14:00 . PPKD Gelar Raker Tahun 2021 di Toyoaji   |   12:00 . PK Ditolak, Persibo Bojonegoro Tuntut Keadilan Lewat PSSI Pusat   |   08:00 . Kabar Gunung Semeru, Presiden akan Relokasi Warga   |   07:00 . 2 Kesalahan Pola Asuh yang Sering Dilakukan Orangtua Zaman Now   |   22:00 . Mendag Lutfi: Bisnis Waralaba Sukses Beradaptasi di Masa Pandemi Covid-19, Menjadi Tuan Rumah dan Kuasai Pasar Negeri   |   21:00 . Satpol PP Bojonegoro Raih Penghargaan dari Kemendagri   |   20:00 . Pemkab Bojonegoro Gelar Sosialisasi Pemekaran Desa Sukorejo   |   19:00 . Persibo Ajukan PK, Laga Mitra Surabaya kontra Deltras Sidoarjo Ditunda   |   18:30 . Selamat..! Ponpes Attanwir Dapat Penghargaan Eco Pesantren dari Gubernur Jatim   |   18:00 . Awas...!! Tanggul Bengawan Solo Ambles   |   16:00 . Media Gathering EMCL, Ajak Wartawan Menjadi Konten Kreator di Medsos   |   15:00 . Menjelang Nataru, Harga Daging Ayam di Bojonegoro Naik   |   14:00 . Grafik Harga Emas UBS Hari ini Terpantau Naik   |   12:00 . Pemkab Bojonegoro Ikuti Penilaian Evaluasi Program Menuju Smart City 2021   |   09:00 . Akhir Tahun, Ada 2.551 Janda Baru di Bojonegoro   |  
Wed, 08 December 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tingkatkan Mitigasi Bencana, Bupati Bojonegoro Pimpin Gelar Apel Siaga Pasukan

blokbojonegoro.com | Monday, 25 October 2021 15:00

Tingkatkan Mitigasi Bencana, Bupati Bojonegoro Pimpin Gelar Apel Siaga Pasukan Bupati Bojonegoro dalam apel Gelar Pasukan. (Foto: Humas Pemkab Bojonegoro untuk blokBojoengoro.com)

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro menggelar Apel Gelar Pasukan Dan Peralatan dalam rangka antisipasi menghadapi bencana alam tahun 2021 di Wilayah Jawa Timur. Senin, (25/10/2021).

Apel yang dilaksanakan di Jl. Mas Tumapel Bojonegoro dihadiri, Bupati Bojonegoro selaku Pimpinan Apel, beserta Forkopimda Kabupaten Bojonegoro, Sekretaris Daerah hingga Kepala OPD dan Pasukan Apel Kesiapan Siagaan.

Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah, selaku Pimpinan Apel menyampaikan bahwa Jawa Timur merupakan salah satu Provinsi di Pulau Jawa yang berpotensi bencana alam hidrometeorologi.

"Dalam kurun waktu 1 Januari hingga 19 Maret 2021 tercatat 258 bencana banjir di Wilayah Jawa Timur. Selain itu juga bencana angin puting beliung, angin kencang dan longsor hingga gempa bumi," tegas Bupati Anna.

Sehingga, Gubernur Jawa Timur juga meminta sinergitas antara Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota dalam penanganan bencana alam. Mengingat beberapa faktor pemicu bencana alam hidrometeorologi dikarenakan aktivitas alam dan manusia. Seperti meningkatnya jumlah penduduk, urbanisasi, degradasi lingkungan hingga pengaruh perubahan iklim global.

Adanya potensi curah hujan tinggi, maka perlu kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap potensi lanjutan dari curah hujan tinggi yang memicu bencana alam hidrometeorologi. "Dengan demikian, Pemerintah berupaya memastikan kesiapsiagaan baik pasukan/peralatan dalam menangani bencana dalam kondisi baik. Guna meminimalisir dampak yang disebabkan oleh bencana alam," ucapnya.

Bupati Anna juga menekankan beberapa hal kepada pasukan yang hadir pada Apel Gelar Pasukan. Diantaranya, meningkatkan sinergitas dengan berbagai pihak, menyusun rencana penanggulangan dan penanganan.

"Hingga melakukan pendekatan dan pendidikan tanggap darurat bencana kepada masyarakat. Menyiapkan mental, fisik, tempat evakuasi dan periksa selalu peralatan serta kondisi lingkungan sekitar," pungkasnya. [liz/ito]

Tag : apel, jatim, bpbd, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 06 December 2021 12:00

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi Gunung Semeru atau dikenal dengan Mahameru, yang ada di Kabupaten Lumajang Jawa Timur, dilaporkan meletus pada Sabtu, 4 Desember 2021 sekitar pukul 15.00 WIB....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more