09:00 . Kawula Muda, Yuk Ikuti Dance Competition Ngelenyer Piala Bupati Bojonegoro 2022   |   08:00 . Bupati Anna Terbitkan SE Jam Kerja Terbaru Bagi Para ASN Pemkab Bojonegoro   |   07:00 . Jangan Marahi Anak yang Berbohong, Begini 3 Langkah Menghadapinya   |   20:00 . Tim Pemberdayaan Sahabat Pertamina Pamerkan Karya Lansia Produktif   |   19:00 . Hari Ini Cabor Atletik Sumbang Medali Emas, Perak dan Perunggu   |   18:00 . 41 Guru Terima SK PPPK Kemenag Bojonegoro   |   15:00 . Kerjasama Perhutani dan Kimia Farma Surabaya Gelar Vaksinasi untuk Masyarakat Umum   |   14:00 . PDM Bojonegoro Tetapkan 10 Dzulhijjah Jatuh 9 Juli 2022   |   12:00 . Satpol PP Jatim Beri Pelatihan Satgas Linmas Wilayah Bakorwil Bojonegoro   |   08:00 . PBNU Tetapkan Awal Dzulhijjah 1 Juli 2022   |   07:00 . Stres Selama Kehamilan Pengaruhi Jenis Kelamin Anak, Ini   |   17:00 . Kunjungi Donggala, Mendag Zulkifli Hasan: Pastikan Fokusnya Bukan Hanya Pulau Jawa   |   16:00 . Penentuan Idul Adha, LFNU Bojonegoro Menunggu Hasil Istbat   |   15:00 . Bojonegoro Siap Jika Ditunjuk Sebagai Pemilik Aset Jembatan Glendeng   |   14:00 . Tahun Ajaran Baru Segera Dimulai, Bersiap Terapkan Kurikulum Merdeka Belajar   |  
Fri, 01 July 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Cara Ampuh Mencegah Tertular Flu dan Batuk

blokbojonegoro.com | Sunday, 12 September 2021 07:00

Cara Ampuh Mencegah Tertular Flu dan Batuk

Reporter: --

blokBojonegoro.com - Flu dan batuk sering kali jadi penyakit langganan ketika sudah memasuki musim pancaroba. Dua penyakit ini bisa muncul bersamaan karena ekstra lendir yang diproduksi paru sudah naik hingga ke tenggorokan. Jangan biarkan flu dan batuk sampai menggangggu aktivitas Anda. Yuk, lindungi diri selama pergantian musim ini dengan mengikuti cara-cara mencegah flu di bawah.

Berbagai cara untuk mencegah serangan flu dan batuk

Flu adalah penyakit pernapasan yang disebabkan oleh infeksi virus influenza. Virus influenza itu sendiri ada berbagai macam, tergantung pada jenis flu yang diderita. Beberapa gejala khas dari flu adalah batuk, pilek, serta sakit tenggorokan.

Nah, berikut adalah cara mencegah flu dan gejala-gejalanya yang penting untuk Anda ketahui:

1. Cuci tangan pakai sabun

merasakan gejala covid

Tangan kita mampu menjadi rumah bagi kuman penyebab penyakit. Tercatat, terdapat kurang lebih 5 ribu bakteri yang hidup di permukaan tangan. Oleh karena itu, seseorang bisa saja rentan jatuh sakit kalau jarang cuci tangan.

Cuci tangan adalah salah satu cara paling jitu untuk mencegah penularan flu dan batuk. Namun caranya tentu tidak cukup hanya dengan membasuh menggunakan air.

Anda perlu tahu cara cuci tangan yang benar, yaitu dengan menggosokkan telapak tangan dengan sabun selama 60 detik, atau 30 detik dengan hand sanitizer berbasis alkohol.

Salah satu tips sederhana lainnya adalah tidak berjabat tangan dengan orang yang sakit karena terdapat kemungkinan bahwa orang yang batuk dan bersin akan menutup mulut dengan kedua telapak tangan mereka.

Untuk itu, hindari berjabat tangan dengan orang yang sakit batuk atau pilek untuk mencegah penularan batuk dan pilek.

2. Makan bergizi dan minum air yang cukup

makanan untuk mencegah kram otot

Menjaga pola makan teratur dapat membantu tubuh meningkatkan sistem imun sebagai cara mencegah penularan virus flu.

Lengkapilah kebutuhan gizi harian Anda dengan asupan nutrisi seperti antioksidan yang didapatkan melalui vitamin C, buah, sayur, dan teh.

Penelitian baru yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition menyebutkan bahwa konsumsi jamur dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Orang yang makan jamur shitake yang dimasak setiap hari selama satu bulan menunjukkan adanya peningkatan produksi sel limfosit T yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

Dengan begitu, jamur bisa menjadi makanan yang baik untuk mencegah gejala flu.

Cukup minum air putih untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh juga merupakan cara yang efektif untuk mencegah gejala-gejala flu.

Kebutuhan cairan yang direkomendasikan bagi orang dewasa sehat adalah dua liter per hari, tapi kebutuhan cairan tersebut akan berbeda jika pada individu dengan gangguan ginjal.

3. Istirahat cukup

Beraktivitas boleh, tapi sebisa mungkin jangan sampai memforsir tubuh tanpa rehat sama sekali. Selain membuat Anda cepat stres, kesibukan tanpa batas akan membuat Anda kekurangan waktu tidur.

Kesibukan berlebihan sering kali memicu kurangnya jam tidur.

Kurangnya jam tidur memicu stres yang memberikan dampak buruk bagi kesehatan akibat turunnya kinerja sistem imunitas tubuh.

Studi yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine menemukan bahwa orang yang tidur kurang dari tujuh jam hampir tiga kali lebih rentan terhadap pilek dibandingkan dengan orang yang tidur cukup delapan jam sehari.

Pastikan Anda cukup tidur setiap malam sebagai salah satu cara mencegah tertular penyakit, termasuk flu. Tidur cukup akan membantu tubuh mengisi ulang stamina untuk keesokan hari. Dengan demikian, Anda bisa lebih kebal dari berbagai macam penyakit.

4. Olahraga

Olahraga satu menit setiap hari saja bisa membawa dampak positif yang nyata dalam hidup Anda.

Olahraga membantu tidur lebih nyenyak, meningkatkan metabolisme, membakar kalori, mencegah kelebihan berat badan, dan meningkatkan mood sehingga pada akhirnya ikut meningkatkan stamina tubuh.

Selain menjadi bagian dari cara mencegah terserang flu dan batuk, olahraga membantu mengurangi stres emosional, meningkatkan rasa percaya diri, dan membuat wajah dan tubuh lebih segar.

Ada banyak olahraga ringan yang bisa Anda pilih jika ingin mulai mencoba hidup lebih sehat, misalnya joging atau jalan kaki.

Semakin rutin Anda berolahraga, semakin besar manfaat yang didapat. Durasi olahraga yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan RI adalah 30-45 menit sehari, sebanyak 3-5 kali seminggu.

5. Jangan sentuh wajah Anda

Cara mencegah flu lainnya yang sering kali diremehkan beberapa orang adalah dengan tidak sering-sering menyentuh wajah, terlebih lagi jika Anda belum cuci tangan.

Virus flu memasuki tubuh melalui lapisan mukosa di mata, hidung, dan mulut.

Itu sebabnya, Anda tidak dianjurkan untuk menyentuh wajah Anda karena Anda tidak tahu apakah di tangan Anda terdapat virus penyebab batuk atau pilek.

Jika ada teman atau anggota keluarga di rumah yang sedang sakit, ada baiknya Anda membatasi interaksi langsung dengan orang tersebut. Anda bisa meminta mereka memakai masker saat flu dan beristirahat dulu sampai benar-benar pulih. [Lis]

Sumber:halllosehat.com

Tag : Flu, batuk, pilek



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat