bagi generasi milenial. Himatika UNU Sunan Giri Bojonegoro memfasilitasi para peserta didik untuk mengembangkan kemampuannya dalam bidang Matermatika melalui Kompetisi Online Matematika (KOMET).

Kompetisi tersebut ditujukan kepada siswa pada berbagai jenjang, mulai dari SD/MI, SMP/MTs, hingga SMA/MA di wilayah Bojonegoro, Blora, Tuban, dan Lamongan. Olimpiade yang diselenggarakan secara online ini dibuka dengan webinar yang bertajuk “Optimalisasi Prestasi Matematika Di Masa Pandemi”.

Kegiatan pada Sabtu (12/06/2021) ini dilangsungkan secara virtual melalui Zoom Meeting dan YouTube Channel PMTK UNUGIRI TV dan dihadiri oleh 700 peserta dari Sabang sampai Merauke. Acara tersebut juga dihadiri oleh segenap pimpinan dan civitas akademika UNU Sunan Giri Bojonegoro, dan mengundang pakar olimpiade Matematika, Muhammad Faikar Mustafid Al-Habibi, M.Si. sebagai narasumber utama.

Webinar tersebut resmi dibuka oleh Kaprodi PMTK, Naning Kurniawati, S.Pd. M.Pd.. “Terima kasih kepada 224 peserta olimpiade, semoga kompetisi ini dapat berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNU Sunan Giri Bojonegoro turut hadir dan membuka KOMET. Dekan yang akrab disapa Bu Astrid tersebut berharap bahwa pemaparan materi dari narasumber dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. "Serta dapat menggapai kesuksesan dalam bidang Matematika," harapnya.

Rektor UNU Sunan Giri Bojonegoro, K. M. Jauharul Ma’arif, M.Pd.I. juga menambahkan, menurut Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya ‘Ulumuddin, belajar Matematika adalah perbuatan yang terpuji, dan hukumnya adalah fardhu kifayah. Pendapat tersebut dapat melemahkan stigma yang berkembang secara turun temurun, khususnya dalam lingkup pesantren yang menyatakan, 'Matematika tidak menjadi pitakon (pertanyaan) dalam kubur'.

"Oleh karena itu, KOMET diharapkan mampu membangun semangat literasi dan numerasi yang lebih baik dalam menyongsong Era Revolusi Industri 5.0," imbunya.

Kepala Dinas Pendidikan Bojonegoro, Dandi menyampaikan, Matematika merupakan kunci dasar dalam kehidupan. Matematika yang identik dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan sebagainya dapat membangun sebuah konsep kehidupan. Orang yang bisa berhitung, maka ia adalah orang yang pandai dalam merencanakan kehidupannya secara matang. Matematika yang dijadikan momok oleh masyarakat harus berubah dan menjadi kecintaan bagi setiap generasi.

"Selamat dan sukses bagi UNU Sunan Giri yang telah memfasilitasi generasi milenial untuk lebih mencintai matematika,” pungkasnya.

Selanjutnya Faikar memaparkan materi tentang seluk beluk dunia Matematika. “Menurut Alfred S. Posamentier dalam bukunya yang berjudul The Art of Problem Solving terdapat 18 strategi yang digunakan untuk menyelesaikan teorema atau suatu permasalahan. Strategi-strategi tersebut juga dapat diterapkan dalam kehidupan nyata, dan disertai dengan berdoa kepada Allah SWT. tentunya,” ungkapnya.

Faikar juga berpesan bahwa tujuan dari berkompetisi bukan hanya sekadar mendapatkan penghargaan. Namun, hal yang paling penting adalah membiasakan diri untuk memiliki semangat dalam berkompetisi. “Kompetisi setelah lulus kuliah jauh lebih berat. Ayo berkompetisi!,” pungkasnya.

*Penulis adalah anggota Lembaga Informasi dan Pengembangan Kampus (LIPK) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sunan Giri Bojonegoro

Tag : unu sunan giri, bojonegoro, komet, matematika



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat