13:00 . Oleng, Truk Tronton Tabrak Dua Pemotor di Balen   |   12:00 . Total 38 Guru Lulus Sebagai Pengajar Praktik Kurikulum Merdeka Belajar   |   09:00 . Dikenal Cerdas Sosok Prof Widodo di Mata Teman SMAnya   |   07:00 . Orangtua, Ini Tips Mendorong Anak untuk Mau Mengonsumsi Makanan Sehat   |   18:00 . Di Bumi Cenderawasih, Bupati Anna Sapa Warga Bojonegoro   |   17:00 . Calon Jemaah Haji Bojonegoro Diagendakan Berangkat Pekan Awal Juni   |   15:00 . Jaga Warisan Budaya, BPSDM Jatim Kunjungi Kampung Thengul di Margomulyo   |   14:00 . Peringatan HUT IBI, Layani KB MKJP Serentak di 6 Kecamatan   |   13:00 . Swiwings Express Hadir di Bojonegoro Jadi Spesialis Sayap   |   12:00 . Mulai Juli Kurikulum Merdeka Belajar Diterapkan di 461 Sekolah Bojonegoro   |   10:00 . PPDB Ditutup, Baru 5 SMP di Bojonegoro Penuhi Pagu   |   08:00 . Petani Terima Bibit Tembakau Virginia dari Pemkab Bojonegoro   |   22:00 . 2 Mitra Binaan PEPC JTB Berpartisipasi di Ajang Forkapnas   |   21:00 . Prof. Widodo, Alumni SMP Negeri Kapas Terpilih Menjadi Rektor Universitas Brawijaya Malang   |   20:00 . Alumni dan Santri Tebuireng Bojonegoro, Tuban dan Lamongan Gelar Halal Bihalal   |  
Mon, 23 May 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Stok Kebutuhan Darah UDD PMI Bojonegoro Menipis di Bawah Normal

blokbojonegoro.com | Monday, 18 October 2021 20:00

Stok Kebutuhan Darah UDD PMI Bojonegoro Menipis di Bawah Normal

 

Reporter: Lizza Arnofia

 

blokBojonegoro.com - Stok kebutuhan kantong darah di Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Bojonegoro menipis. Hal ini dikarenakan kurangnya antusiasme pendonor darah di Bojonegoro.

 

"Stok persediaan kantong darah selama satu Minggu ini menurun dan menipis," tegas Kepala UDD PMI Kabupaten Bojonegoro, dr Imam Sutrisno.

 

Menurutya stok kebutuhan darah ini karena tingginya kebutuhan dari masyarakat. Sehingga menjadi salah satu faktor menipisnya stok di PMI. Serta para pendonor baru saja menjalani vaksinasi dan pembatasan mobilitas masyarakat yang menyebabkan kelompok pendonor banyak tidak aktif.

 

Perlu diketahui, kelompok pendonor yang terdiri dari TNI, Polri, Dinas terkait, organisasi pencak silat hingga komunitas yang ada di Bojonegoro kini banyak yang tidak aktif. Akibatnya stok persediaan darah menurun drastis bahkan pernah hanya ada 10 kantong darah per hari.

 

"Ada 50 titik kelompok pendonor, akan tetapi yang masih aktif 30 tempat dan itu pun tidak banyak yang mendonor," jelasnya.

 

Dari data yang dihimpun UDD PMI Bojonegoro, mulai Oktober ini stok kantong darah menipis di bawah normal atau 300 kantong. Sebelum Pandemi Covid-19 untuk stok aman sebanyak 600 kantong dan stok normal 400 kantong. Namun satu Minggu ini stok kantong darah anjlok ada yang di bawah 300.

 

"Untuk stok kantong darah yakni golongan darah A sebanyak 81, B sebanyak 92, O sebanyak 115 dan AB sebanyak 30 pendonor. Total 318 kantong. Jumlah ini menurun 40 persen," paparnya.

 

Untuk terus meningkatkan antusiasme pendonor, UDD PMI Bojonegoro juga gencar melakukan sosialisasi terkait manfaat donor darah di media sosial. "Serta mengingatkan waktunya donor darah. Apabila diiringi antusiasme yang cukup tinggi tentu bisa menolong kemanusiaan. Baik ibu hamil/penderita talasemia," pungkas dr. Imam Sutrisno. [liz/lis]

 

Berikut Syarat Menjadi Pendonor Darah

1. Sehat jasmani dan rohani

2. Usia 17 sampai dengan 65 tahun.

3. Berat badan minimal 45 kg.

4. Tekanan darah :

5. sistole 100 - 170

6. diastole 70 - 100

7. Kadar haemoglobin 12,5g% s/d 17,0g%

8. Interval donor minimal 12 minggu atau 3

bulan sejak donor darah sebelumnya (maksimal 5 kali dalam 2 tahun).

 

Tag : Kesehatan, donor, PMI, darah



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 08 May 2022 13:00

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan keluarga besar Blok Media Group (BMG). Kali ini adalah Reporter blokBojonegoro.com, Lizza Arnofia Choirunnisa yang hari ini melangsungkan upacara resepsi pernikahan dengan pujaan hatinya....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat