14:00 . Peringatan HUT IBI, Layani KB MKJP Serentak di 6 Kecamatan   |   13:00 . Swiwings Express Hadir di Bojonegoro Jadi Spesialis Sayap   |   12:00 . Mulai Juli Kurikulum Merdeka Belajar Diterapkan di 461 Sekolah Bojonegoro   |   10:00 . PPDB Ditutup, Baru 5 SMP di Bojonegoro Penuhi Pagu   |   08:00 . Petani Terima Bibit Tembakau Virginia dari Pemkab Bojonegoro   |   22:00 . 2 Mitra Binaan PEPC JTB Berpartisipasi di Ajang Forkapnas   |   21:00 . Prof. Widodo, Alumni SMP Negeri Kapas Terpilih Menjadi Rektor Universitas Brawijaya Malang   |   20:00 . Alumni dan Santri Tebuireng Bojonegoro, Tuban dan Lamongan Gelar Halal Bihalal   |   19:00 . Serap Aspirasi, Bupati Anna Diskusi Langsung dengan BEM dan Ormawa   |   18:00 . Satlantas Polres Bojonegoro Melakukan Rekayasa Lalin di Jembatan Glendeng   |   17:00 . Presiden Joko Widodo Ajak Masyarakat Belanja Produk dan Wisata Dalam Negeri   |   16:00 . Akses Jembatan Glendeng Sudah Ditutup, Masih Ada Pengguna Jalan yang Nyelonong   |   15:00 . Satu Data Bojonegoro Bisa Menjadi Rujukan Jurnalis dan Peneliti   |   13:00 . Channel Kisah Tanah Jawa Kuak Sejarah dan Kemistisan Jembatan Kaliketek   |   09:00 . Semua Di-handle Teknologi, Tugas Pelajar Apa?   |  
Sun, 22 May 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Mahasiswa UNEJ Dampingi Optimalisasi BUMDes

blokbojonegoro.com | Sunday, 29 August 2021 09:00

Mahasiswa UNEJ Dampingi Optimalisasi BUMDes

Kontributor: Uul Lyatin

blokBojonegoro.com - Di tengah pandemi Covid-19, Universitas Jember melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan konsep kembali ke kampung halaman atau tempat domisili mahasiswa yang ketiga kalinya yang diberi nama Back to Village 3. Penerapan konsep tersebut diharap dapat membantu masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

Oki Nur Efendi, salah satu mahasiswa KKN Back to Village 3 Universitas Jember yang melakukan KKN di Desa Kacangan, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro menjelaskan tentang potensi desa. "Desa Kacangan dikenal sebagai sentra pangan dan pusat pemasaran oleh masyarakat, selain itu juga ada BUMDes yang diberi nama Cakra Mandiri yang dipegang kendali Pemerintah Desa," ujarnya.

Lebih lanjut menurutnya, BUMDes Cakra Mandiri memiliki usaha peternakan ayam petelur. Usaha ayam petelur yang dimiliki oleh BUMDes Cakra Mandiri merupakan salah satu usaha peternakan yang cukup besar di wilayah Kecamatan Tambakrejo dengan jumlah populasi 2.500 ekor. Jumlah produksi yang dihasilkan oleh peternakan ayam petelur milik BUMDes Cakra Mandiri berkisaran 150 kilogram per hari.

Oki yang merupakan mahasiswa KKN Back to Village 3 di Desa Kacangan dengan bimbingan Dr. Eko Crys Endrayadi selaku dosen pembimbing KKN Back to Village 3 dari kelompok 12 mengangkat program tematik Pemberdayaan BUMDes dengan mengusung program kerja Pengoptimalan BUMDes Cakra Mandiri Untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Desa Kacangan.

Kegiatan yang dilakukan Oki pertama kali yakni melakukan observasi dan identifikasi yang dihadapi oleh BUMDes Cakra Mandiri Desa Kacangan dilanjut dengan melakukan analisis permasalahan yang dihadapi oleh BUMDes Cakra Mandiri. Kegiatan kedua mahasiswa melakukan diskusi dengan ketua BUMDes Cakra Mandiri dan Kepala Desa Kacangan terkait kegiatan Sosialisasi Pengolahan Emping Telur dan Desain Logo Produk. 

Ketiga, yang dilakukan oleh mahasiswa berupa pelatihan pembuatan emping telur dan pengemasan produk serta pemanfaatan digital sebagai sarana marketing sebagai bentuk pendampingan kepada pemuda Desa Kacangan dan melatih berwirausaha dengan memanfaatkan sumber daya yang telah dimiliki oleh BUMDes Cakra Mandiri.

Ahmad Shodiqin selaku Ketua BUMDes Cakra Mandiri sangat mendukung adanya kegiatan tersebut yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN BTV 3 UNEJ.

"Kegiatan pelatihan tersebut diharapakan dapat menjadi bekal ilmu kewirausahaan pemuda Desa Kacangan serta dapat menjadi ciri khas baru bagi BUMDes Cakra Mandiri Desa Kacangan," tutur Ahmad Shodiqin selaku ketua BUMDes Cakra Mandiri. 

Oky mengungkapkan dengan adanya KKN BTV 3 ini dapat membangkitkan semangat jiwa kewirausahaan pemuda Desa Kacangan dan dapat lebih peka terhadap sumber daya potensial yang telah dimiliki oleh BUMDes Cakra Mandiri Desa Kacangan untuk dimanfaatkan menjadi suatu produk yang memiliki nilai jual tambah. [lyn/lis]

 

Tag : KKN, BUMDes, optimalisasi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 08 May 2022 13:00

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan keluarga besar Blok Media Group (BMG). Kali ini adalah Reporter blokBojonegoro.com, Lizza Arnofia Choirunnisa yang hari ini melangsungkan upacara resepsi pernikahan dengan pujaan hatinya....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat