07:00 . Gejala Serangan Jantung, Ini Perbedaannya pada Wanita dan Pria   |   03:01 . Tawarkan Suasana Baru, Go Fun Buka Kembali Hari Ini   |   19:00 . Serap Aspirasi, Komisi B Peduli Nasib Petani   |   16:00 . Gaji Buruh Tertunda Disnaker Bojonegoro Turun Tangan   |   15:00 . SMKN 5 Bojonegoro Berbagi Takjil   |   14:00 . Layani Penumpang Non Mudik, Bus di Terminal Rajekwesi Mulai Beroperasi   |   13:00 . Komisi C Akan Selidiki Masalah Demo Karyawan PT Shou Fong Lastindo   |   12:00 . Disinyalir THR Kecil, Karyawan PT Shou Fong Lastindo Mogok Kerja   |   11:00 . Larangan Mudik, Tinggal Dua Kereta yang Tetap Jalan   |   09:00 . Jelang Lebaran, Diana Hargianti Rutin Berbagi Kepada Sesama   |   08:00 . PWI Bojonegoro dan Pertamina EP Cepu Berbagi Bersama Yatim   |   07:00 . Alami Diabetes Selama Kehamilan, Waspada 4 Efek Berikut pada Janin   |   19:00 . Bus AKDP Masih Diperbolehkan Operasi, Begini Persyaratannya   |   18:00 . DKR Balen Berikan Santunan Anak Yatim   |   17:00 . Terminal Sepi, Bus Tidak Ada yang Beroperasi   |  
Sat, 08 May 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Gunakan Sistem E-Voting, PPRM UNUGIRI Sukses Gelar Pemira Online

blokbojonegoro.com | Tuesday, 06 April 2021 13:00

Gunakan Sistem E-Voting, PPRM UNUGIRI Sukses Gelar Pemira Online

Kontributor: Maulina Alfiyana

blokBojonegoro.com - Panitia Pemilihan Raya Mahasiswa (PPRM) Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI) Bojonegoro telah selesai menyelenggarakan Pemilihan Raya Mahasiswa (Pemira) tahun 2021.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, Pemira tahun ini dilakukan secara online, mulai dari kampanye, debat kandidat hingga proses pencoblosan melalui Electronic Voting (E-Voting). Hal ini dilakukan untuk meminimalisasi terjadinya penyebaran pandemi Covid-19.

Muhammad Latif Jauhari, Ketua PPRM UNUGIRI Bojonegoro menyampaikan, Electronic Voting (E-Voting) merupakan metode pemilihan yang dilakukan dengan memanfaatkan alat elektronik dalam melakukan proses pemilihan.

Dengan alat elekronik tersebut, dapat memungkinkan pemilih untuk menyampaikan suaranya tanpa harus mencoblos ataupun mencontreng kertas suara yang relatif mempunyai prosedur yang panjang.

"Sistem ini sudah sejak lama dilakukan, namun tidak dalam skala besar seperti pemilihan presiden, hanya saja dilakukan di beberapa daerah dalam pemilihan kepala dusun," jelas Sahabat Jojo, sapaan karibnya.

Teknologi E-Voting memungkinkan pemilih menghadap langsung ke komputer atau handphone untuk menentukan pilihan, mencegah kecurangan dan mengurangi biaya untuk mencetak surat suara dalam jumlah yang banyak.

Selanjutnya disebutkan, pada kesempatan Pemira Unugiri Bojonegoro 2021ini total ada 3910 Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang memiliki hak suara untuk mencoblos BEM Universitas, BEM Fakultas dan Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP).

Hasil pencoblosan pun diumumkan secara online oleh panitia pelaksana dengan melakukan siaran langsung di kanal YouTube UNUGIRI TV pada, Senin (5/4/2021) tepat pukul 21.00 WIB.

"Alhamdulillah Pemira Unugiri Bojonegoro 2021 yang dilakukan secara online ini telah selesai dilaksanakan. Saya ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dari awal sampai akhir acara," imbuh mahasiswa Unugiri semester 8 tersebut.

Terpisah, Wakil Rektor III Unugiri Bojonegoro, Dr. Nurul Huda, M.H.i turut mengapresiasi Pemira online 2021 yang telah sukses diselenggarakan oleh PPRM UNUGIRI.

Dirinya juga berpesan kepada para paslon yang terpilih, bahwa suara atau kemenangan yang diperoleh  merupakan amanah yang harus dipertanggungjawabkan dan dikembalikan dalam bentuk program pengembangan potensi mahasiswa baik akademik maupun non akademik.

Selain itu, bagi paslon yang belum terpilih, diharapkan tetap semangat dan jangan putus asa dalam berproses di ranah organisasi mahasiswa. Sebab masih banyak kesempatan untuk belajar, mengabdi, berkolaborasi mensukseskan Organisasi Mahasiswa Unugiri Bojonegoro yang lebih baik lagi.

"Selagi masih ada kesempatan, berproseslah sepenuh hati untuk memberikan banyak kemanfaatan, niscaya kalian akan mendapatkan pengalaman kepemimpinan yang hebat sebagai bekal nanti terjun ke masyarakat," tutur Wakil Rektor bidang kemahasiswaan itu. [lin/ito]

Tag : unugiri, bojonegoro, bem, voting

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat