21:00 . 300 Jemaah Lansia dan Disabilitas Non Mandiri Tempati Hotel Transit   |   20:00 . Puasa Tarwiyah dan Arafah, Ini Panduan Lengkapnya   |   19:00 . Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah   |   18:00 . Bawa Kerikil dan Snack Berat dari Arafah   |   17:00 . Berkat Holding Ultra Mikro (UMi) Pengusaha Olahan Singkong Asal Gayam Bisa Raup Omzet Fantastis   |   14:00 . Polisi Tetapkan Tersangka Perangkat Desa di Bojonegoro Usai Bacok Adik Iparnya   |   13:00 . Kisah Inspiratif Perajut Pamerkan Produk Lewat Platform Localoka dan Link UMKM   |   12:00 . Hikmah Pembagian Daging Kurban   |   11:00 . Inilah Nama-Nama Komisioner KPU Bojonegoro Terpilih   |   09:00 . Jelang Armuzna, Kemenag Cek AC dan Listrik   |   08:00 . Inilah Rangkaian Haul ke 32 Mbah Yai Sholeh   |   07:00 . Daging Kurban yang Boleh Dimakan Pengkurban   |   06:00 . Rangkaian Haul ke 32 KH. Moh. Sholeh Siap Digelar   |   22:00 . Duh..!!! Perangkat Desa di Bojonegoro Bacok Adik Iparnya   |   21:00 . Dapat Konsumsi Selama Armuzna, Tidak Perlu Bawa Beras dan Magicom   |  
Fri, 14 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pemkab Bojonegoro  Berikan Penyuluhan Pencegahan Perkawinan Usia Dini dan KDRT di Tambakrejo

blokbojonegoro.com | Monday, 21 June 2021 16:00

Pemkab Bojonegoro  Berikan Penyuluhan Pencegahan Perkawinan Usia Dini dan KDRT di Tambakrejo

Kontributor : Uul Lyatin

blokBojonegoro.com - Bagian hukum Setda Kabupaten Bojonegoro adakan penyuluhan terkait hukum pencegahan perkawinan usia dini dan penghapusan KDRT yang diadakan di pendopo kecamatan Tambakrejo Bojonegoro. Penyuluhan tersebut di hadiri oleh seluruh kepala desa dan tim PKK serta tokoh masyarakat se kecamatan Tambakrejo serta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)  Yayasan Kesehatan Perempuan (YKP) Kabupaten Bojonegoro.

Dalam kegiatan ini juga di hadiri oleh Ketua panitera pengadilan agama Bojonegoro, Sholikin Jami' sekaligus menjadi bagian inti dari acara. Pihaknya menjelaskan acara penyuluhan ini di adakan di Tambakrejo karena data diska kecamatan tersebut menempati rangking 4 terbanyak permohonan diska di Pengadilan Agama. 

Data yang terbilang cukup banyak dari tahun ke tahun yang semakin meningkat. Peningkatan yang cukup drastis, dari tahun 2019 yang berjumlah 199 perkara diska, ditahun 2020 menjadi 617 perkara diska. Bahkan hingga tahun 2021 hingga akhir bulan mei telah mencapai 302 perkara diska. 

"Dulu Tambakrejo ini menjadi rangking 5 setelah kecamatan Kedungadem, Kepohbaru, Ngasem dan Sumberrejo. Namun saat ini hingga akhir Mei 2021 Tambakrejo menjadi rangking 4 jumlah permohonan diska," ujar Sholikin dalam acara penyuluhan. 

Dalam tingkatan kota-kota besar, Bojonegoro mendapatkan rangking pertama dalam tingkatan jumlah diska yang semakin meningkat pertahunnya.  Dalam diskusi tersebut dijelaskan olehnya kenapa pengadilan agama Bojonegoro tidak mencegah adanya diska. Pihaknya menjelaskan bahwa adanya diska tidak bisa dipandang hanya dari satu sisi, melainkan kedua sisi yang seimbang, yaitu aspek pencegahan dan penanganan serta tindakan. 

"Yang dicegah itu bukan perkawinannya, karena menurut islam, pernikahan adalah nilai ibadah karena telah menghalalkan yang haram. Tapi yang harus dicegah yaitu pemicu atau faktor penyebabnya," imbuhnya. 

Ketua panitera pengadilan agama tersebut berimbuh, tugas pencegahan adalah masyarakat dan Ormas, bahkan pemerintah yang diberi amanah negara wajib mencegah bagian penanganan, bagian yang menangani akibat bukan sebab. 

Banyaknya pemicu adanya diska ialah faktor kemiskinan yang mencapai 70% serta faktor rendahnya pendidikan 68%, faktor kesehatan, budaya, geografis serta pengaruh media sosial yang saat ini penggunaannya semakin meningkat. 

"Faktor tersebutlah yang memicu adanya diska dan faktor tersebut yang harus di cegah oleh masyarakat serta pemerintah. Karena pemicu tersebut adalah besar pengaruhnya bagi mereka untuk melakukan pernikahan dini," tutup Sholikin Jamik. [uul/ito]

Tag : Diska, Tambakrejo



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat