07:00 . Gejala Serangan Jantung, Ini Perbedaannya pada Wanita dan Pria   |   03:01 . Tawarkan Suasana Baru, Go Fun Buka Kembali Hari Ini   |   19:00 . Serap Aspirasi, Komisi B Peduli Nasib Petani   |   16:00 . Gaji Buruh Tertunda Disnaker Bojonegoro Turun Tangan   |   15:00 . SMKN 5 Bojonegoro Berbagi Takjil   |   14:00 . Layani Penumpang Non Mudik, Bus di Terminal Rajekwesi Mulai Beroperasi   |   13:00 . Komisi C Akan Selidiki Masalah Demo Karyawan PT Shou Fong Lastindo   |   12:00 . Disinyalir THR Kecil, Karyawan PT Shou Fong Lastindo Mogok Kerja   |   11:00 . Larangan Mudik, Tinggal Dua Kereta yang Tetap Jalan   |   09:00 . Jelang Lebaran, Diana Hargianti Rutin Berbagi Kepada Sesama   |   08:00 . PWI Bojonegoro dan Pertamina EP Cepu Berbagi Bersama Yatim   |   07:00 . Alami Diabetes Selama Kehamilan, Waspada 4 Efek Berikut pada Janin   |   19:00 . Bus AKDP Masih Diperbolehkan Operasi, Begini Persyaratannya   |   18:00 . DKR Balen Berikan Santunan Anak Yatim   |   17:00 . Terminal Sepi, Bus Tidak Ada yang Beroperasi   |  
Sat, 08 May 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

PMII Unugiri Galang Dana Bantu Korban Bencana Alam

blokbojonegoro.com | Thursday, 28 January 2021 09:00

PMII Unugiri Galang Dana Bantu Korban Bencana Alam

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Adanya bencana alam gempa bumi dan banjir bandang yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia mengundang keprihatinan dan empati dari para mahasiswa, tanpa terkecuali organisasi kemahasiswaan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sunan Giri Bojonegoro.

Organisasi Kemahasiswaan yang identik dengan almamater warna biru dan selogan 'Tangan Terkepal dan Maju ke Muka' ini menggelar penggalangan dana di 10 titik lampu lalu lintas (Traffic Light). Sekitar 100 mahasiswa tersebut, tersebar di Traffic Light Babat, Baureno, Sumberrejo, Pasar Buah (Banjarejo), Jalan Sawunggaling Bojonegoro, Pertigaan Jambean, Perempatan Jembatan Sosrodilogo, Perempatan Sumbang, Perempatan Padangan dan Perempatan Ngumpakdalem.

Selain para Pengurus Komisariat (PK) yang turun kejalan, Pengurus Rayon (PR) Hasyim Asy'ari, PR Wahab Chasbullah, PR Bisri Syansuri dan para anggota juga ikut menggelar aksi kepedulian penggalangan dana.

Ketua Komisariat PMII UNU Sunan Giri, M. Latif Jauhari mengungkapkan, aksi penggalangan dana tersebut diadakan guna mengajak masyarakat berdonasi untuk para korban bencana di Kalimantan Selatan (Kalsel), Sulawesi Barat (Sulbar) dan juga masyarakat Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro yang sebelumnya terdampak bencana banjir bandang.

“Harapannya, masyarakat ikut mengulurkan tangan guna meringankan beban dari saudara kita yang terkena musibah berupa bencana alam,” ucap Latif Jauhari.

Tentunya aksi yang dilakukan mereka ini pun, mendapat simpati dari para masyarakat pengguna jalan. Bahkan mereka mampu mengumpulkan dana sebesar Rp10.602.900.

Lebih lanjut, ia mengajak masyarakat Bojonegoro untuk dapat bersama-sama membantu mengulurkan tangan untuk meringankan beban korban. Sebab, uluran tangan dari masyarakat sangat dibutuhkan bagi para korban bencana alam.

“Ini adalah bentuk kepedulian kita dan kita juga mengajak masyarakat untuk saling membantu sesama, sebab mereka juga saudara kita. Selain itu, ini juga bentuk implementasi yang kita dapat dari Nilai Dasar Pergerakan (NDP) di PMII, yaitu Hablum minannas," sambung Ketua Komisariat yang akrab disapa Jojo ini.

Sementara itu, Kordinator Lapangan (Korlap), Fajar Wicaksono menambahkan, untuk donasi yang didapatkan ini nantinya bakal dibagi ke tiga titik yang terdampak. Untuk masyarakat Sekar nantinya bakal mendapatkan 50% dari hasil yang didapatkan. Sedangkan untuk korban bencana di Kalsel dan Sulbar masing-masing akan mendapatkan 25%.

"Kalau untuk di Sekar nantinya bakal kita berikan berupa logistik dan akan kita antar langsung. Sementara itu, untuk Kalsel dan Sulbar bakal kita berikan berupa uang, melalui lembaga NU yang menangani terkait posko kemanusiaan," jelasnya.

Sebelumnya, gempa bumi berkekuatan M 6,2 menghantam kota Majane dan Mamuju, Sulawesi Barat pada 15 Januari 2021 yang lalu. Kemudian kejadian banjir bandang juga terjadi di Kalimantan Selatan, yang menerjang 10 Kabupaten/Kota. Selain itu, berupa banjir bandang juga menimpa 118 KK di Desa Miyono, Desa Deling dan Desa Sekar, Kecamatan Sekar. [din//mu]

Tag : unugiri, mahasiswa, pmii, penggalangan dana

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat