14:00 . 120.687┬áTon Alokasi Pupuk Subsidi untuk Bojonegoro, Sebagian Belum Tersalurkan   |   13:00 . Ketika Bakso Pangkalan Makin Modern Bayarnya Bisa Pakai QRIS   |   09:00 . Dikenal Ulet, Pedagang Kelontong New Pasar.id Banjarejo Dapat Reward dari BRI   |   08:00 . Pelaku Usaha Terbantu Berkat KUR BRI, Kini Punya 5 Cabang Laundry di Bojonegoro   |   22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   13:00 . Keren Masyarakat Bisa Bayar Mudah Pakai QRIS di Pekan Bojonegoro Thengul Internasional Folklore Festival 2024   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   19:00 . Opening Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   18:00 . Akui Peluang Tipis, Edi Sampurno Pilih Tetap Jadi Kades Campurejo   |   17:00 . Resmi, AHY Berikan Rekomendasi Partai Demokat ke Wahono-Nurul   |   16:00 . Gerindra Klaim Sejumlah Parpol Turut Usung Wahono-Nurul   |   14:00 . PPM Al Fatimah Bojonegoro Sambut Baik JICA Volunteer dari Jepang melalui Program RMS   |  
Mon, 22 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Juni, 85 Pasangan Muda Ajukan Dispensasi Kawin

blokbojonegoro.com | Tuesday, 06 July 2021 18:00

Juni, 85 Pasangan Muda Ajukan Dispensasi Kawin

Kontributor: Uul Lyatin

blokBojonegoro.com - Angka pernikahan dini di kabupaten Bojonegoro kali ini cenderung semakin tinggi dan naik setiap bulannya. Bulan Juni lalu, pengadilan agama Bojonegoro mencatat 85 pasangan muda ajukan dispensasi kawin. Bahkan sejak awal tahun hingga akhir bulan Juni lalu tercatat 387 pasangan muda mengajukan dispensasi kawin selama tahun 2021.

Melalui Ketua Panitera Pengadilan Agama (PA), Sholik Jamik mengungkapkan, tinggi dan naiknya perkara diska dipicu oleh faktor tingkat pendidikan calon yang rendah, sehingga menikah dini dianggap bisa lebih nyaman. 

"Tingginya pernikahan dini atau pemohon diska itu juga disebabkan karena banyaknya remaja yang merasa cepat menikah, mereka bisa hidup lebih nyaman. Tanpa berpikir panjang setelah menikah," ujarnya.

Tingginya diska tersebut juga karena adanya pemberlakuan usia bagi calon wanita yang awalnya dibatasi 16 tahun kini batasan usia minimal 19 tahun bagi calon pengantin wanita. Sehingga banyak dari pasangan muda yang menikah tanpa berpikir panjang setelah ber rumah tangga. 

"Sekarang pandemi begini juga terbilang semakin meningkat pasangan muda yang ngebet kawin, tapi mereka banyak yang kurang paham sebenarnya menikah tidak hanya suka saja, namun duka juga harus ditanggung bersama," katanya. 

Pengadilan Agama (PA) Bojonegoro memprediksi angka Diska di Bojonegoro akan terus mengalami kenaikan, seiring banyaknya pengajuan bulan ini. Selain itu banyaknya orang tua yang memicu anaknya untuk melakukan pernikahan muda, sehingga anak pun mengikuti saran orang tua. 

"Biasanya kan orang-orang yang berpikirnya jangka pendek, mereka melihat anaknya di rumah saja pasti ingin menikahkan anaknya. Padahal seharusnya orang tua harus memberikan banyak pengertian terhadap anaknya tentang masalah pernikahan hingga ber rumah tangga," pungkasnya. [lyn/lis]

 

Tag : Pernikahan, dini, pa, angka



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat